Sunday, 28 February 2010

Penyebab Darah Tinggi


Banyak orang mengerti dan menyadari, pengaturan pola hidup dan pola makan sangat berpengaruh pada kesehatan. Namun ternyata, banyak yang masih termakan mitos kesehatan yang tak jarang menyesatkan. Alih-alih mendatangkan kesembuhan, malah menjerumuskan.

Salah satu mitos yang dipercayai adalah makan daging akan menyebabkan darah tinggi. Memang darah tinggi merupakan penyebab utama penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya.

Hipertensi membuat jantung bekerja lebih keras, dinding arteri jadi kaku, terbentuknya plak arterosklerosis yang dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Dalam jangka panjang hipertensi menyebabkan payah jantung, serangan jantung, sumbatan pada pembuluh darah otak (stroke).

Menurut penjelasan dr.Handarawan Nadesul, bukan daging yang menyebabkan darah tinggi, melainkan garam dapur. "Garam dapurlah yang harus dimusuhi keluarga, terlebih bila ada yang berbakat turunan darah tinggi," katanya.

Dia menambahkan, mengonsumsi daging secukupnya, bukan saja dianjurkan, melainkan diperlukan. Daging mengandung sejumlah zat gizi penting, selain asam amino yang dibutuhkan untuk memelihara sel dan organ tubuh.

"Sekali dua kali dalam seminggu mengonsumsi daging, masih dinilai layak. Begitu juga dengan telur," papar dr.Handrawan. Pantang mengonsumsi daging bukan saja gagal membendung hipertensi, tapi juga berakibat tubuh kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Dua zat gizi yang terkandung dalam daging.


Sumber
KOMPAS.com

Selengkapnya...

Friday, 26 February 2010

Khasiat dari Cincau


Walaupun warnanya hitam pekat, cincau ternyata memiliki beragam khasiat, salah satunya meringankan panas dalam. Kandungan karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin (A, B1, C), air, yang demikian banyak menjadikan cincau dianggap sebagai pilihan dalam menghilangkan panas dalam.

Rasa sakit perut, mual, dan gangguan pencernaan juga dapat sembuh oleh cincau. Hidangan pelepas dahaga nan menyegarkan tersebut juga berguna untuk kesehatan oleh sebab ada kandungan serat larut air (soluble dietary fiber). Di dalam badan, serat larut air berfungsi mengikat kadar gula dan lemak, dengan demikian berguna dalam mencegah penyakit seperti diabetes melitus, jantung, dan stroke.

Orang-orang di Indonesia telah lama mengandalkan cincau dalam meringankan banyak penyakit. Jadi gak perlu perawat lagi deh. Cincau ini bisa dimakan dalam bentuk agar-agar.

Selengkapnya...


“Sebenarnya ada hubungan yang erat antara musik dengan struktur neurologis otak dan sistem kerja biologis dalam tubuh manusia,” ucap Clive Robbins,DDM, pendiri Nordoff-Robbins Center for Music Therapy di New York University. Karena pada level non verbal, musik mengaktifkan pikiran yang kemudian memancing ketertarikan kita yang diikuti dengan memengaruhi regulasi fungsi-fungsi tubuh.

Itu mengapa Robbins menyakini, menikmati musik atau lagu kesukaan kita tidak hanya mengembalikan romantisme masa lalu tapi juga bisa menghilangkan rasa sakit. Dan pada level yang tinggi, musik dapat mengatur ritme tubuh berjalan sempurna. Sebab musik memiliki tempo, ritme, melodi, dan harmoni. Inilah yang kemudian menstimulasi kerja otak secara komprehensif.

Teori ini kemudian dilengkapi dengan hasil penelitian Colorado State University yang menemukan fakta, pengidap stroke dan parkinson bisa menemukan kestabilannya bila dilakukan terapi musik. Cukup dengan menggunakan metronom, alat pengukur ritme. Michael H.Thaut, PhD, direktur Center for Biomedical Research in Music menjelaskan, ritme memiliki kekuatan penuh untuk mengorganisasi kemampuan motorik kita. “Metronom membantu sinkronisasi reflek motorik kita dengan cepat.”

Proses kerja yang sama kemudian terjadi pada kemampuan musik untuk membuat tekanan darah lebih stabil karena memicu kita untuk bernafas lebih teratur, Deforina Lane, PhD, direktur terapi musik Ireland Cancer Center, ikut melengkapi pernyataan Thaut. “Terbukti, saat saya memutar musik kepada pasien sebelum melakukan tindakan medis, pasien sangat cepat bereaksi dan reaksinya adalah positif bagi kesembuhannya.” (Preventiononline/Siagian Priska)

Sumber
kompas

Selengkapnya...

Thursday, 25 February 2010


Hiraukanlah jadwal tidur siang si kecil. Sebab bayi yang mempunyai jadwal tidur siang dengan teratur menampilkan peningkatan kinerja otaknya dalam mengenali informasi baru. Ilmuwan dari University of Arizona di Tucson mengerjakan studi yang melibatkan 48 bayi yang dicermati selama 15 bulan sampai bayi terbiasa dengan aktivitas tidur siang mereka.

Kesimpulannya, diperoleh bayi yang mempunyai jadwal istirahat siang teratur menampilkan ketertarikan dalam mendengar ucapan-ucapan yang baru. Tetapi ketertarikan tersebut tidak nampak pada bayi yang tidak mempunyai jadwal istirahat siang teratur. “Kebanyakan bayi mengalami perkembangan otak diwaktu sedang tidur kemudian bisa memberikan informasi yang diperoleh dan belajar untuk mengingatnya. Info ini diperoleh blog astaga lifestyle on the net dari Kompas. Sewaktu tidur siangnya tidak banyak mereka akan kehilangan info tersebut,” kata ketua peneliti Lynn Nadel, seperti disadur dari HealthDay, Kamis (25/2/2010).

Nadel mengungkapkan hal terpenting lain yang harus dilakukan orangtua adalah tetap memberikan bayi dan anak-anaknya jenis rangsangan mental terutama dalam hal berbicara atau membaca. Pembelajaran ini akan semakin baik jika bayi atau anak-anak memiliki siklus harian tidur yang cukup dan memadai.

Waktu istirahat siang merupakan hal penting oleh sebab bila bayi telat tidur siang akan berpengaruh pada tidur malam nantinya. Tidur dalam beberapa saat dalam sehari merupakan jadwal yang baik untuk balita sebab cocok dengan waktu biologisnya.

Selengkapnya...


Pameran 1000 Alquran menyemarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Yogyakarta, Alquran yang dipamerkan mulai dari ukuran besar dan sangat kecil. Alquran braille hingga yang lengkap terjemahan bahasa Jawa juga dipamerkan.

Alquran besar berukuran 50 x 70 sentimeter dan Alquran kecil berukuran 3 x 4 cm. Meski ukuranya di luar kebiasaan, tapi setip huruf dan tanda dalam Alquran ini sangat jelas sehinga membuat mudah orang yang membacanya.

Selain menyemarakan peringatan Maulid Nabi, pameran bertujuan mengajak umat muslim gemar membaca dan mengamalkan Alquran. Pengunjung mengaku senang dengan pameran ini. Mereka bisa memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pameran akan digelar hingga 7 Maret 2010.

Sumber
Liputan6.com
Selengkapnya...


Saat ini, Anda mungkin saja merasa sudah terbebas dari persoalan jerawat. Tapi, bukan berarti Anda boleh lengah dan membiarkan kulit tanpa perawatan memadai. Pasalnya, di tengah paparan polusi yang menggila dan sinar matahari yang kerap kurang bersahabat, kulit wajah cukup rentan terhadap berbagai risiko penyakit, salah satunya, jerawat. “Kalau kulit dibiarkan tanpa perawatan seperti pembersihan rutin, jerawat bisa muncul lagi,” kata dr Anjarwulan Puspitasari dari Epiderma Klinik Wanita.

Perawatan rutin ini dapat dilakukan dengan menggunakan krim perawatan dan facial berkala di klinik yang tepat. Sayangnya, sebagian kalangan justru salah memahami perawatan ini sebagai bentuk ketergantungan terhadap krim racikan tertentu. “Inilah yang sering kali jadi kendala penanganan jerawat kurang tuntas, “ kata dr H Panji Widayat, konsultan medis di Natasha Skin Care.

Seiring paparan polusi yang parah, iklim dan cuaca yang sering kali tak bersahabat, ditambah pola hidup tidak sehat, sel-sel tubuh termasuk sel kulit pun tak lagi mampu melakukan regenerasi sem-
purna. Akibatnya, sel kulit mati menumpuk dan jadi makanan empuk bagi bakteri. Alhasil, kulit pun jadi lokasi persemaian yang subur tumbuhnya jerawat.

Sebelum telanjur didatangi bakteri penyebab jerawat, cobalah perbaiki pola hidup dan turuti saran dari beberapa pakar berikut. Pertama, jangan malas membersihkan wajah, dua hingga tiga kali dalam sehari, terutama sebelum tidur. Ingat, jenis kulit wajah setiap orang tidak sama, ada baiknya menggunakan pembersih kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Dengan begitu kebersihan kulit bisa terjaga sempurna. Kalau kebetulan ada dana lebih, ada baiknya sesekali melakukan perawatan pembersihan di klinik khusus perawatan kulit agar hasilnya lebih maksimal.

Kedua, jangan biarkan rambut menutupi bagian wajah yang berjerawat. Hal ini sering kali terjadi pada jerawat di bagian dahi yang tertutup oleh poni. Rambut kotor yang bergesekan langsung dengan jerawat dapat memperparah kondisi jerawat. Saran ini juga berlaku untuk jerawat di punggung yang kerap muncul karena bagian tubuh yang satu ini memang agak sulit dibersihkan. Terakhir, mulailah melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan hindari stres.

Selengkapnya...

Penuntut militer Lebanon hari Rabu mendakwa tiga warga negara setempat karena melakukan kegiatan mata-mata untuk Israel. Ini adalah bagian dari penyelidikan spionase yang berlangsung hampir satu tahun di mana sedikitnya 27 tersangka telah ditahan.

Jika terbukti, ketiga orang itu dapat diganjar hukuman mati. Dalam dakwaannya, Hakim Samih al Haj mengatakan, para tersangka itu telah memberi Israel informasi tentang lokasi militer dan sipil serta mengenai para tokoh politik.

Satu dari ketiga orang itu didakwa tanpa kehadirannya. Israel tidak mengomentari mengenai penangkapan-penangkapan tersebut.

Hizbullah, kelompok militer dan politik yang didukung Iran dan Suriah, telah minta hukuman mati bagi semua tersangka yang terbukti melakukan mata-mata untuk Israel. Hizbullah dan Israel berperang pada 2006.

Gelombang penahanan itu dimulai pada April 2009 dengan penangkapan seorang bekas brigadir jenderal direktorat keamanan umum.

Beberapa pejabat keamanan Lebanon menyatakan penangkapan-penangkapan itu telah menimbulkan pukulan besar pada jaringan mata-mata Israel di Libanon dan bahwa banyak dari para tersangka tersebut telah memainkan peran dalam pembunuhan 2004 atas seorang komandan kelompok itu.

Pekan lalu, seorang pria Lebanon dijatuhi hukuman mati karena mendalangi pemboman di Libanon selatan yang menewaskan seorang anggota senior kelompok garis keras Palestina dan saudara laki-lakinya pada 2006.

Sumber
BEIRUT, KOMPAS.com
Selengkapnya...

Tuesday, 23 February 2010

Hepatitis B merupakan penyebab UTAMA dari kanker hati. 30% pasien Hepatitis B TIDAK MENYADARI dirinya terinfeksi karena tak ada gejala yang tampak. 15-25% penderita akan meninggal tanpa perawatan (akibat dari ketidaktahuan bahwa mereka terinfeksi). Hepatitis B termasuk dalam penyakit `THE SILENT KILLER' selain penyakit jantung koroner. Penularan penyakit ini melalui darah dan air liur penderita. Indonesia termasuk daerah `high risk' dalam penyebaran Hepatitis B. Kelompok individu dengan risiko tinggi tertular Hepatitis B, diantaranya adalah:

• Pekerja di bidang kesehatan
• Petugas keamanan yang rentan terhadap paparan darah
• Pekerja di panti sosial
• Pasien hemodialisis (cuci darah)
• Pasien yang membutuhkan transfusi darah maupun komponen darah
• Turis yang bepergian ke daerah endemik Hepatitis B
• Pengguna obat-obatan suntik
• Orang yang berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan
• Pasien penyakit hati kronik
• Pasien yang berpotensi menjalankan cangkok organ


Sumber
Forum Kedokteran
Selengkapnya...

Gagal ginjal terdiri dari dua macam yaitu gagal ginjal Akut (acuternal failure) dan gagal ginjal Kronik (GGK).

Gagal ginjal Kronik merupakan suatu kondisi di mana kedua ginjal mengalami kerusakan permanen dan tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Biasanya ditandai dengan edema seluruh tubuh (edema anasarka) karena terjadinya hipertensi portal dan kadar klirens kreatinin < 25.

Penyebab gagal ginjal kronik ini yang paling utama adalah diabetes sekitar 40 persen dari penyakit gagal ginjal. Dan penyebab yang kedua adalah tekanan darah tinggi sekitar 25 persen dari penyakit gagal ginjal. Penyebab lainnya adalah karena kelainan kekebalan (suatu penyakit genetik), cacat lahir, dsb.

Gagal ginjal Akut biasanya hanya timbul secara mendadak dan bila ditangani dengan baik akan sembuh dan tidak mengalami kerusakan permanen. Penyebab kegagalan ini dikarenakan keracunan, alergi obat, toxin, kehilangan darah banyak secara mendadak, kehilangan cairan tubuh maunpun trauma.

Tanda-tanda Gagal Ginjal.

- Kencing berubah warna, berbusa

- Kencing sedikit berlainan dengan sebelumnya.

- Sering terbangun di malam hari untuk kencing.

- Pembengkakan terjadi di kaki, pergelangan tangan dan dimuka

- Lemah dan lekas capai

- Sesak napas

- Nafas bau

- Timbul rasa pegal di punggung

- Kehilangan nafsu makan

- Mual, muntah

- Rasa gatal di kaki atau dibadan

sumber
http://wartakota.dagdigdug.com

Selengkapnya...


Perawat-perawat kesehatan dari Indonesia yang berada di luar negeri dikenal santun dan sangat perhatian pada pasien. Jangan terkejut jika banyak negara asing yang berminat dengan perawat asal Indonesia.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menuturkan adanya minat yang besar tersebut maka Indonesia akan memberikan lagi perawat-perawat kesehatan untuk bekerja di luar negeri. Perawat yang berkarir di luar negeri akan menerima gaji sama dengan perawat yang lainnya. Pengiriman perawat ke luar negeri tersebut terbuka bagi semua perawat dari Indonesia tetapi sebelumnya tentu perlu dilakukan proses seleksi dulu.

Sumber artikel promosi & bisnis ini dari Detik Health.

Selengkapnya...

Monday, 22 February 2010

Warga Sumenep, Madura digemparkan dengan pengakuan seorang wanita yang mengaku dirinya sebagai nabi. Wanita bernama Samawiyah (30), ini tinggal di Desa Angon Angon, Arjasa, Pulau Kangean.

Dalam ajaran yang disebarkan, Samawiyah meminta agar warga muslim tidak perlu naik haji, karena dalam dirinya telah ada ka'bah. Selain itu pengikutnya diwajibkan puasa seumur hidup.

Samawiyah yang lama ditinggal suaminya kerja di Malaysia ini sudah hampir satu tahun mengaku senagai nabi. Selama satu tahun berdakwah, dia berhasil merekrut pengikut sebanyak 18 sampai 25 orang.

Orang-orang yang menjadi pengikut Samawiyah ini mayoritas adalah keluarga terdekat dan orang yang sudah terpengaruh ajaran sesat tersebut. Bahkan, para pengikutnya juga sangat tunduk dan patuh.

Terbongkarnya adanya nabi dan ajaran nyleneh setelah warga Pulau Kangean resah dengan ajaran tersebut. Karena tidak ingin ajaran ini semakin meluas, warga pun melaporkannya ke kepala desa.

"Warga melaporkan ke saya. Lalu, diawasi dan baru ditindaklanjuti ke tingkat muspika," kata Kepala Desa Angon Angon, Moh Ridha, saat berbincang dengan detiksurabaya.com, Senin (22/2/2010).


Sumber
id.news.yahoo.com

Selengkapnya...

Chand Baori merupakan sumur terkenal berlkasi di desa dekat Abhaneri Jaipur di negara bagian Rajasthan India. Candi tersebut dibangun pada abad ke-9 dan mempunyai 3.500 langkah dengan kedalaman 100 meter. Ini merupakan contoh kedidayaan arsitektur yang mengagumkan di masa lampau.

Ini ada beberapa gambarnya yang Cerita Ceria ambil dari forum Kaskus :











Gambar I















Gambar II


Dalamnya sampe 100 meter plus pake tangga-tangga gitu. Kalo tertarik untuk liat gambar-gambar lainnya silakan aja langsung liat threadnya di Forum Kaskus, alamatnya : hxxp://www.kaskus.us/showthread.php?t=3433667..

Selengkapnya...


Dampaknya makanan yang baik untuk jantung, baik pula untuk otak. Gary Small, Direktur the UCLA Memory Clinic di Amerika Serikat, memberikan kiat mendapatkan manfaat gizi terbaik untuk kedua organ penting dalam hidup kita tersebut.

1. Membatasi jumlah kalori
Kelebihan lemak tubuh meningkatkan risiko terkena penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Kedua penyakit degeneratif ini berisiko menyebabkan stroke ringan di otak yang dapat membuat Anda kehilangan memori, demensia, bahkan menderita Alzheimer.

2. Makan lebih banyak lemak baik
Asam lemak esensial yang kita temukan pada ikan membantu mencegah penyumbatan pembuluh jantung. Asam lemak ini juga ditemukan pada kacang-kacangan, alpukat, minyak kanola, minyak zaitun.

3. Pilih daging tanpa lemak
Misalnya daging ayam tanpa kulit dan daging tenderloin. Daging kaya lemak jenuh seperti daging burger adalah penyebab penyumbatan pembuluh jantung.

4. Konsentrasi ke karbohidrat kompleks
Seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Jenis makanan ini bermanfaat untuk kolesterol baik penjaga kesehatan jantung kita. Di samping itu, jenis karbohidrat ini juga menjaga nafsu makan dan membantu membakar lemak. Sayur dan buah yang berwarna cerah juga merupakan zat antioksidan penjaga kesehatan otak.

5. Tambahkan kunyit!
Warna kuning pada masakan yang berasal dari kunyit selain menyedapkan makanan, juga bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan curcumin di dalamnya. Curcumin adalah zat aktif dalam kunyit yang bermanfaat sebagai zat antipembengkakan dan antioksidan.

6. Minum teh hijau dan hitam
Buat teh tanpa gula sebab kedua jenis teh itu bebas kalori dan kaya antioksidan.

7. Minum anggur
Tentu selama Anda tak ada halangan kesehatan untuk mengonsumsi minuman gaya ini. Segelas anggur sehari dapat membantu melindungi otak dari kemunduran. Begitu menurut penelitian yang ditulis di Journal of the American Medical Association. Anggur merah juga dikenal mengandung antioksidan.

8. Hindari makanan sampah
Terutama kudapan yang mengandung gula tinggi dan makanan olahan. Keduanya menyebabkan pembengkakan di dalam tubuh dan meningkatkan kadar glukosa dalam darah kita.

Selengkapnya...

OXYTOCIN atau yang dikenal juga dengan hormon wanita, bisa membantu mengembangkan keterampilan dan perilaku sosial penderita autisme pada level high-functioning.

High-functioning autism merupakan istilah informal yang merujuk pada orang-orang autis yang dianggap memiliki fungsi yang lebih tinggi di bidang tertentu dibandingkan penderita autisme pada umumnya.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang-orang dengan gangguan high-functioning autism, seperti Asperger’s syndrome, yang ditangani dengan oxytocin merespon lebih kuat terhadap orang lain dan menunjukkan lebih banyak perilaku sosial yang tepat.

Meskipun mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi, orang-orang dengan high-functioning autism kurang keahlian sosial untuk bergaul secara tepat dengan orang lain di dalam masyarakat.

Oxytocin dinamakan hormon cinta karena dikenal menguatkan hubungan antara ibu dan bayi. Hormon ini juga diyakini terlibat dalam pengaturan emosi dan perilaku sosial lainnya. Penelitian lain telah menemukan bahwa anak-anak autis memiliki kadar oxytocin yang lebih rendah dibandingkan anak-anak tanpa autisme.

Dalam studi yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences ini, peneliti memeriksa efek menghirup oxytocin terhadap perilaku sosial pada 13 orang dewasa muda dengan high-functioning autism dalam dua percobaan terpisah. Selain itu, peneliti juga melibatkan 13 partisipan tanpa autisme sebagai kelompok pembanding.

Pada percobaan pertama, peneliti mengamati perilaku sosial partisipan dalam ball-tossing game di komputer. Dalam game ini, pemain diminta memilih mengirim bola kepada karakter yang baik, buruk atau netral.

Pada umumnya, orang-orang dengan autisme tidak akan terlalu memperhatikan ketiga pilihan tersebut. Tapi dalam percobaan ini, mereka yang menghirup oxytocin lebih banyak terlibat dengan karakter baik dan mengirim lebih banyak bola kepada karakter yang baik dibandingkan yang jahat.

Partisipan dengan autisme yang diberikan placebo tidak menunjukkan perbedaan respon terhadap ketiga karakter. Sedang kelompok pembanding tanpa autisme mengirim lebih banyak bola kepada karakter yang baik.

Dalam percobaan kedua, peneliti mengukur tingkat perhatian dan respon partisipan terhadap gambar wajah manusia. Mereka yang ditangani dengan oxytocin lebih memperhatikan tanda-tanda visual di gambar dan melihat lebih lama pada area wajah yang berkaitan dengan informasi sosial, seperti mata.

“Di bawah pengaruh oxytocin, pasien merespon lebih kuat terhadap orang lain dan menunjukkan perilaku sosial yang lebih tepat. Hal ini menunjukkan potensi terapis oxytocin dalam menangani autisme,” terang peneliti Elissar Andari dari Centre Nátional de la Recherche Scientifique di Bron, Prancis, seperti dikutip situs webmd.com.

Peneliti menyatakan bahwa hasil studi ini mengindikasikan perlunya studi lanjutan untuk memeriksa efek oxytocin terhadap keterampilan dan perilaku sosial pada orang-orang dengan high-functioning autism.


Selengkapnya...

Pendahuluan .

Kemajuan ilmu dan teknologi berkembang dengan pesat diberbagai bidang, termasuk dalam bidang pangan, kemajuan teknologi ini membawa dampak positif maupun negatif. Dampak positif teknologi tersebut mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas pangan, juga meningkatkan diversivikasi, hygiene, sanitasi, praktis dan lebih ekonomis. Dampak negatif kemajuan teknologi tersebut ternyata cukup besar bagi kesehatan konsumen dengan adanya penggunaan zat aditif yang berbahaya.

Pola kehidupan masa kini dicirikan dengan tingginya biaya hidup, emansipasi atau karena alasan lain menyebabkan wanita bekerja diluar rumah. Data statistik tahun 2002 menunjukkan bahwa wanita yang bekerja pada angkatan kerja berjumlah 33,06 juta atau 44,23% dari jumlah total usia wanita antara 15-60 tahun (BPS, 2002). Wanita sebagai ibu rumah tangga dan sebagian lain berprofesi bekerja di luar rumah, karena keterbatasan waktu dan kesibukan, serta sulitnya mencari pramuwisma menyebabkan makanan siap saji menjadi menu utama sehari-hari di rumah.

Ritme kehidupan yang menuntut segala sesuatu serba cepat, waktu terbatas, anak harus pergi sekolah sementara ibu dan bapak harus segera berangkat kerja, sebagai jalan pintas untuk sarapan disediakanlah makanan siap saji yang memakan waktu penyiapan 3 sampai 5 menit. Siang hari pulang sekolah ibu dan bapak masih bekerja dikantor, anak-anak kembali menikmati makanan siap saji ini. Selain mudah disajikan makanan ini umumnya mempunyai cita rasa yang gurih dan umumnya disukai, terutama oleh anak-anak usia sekolah.

Masalah lain yang jadi fenomena dimasyarakat adalah tersedianya berbagai jajanan yang dikemas dapat dipastikan “kaya” zat aditif. Tercatat 13 jenis snack mengandung bahan aditif dalam kandungan yang cukup tinggi (Republika, 2003). Pertanyaan yang muncul adalah sejauh manakah bahan-bahan aditif tersebut terkonsumsi dan terakumulasi dalam tubuh, bagaimana dampaknya bagi kesehatan? Dan bagaimana tindakan konsumen terutama ibu-ibu rumah tangga dalam memilih, mengolah makanan yang aman, higienis, cukup gizi dan menyehatkan anggota keluarganya?

Pengertian Makanan Siap Saji dan Kesehatan Konsumen

Makanan siap saji

Makanan siap saji yang dimaksud adalah jenis makanan yang dikemas, mudah disajikan, praktis, atau diolah dengan cara sederhana. Makanan tersebut umumnya diproduksi oleh industri pengolahan pangan dengan teknologi tinggi dan memberikan berbagai zat aditif untuk mengawetkan dan memberikan cita rasa bagi produk tersebut. Makanan siap saji biasanya berupa lauk pauk dalam kemasan, mie instan, nugget, atau juga corn flakes sebagai makanan untuk sarapan.

Zat Aditif Makanan

Zat aditif adalah bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, menambahkan rasa dan memantapkan kesegaran produk tersebut.

Kemasan Makanan

Kemasan makanan adalah wadah atau tempat makanan agar kualitas makanan tetap baik, meningkatkan penampilan produk, dan memudahkan transportasi.

Sehat

Sehat adalah berfungsinya organ tubuh secara fisiologis normal. Dalam konsumsi pangan konsumen tidak hanya menilai dari citarasa dan nilai gizinya tetapi juga mempertimbangkan pengaruh pangan terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh, atau menurunkan efek negatif suatu penyakit, dan kalau memungkinkan menyembuhkan penyakit tersebut.

Jenis Zat Aditif dan Kemasan Makanan

Menurut Majeed (1996) zat aditif dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tujuan penggunaannya, yaitu:

1) Agen emulsi yaitu aditif yang berbahan lemak dan air contohnya lecitin
2) Agen penstabil dan pemekat contohnya alginat dan gliserin,
3) Agen penghalang kerak untuk mencegah penggumpalan,
4) Agen peningkatan nutrisi contohnya berbagai vitamin,
5) Agen pengawet contohnya garam nitrat dan nitrit,
6) Agen antioksidan contohnya vitamin C dan E ; BHT (Butylated Hydroxy-Toluen) dan BHA (Butylated Hydroxy-Anisol),
7) Agen pengembang untuk roti dan bolu,
8) Agen penyedap rasa contoh monosodium glutamat (MSG),
9) Bahan pewarna.

Selain kesembilan zat aditif diatas Denfer (2009) juga menyatakan terdapat bahan lain yang ditambahkan dalam makanan diantaranya:

1) Agen peluntur,
2) Lemak hewani,
3) Bahan pengasam,
4) Bahan pemisah,
5) Pati Termodifikasi,
6) Alkohol, dan
7) gelatin .

Di samping bahan-bahan yang telah disebutkan diatas yang menggunaan, ukuran dan aturannya sudah ditentukan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), yang patut kita waspadai adalah adanya pewarna maupun pengawet yang ditambahkan yang penggunaannya bukan untuk makanan seperti, borak dan formalin sebagai pengawet yang telah dilaporkan oleh Suriawiria (2003). Dimana disinyalir 86,2% mie basah yang terdapat dipasar dan swalayan mengandung formalin. Selain itu warna merah pada terasi 50% adalah menggunakan pewarna rhodamin B yang seharusnya digunakan untuk tekstil. Selain itu rhodamin juga biasa diberikan dalam sirop untuk menimbulkan warna merah.

Kemasan Makanan Siap Saji


Sampai saat ini menurut Ketua Federasi Pengemasan Indonesia Hengky Darmawan di Indonesia sistem pengemasannya baru 10% yang sesuai aturan SNI. Pemilihan jenis kemasan harus memperhatikan food grade dan food safety (Kompas, 2003).

Beberapa faktor yang mempengaruhi produsen dalam memilih kemasan adalah tampil menarik, mampu melindungi produk yang dikemas, dan pertimbangan ekonomis. Bahan yang digunakan selama ini berupa plastik atau styrofoam (pembungkus mie instant dan nugget), PVC (polyvinyl clorida untuk pembungkus kembang gula), kaleng (makanan buah, susu, makanan lauk-pauk).

Dampak Makanan Siap Saji


Manfaat Makanan Siap Saj
i

Makan siap saji yang beredar saat ini tercatat 500 – 600 jenis (Media Indonesia, 2003). Jenis tersebut terdiri dari minuman dan makanan yang diproduksi dalam skala kecil dan besar. Ketersediaan makanan siap saji ini akan memberikan kemudahan pemilihan jenis makanan, keragaman makanan, kualitas makanan dan praktis.

Bahaya Makanan Siap Saji

World Health Organization (WHO) dan Food and Agricultural Organization (FAO) menyatakan bahwa ancaman potensial dari residu bahan makanan terhadap kesehatan manusia dibagi dalam 3 katagori yaitu :
1) aspek toksikologis, katagori residu bahan makanan yang dapat bersifat racun terhadap organ-organ tubuh,
2) aspek mikrobiologis, mikroba dalam bahan makanan yang dapat mengganggu keseimbangan mikroba dalam saluran pencernaan,
3) aspek imunopatologis, keberadaan residu yang dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Dampak negatif zat aditif terhadap kesehatan dapat secara langsung maupun tidak langsung, dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Selengkapnya...

Sunday, 21 February 2010

Stres Bikin Tubuh Kebal?

Stres ternyata tidak selamanya buruk bagi yang mengalaminya. Stres juga ada gunanya. Stres membuat tubuh mempersiapkan diri untuk melindungi diri. Namun sayangnya, kebanyakan orang mengalami stres yang terlalu banyak.

Mereka stres dalam waktu yang lama sehingga lebih banyak kerugian daripada kebaikan yang didapatkan. Manajemen stres adalah salah satu cara untuk mengendalikan stres secara alami sehingga tidak dirugikan.

American Psychological Association menerbitkan Psychological Bulletin pada Juli 2004 yang isinya melaporkan studi yang menemukan bahwa stres jangka pendek dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat itulah tubuh mempersiapkan diri untuk melawan infeksi atau cedera. Dengan manajemen stres, kita dapat mengurangi, bahkan mungkin menghilangkan dan membantu tubuh bangkit kembali setelah masa itu terlewati.

The Windber Medical Center di Pennsylvania menyatakan bahwa penyakit jantung dan stres memiliki hubungan. Mereka juga mengatakan teknik manajemen stres menawarkan cara untuk menangani stres sehari-hari, yaitu dengan sikap anggun, humor, dan kontrol. Hal itu membantu menghindari perubahan denyut jantung dan tekanan darah yang tidak sehat.

Makalah yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health mengungkapkan bahwa ciri awal depresi adalah stres. Dengan manajemen stres, Anda dapat belajar cara mengetahui tanda-tanda awal depresi dan mengambil langkah untuk menghentikannya. Anda bisa menghindari depresi dengan mengubah pikiran atau suasana hati. Namun jika usaha itu tidak berhasil mengubah atau menghentikan depresi, pengetahuan tentang stres dapat membantu Anda mendapatkan bantuan profesional sebelum depresi itu semakin memburuk.

Ketika belajar mengelola stres, Anda akan menemukan bahwa sebenarnya memiliki kemampuan untuk menanganinya. Melalui manajemen stres kita belajar bagaimana meletakkan segala sesuatu dalam perspektif. Dengan begitu, kita dapat memisahkan mana hal yang penting dan mana yang sepele sehingga bisa meluangkan waktu untuk rekreasi dan relaksasi demi kebahagiaan hidup.

Laporan: Djamilah

Sumber
VIVAnews -
Selengkapnya...

Tanda Tubuh Perlu Olahraga

Masih juga menunda niat untuk berolahraga? Jika separuh dari 5 pertanda di bawah ini sudah Anda alami, maka tak ada alasan lagi untuk membiarkan sepatu olahraga berdebu tak tersentuh. Di bawah ini adalah kondisi yang bisa menjadi 'warning' bahwa sudah saatnya Anda berhenti menunda menjalankan niat untuk berolahraga:

1. Terengah-engah saat naik tangga
Jika terbiasa menumpang lift, coba deh sesekali Anda 'manjat' ke kantor dengan menggunakan tangga. Tak perlu tinggi-tinggi, dua lantai saja sudah cukup. Jika baru naik separuh jalan Anda sudah mulai terengah-engah, maka segeralah atur jadwal untuk berolahraga.

Ketika melakukan aktivitas fisik yang berat, denyut nadi bertambah cepat dan kebutuhan tubuh akan oksigen meningkat. Napas yang terengah-engah menandakan tubuh Anda kekurangan oksigen. Rutin berolahraga bermanfaat melancarkan peredaran darah dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

2. Badan lemas dan lesu berkepanjangan
Perasaan lesu dan lemas yang tak kunjung lenyap bahkan setelah beristirahat, bisa jadi mengindikasikan Anda menderita chronic fatigue syndrome. Salah satu jenis pengobatan yang direkomendasikan oleh para ahli adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga akan membantu meningkatkan level oksigen di dalam tubuh serta memproduksi hormon endorfin yang mampu mendatangkan perasaan senang dan sehat.

3. Sering telat mikir
Kegiatan olah fisik memang ampuh membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Dengan begitu, otak Anda akan mendapatkan suplai oksigen dan air yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Makanya, peredaran darah yang kurang lancar bisa membuat kerja otak terhambat sehingga Anda memiliki masalah dalam mengakses informasi.

4. Punya masalah tidur
Masalah tidur seperti insomnia seringkali disebabkan oleh gangguan psikis yang mengakibatkan tubuh kesulitan beristirahat. Menurut Shawn Talbott, Ph.D, penulit The Cortisol Connection, olahraga adalah kegiatan yang amat efektif untuk meredakan stres.

5. Bolak-balik terserang flu
Penyakit flu disebabkan oleh virus yang menyerang ketika pertahanan tubuh kita sedang lemah. Untuk menghindarinya, maka sistem imunitas tubuh perlu diperkuat dengan melakukan olahraga. Olahraga teratur berguna memperbaiki fungsi sistem limfatik serta meningkatkan kadar leukosit, sel darah putih yang dalam sistem imunitas tubuh berfungsi memerangi infeksi.

Sumber
KOMPAS.com -
Selengkapnya...

Sama seperti para raja di berbagai belahan dunia lain, para kaisar China juga suka berburu. Ada saatnya para raja keluar diiringi pembantu setianya dan para pengawal. Kelinci dan utamanya kijang acap jadi sasaran bidikan panah sang raja.

Selain dagingnya enak, binatang-binatang ini sangat lincah dan larinya tak kalah hebat dibandingkan kuda-kuda tunggangan kaisar dan pengikutnya. Jadi, kaisar bisa sekaligus olah fisik berkuda Saat keringat membasahi jubah emas sang raja yang berkilau diterpa mentari itulah gairah memburu makin menggebu. Apalagi sang raja tak hanya termotivasi oleh sulitnya mendapatkan binatang-binatang yang lincah itu.

"Ada obat yang sedang dicari para kaisar itu!" tutur Dr. Rahmat, ahli pengobatan tradisional China (Traditional Chinese Medicine atau TCM) dalam sebuah perbincangan di Klinik Shanghai, tempatnya berpraktik.

Tiap kali seekor kijang atau rusa muda tertembus panah sang raja, tanduknya langsung dipotong. "Nah, darah yang mengalir dari tanduk, ya paling beberapa tetes, dimasukkan dalam cangkir yang sudah diberi arak, langsung diminum," tuturnya. Dan, itulah obat manjur bagi kejantanan sang raja.

lni sekilas kisah yang acap tertuang dalam kisah-kisah literatur Cina kuno. Tegukan setetes atau dua tetes darah dari tanduk rusa adalah sebagian kecil ramuan yang digunakan para kaisar Cina untuk meningkatkan stamina dan kejantanan. "Ada ribuan ramuan yang digunakan," ujarnya.

Ribuan ramuan itu merupakan gabungan dan variasi beberapa bahan herbal atau simplisia yang disebut para tabib sebagai pendongkrak libido dan stamina.

Menurut Dr. Rahmat, inti dari ramuan itu pada dasarnya untuk meningkatkan atau memperkuat energi (ginseng, astragalus, akar dang seng), menguatkan darah (dang qui, chuan xiong) dan ginjal (tanduk rusa, morinda officinalis how, batang dan akar benalu, dan cistanche salsa yang di Cina disebut roucongrong).

Ramuan herbal menjadi satu-satunya sarana karena latihan fisik seperti taichi dan kungfu tidak selalu dilakukan para kaisar, meski ada juga yang melatih fisiknya ini demi memperkuat stamina di ranjang. "Taichi bermanfaat untuk memperkuat pinggang," kata Sinse David Sungahandra.

Resep-resep pendongkrak ini pasti berbeda antara tabib dari kaisar satu dengan tabib kaisar sebelum atau sesudahnya. "Resep-resep ini penting bagi para kaisar karena mereka setiap hari sibuk dengan urusan kenegaraan," ungkap Dr. Rahmat.

Apalagi yang mesti didatangi kaisar adalah selir-selir yang jumlahnya puluhan. Jadi, dengan jadwal ketat, kaisar harus mengikuti berbagai protokoler. Mulai dari minum resep sampai menentukan hari dan siapa selir yang harus didatangi.

Sejak siang, para selir yang sudah tahu bakal dikunjungi kaisar mesti menyiapkan diri. "Pijat, mandi, dan dandan yang cantik adalah bagian dari protokol yang harus dijalani para selir itu," ujar Dr. Rahmat.

Bagi kaisar, prosedur tak sebegitu rumit. Sang raja cukup mandi dan diberi ramuan obat sore harinya, sebelum membuat para selir ini "terjungkir balik" di malam harinya. (GHS/Abdi Susanto)


Sumber
KOMPAS.com -
Selengkapnya...

Saturday, 20 February 2010

Apa saja tes kesehatan yang sebaiknya dilakukan selama satu tahun? Seringkali kita bingung apa saja yang harus kita periksakan terutama jika merasa kesehatan kita selama ini baik-baik saja.
Para dokter dan pakar menyarankan ada 10 tes yang sebaiknya wanita lakukan setiap tahun.

1. Mammogram
Lewat sebuah penelitian baru, para pakar tidak menyarankan adanya tes mammogram untuk wanita berusia 40-49 yang tidak memiliki risiko kanker payudara. Para ilmuwan khawatir tentang overdiagnosis, positif palsu, dan tidak perlu biopsi dan radiasi. Sekarang ini para dokter lebih menyarankan wanita berusia 50 atau lebih tua untuk melakukan pemeriksaan mammogram tiap dua tahun.

2. Pengecekan Kulit
Lebih dari satu juta orang Amerika didiagnosa menderita kanker kulit. Cara terbaik untuk menangkap gejala kanker adalah memeriksakan diri Anda ke dokter kulit setahun sekali atau saat mencurigai sesuatu di di kulit Anda.

3. Pengecekan Mata
Jika Anda mengenakan kacamata atau lensa kontak, kunjungi dokter mata Anda memeriksakan kondisi mata setiap tahun. Wanita lebih besar mengalami risiko masalah penglihatan karena memiliki kecenderungan risiko lebih besar terkena sindrom mata kering dan penyakit autoimun yang mempengaruhi kesehatan mata.

4. Tes Pendengaran
Setahun sekali sejak usia 50, saat pendengaran menurun, periksakan pendengaran untuk mendapatkan audiogram, yang bertujuan memeriksakan pendengaran di berbagai tingkat dan intensitas titinada. Tetapi jika Anda menyalakan iPod dengan volume penuh, sebaiknya periksakan telingan lebih cepat.

5. Uji Periodontal
Lakukan pemeriksaan gigi sekali setahun dan membersihkan gigi enam bulan sekali dokter gigi akan memerika kesehatan gusi Anda dan mengambil sinar-X yang menunjukkan adanya radang gusi, yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung dan diabetes.

6. Uji TSH
Rasa dingin, lelah, penyakit sembelit, kenaikan berat badan merupakan gejala hipotiroidisme, yakni kekurangan kelenjar tiroid yang menyerang sekitar 10 persen perempuan. Hal ini bisa didiagnosis dengan tiroid stimulating hormone (TSH) darah pada usia 50. Jika Anda mengalami gejala ini di usia yang lebih muda, sebaiknya periksakan diri lebih cepat.

7. Tes darah
Pengujian kadar kolesterol dimulai sejak usia 20-an, sekurang-kurangnya sekali dalam lima tahun. Saat memasuki usia 40 ke atas, lakukan pengecekan kolesterol dan gula darah yang dapat memicu diabetes setiap tahun. Serangan jantung dan resiko diabetes meningkat seiring bertambahnya usia Anda.

Selengkapnya...

Beberapa ilmuwan di Prancis telah mengisolasi satu virus raksasa baru yang bersembunyi di dalam amuba dan yang kumpulan gennya meliputi bahan genetika dari spesies lain.

Virus tersebut adalah bentuk virus yang sepenuhnya baru. Demikian disampaikan Didier Raoult, pemimpin penelitian penyakit menular dan tropis yang baru muncul di “Aix-Marseille 2 University” di Prancis.

Genome itu, yang disebut Marseillevirus, meliputi daftar rumit gen yang sangat berbeda dengan DNA dari bentuk virus lain dan memperlihatkan ada pertukaran genetika antara mikro-organisme lain seperti satu virus raksasa dan bakteri yang ditemukan pada amuba.

Amuba, bentuk kehidupan bersel tunggal yang dapat menjadi parasit baik pada manusia maupun hewan, bertindak sebagai satu jenis ayunan bagi terciptanya bakteri dan virus baru.

Hanya sejumlah kecil apa yang disebut virus raksasa telah ditemukan, pertama pada 1993 secara tak sengaja. Tidak seperti virus klasik, virus tersebut dapat dilihat melalui mikroskop cahaya konvensional.

Bahkan sekarang nyaris tak ada yang diketahui mengenai virus itu tapi pada 2008, satu tim yang dipimpin oleh Raoult bahkan menemukan beberapa virus yang menulari virus lain sehingga dapat menggandakan diri mereka, katanya.

Dengan satu genome yang terdiri atas 368.000 pasangan dasar, Marseillevirus adalah virus terbesar kelima yang pernah dirangkaikan dan memiliki diameter 250 nanometer (sekitar 250 per juta milimeter), menurut laporan oleh Raoult buat Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis (CNRS).

DNA virus raksasa tersebut terdiri atas bahan dari beberapa sumber yang berbeda termasuk dari tanaman dan hewan, bakteri dan virus raksasa lain seperti Mimivirus, kata laporan itu.

“Ada mekanisme penciptaan permanen yang terjadi pada amuba sehingga menghasilkan daftar virus baru dan virus raksasa yang memberi pengaruh untuk menjadi patogen segera setelah semua virus tersebut mengkhususkan diri,” kata Raoult.

Ia mengatakan mekanisme itu tak diramalkan di dalam teori Charles Darwin bahwa hidup berasal dari satu nenek moyang yang sama.

“Pendapat mengenai nenek moyak bersama tak masuk akal sehubungan dengan virus,” katanya.

“Itu adalah pendapat Darwin, tapi ia jelas-jelas keliru,” tambah Raoult.

ant/isw
Sumber
Solopos

Selengkapnya...

Rokok yang masuk kategori narkotika, psikotropika dan bahan berbahaya lainnya (Narkoba), diketahui dapat menyebabkan pendarahan otak (stroke) dan kebutaan bagi penggunanya.

Selain itu, rokok memicu penyempitan pembuluh darah, serta kerusakan paru-paru. Penjelasan itu disampaikan dokter Puskesmas Sangkrah, Pasar Kliwon, dr Nur Hastuti, saat memberikan materi Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba bagi Pemuda Pasar Kliwon, Selasa (15/12), di aula kecamatan setempat.

Kegiatan gelaran Pemerintah Kecamatan Pasar Kliwon bersama Poltabes Solo tersebut diikuti oleh pemuda setempat, personel perlindungan masyarakat (Linmas) dan para lurah. “Rokok termasuk kelompok Narkoba. Pengaruh rokok sangat buruk bagi tubuh seperti penyempitan pembuluh darah akibat nikotin, pendarahan otak, kebutaan, serta kerusakan paru-paru,” ujarnya.

Hastuti menjelaskan, konsumsi rokok merupakan awal dari serentetan perilaku menyimpang penggunaan Narkoba. Perokok berisiko tinggi mengkonsumsi Narkoba jenis lain seperti ganja. Sedangkan pemabuk berisiko tinggi mengkonsumsi Narkoba seperti ektasi.
Disampaikannya, pada mulanya Narkoba merupakan obat yang dibutuhkan dalam dunia kesehatan. Hastuti melanjutkan, dampak negatif konsumsi Narkoba yakni kecanduan dan halusinasi. Bila kecanduan, pengguna Narkoba akan menjual segala harta yang dimiliki untuk membeli obat setan tersebut.

“Saat halusinasi pengguna akan membayangkan segala hal yang indah-indah. Dikarenakan halusinasi itu lah, tidak jarang terjadi hubungan seks bebas yang berisiko terhadap penyakit Aids/HIV,” imbuhnya.

Di Solo, Hastuti menerangkan, terdapat Klinik Metadon, tepatnya di Puskesmas Manahan, Banjarsari, yang concern dalam penyembuhan pengguna Narkoba. Metadon itu sendiri adalag obat opioid sintetik untuk para pengguna Narkoba.


Sumber
Solopos
Solo (Espos)–
kur

Selengkapnya...

Kopi, teh, atau dekafein! Apapun pilihan orang, meminum salah satu minuman itu mungkin mengurangi resiko diabetes. Demikian analisi baru atas 18 studi yang melibatkan ratusan ribu orang.

Kajian penelitian 2005 menyimpulkan, orang yang meminum paling banyak kopi menghadapi kemungkinan tiga kali lebih kecil untuk terserang diabetes dibandingkan dengan mereka yang paling sedikit meminum kopi. Dr Rachel Huxley dari University of Sydney, Australia mengatakan dalam beberapa tahun sejak itu jumlah penelitian mengenai kopi dan resiko diabetes telah lebih dari dua kali lipat.

Sementara studi lain menunjukkan bahwa teh dan kopi non-kafein mungkin juga bersifat pencegahan. Guna memperbarui bukti tersebut, Huxley dan timnya menganalisis 18 kajian mengenai kopi, dekafein, dan teh, dengan resiko diabetes jenis 2 yang disiarkan antara 1966 dan 2009, termasuk sebanyak 459.000 orang.

“Diabetes jenis 2, yang seringkali dikaitkan dengan kegemukan, mempengaruhi sebanyak 8 persen penduduk AS, ” kata US National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Dari bagian setiap tambahan satu cangkir kopi yang dikonsumsi orang setiap hari, penulis studi tersebut mendapati resiko seseorang untuk terserang diabetes berkurang sebanyak tujuh persen.

Di dalam keenam studi itu, yang meneliti kopi non-kafein, para peneliti tersebut mendapati, orang yang mengkonsumsi lebih dari tiga atau empat gelas kopi per hari menghadapi resiko 36 persen lebih rendah untuk terserang diabetes.

Di dalam tujuh studi yang meneliti minum tes dan resiko diabetes, orang yang minum lebih dari tiga atau empat gelas kopi per hari menghadapi kemungkinan 18 persen lebih rendah untuk terserang diabetes.

Analisis saat ini tersebut mungkin terlalu membesarkan perkiraan mengenai dampak minuman itu tentang resiko diabetes karena masalah statistik dengan berbagai studi yang lebih kecil. Juga tak mungkin untuk mengatakan dari bukti saat ini bahwa pecandu berat kopi dan teh serta minuman non-kafein tak memiliki ciri khas yang mungkin melindungi mereka dari serangan diabetes, seperti mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Kenyataan bahwa dampak itu terlihat dengan dekafein serta kopi dan teh menunjukkan bahwa jika dampak tersebut nyata, semut itu bukan hanya pada kafein, tapi mungkin juga berkaitan dengan bahan lain yang ditemukan pada minuman itu.

Mereka memberi contoh magnesium, lignan –bahan kimia mirip estrogen yang ditemukan pada tanaman– atau chlorogenic acis yang merupakan anti-oksidan yang memperlambat terlepasnya gula ke dalam darah setelah makan.

Percobaan klinis diperlukan guna menyelidiki apakan minuman itu memang membantu mencegah diabetes, kata para peneliti tersebut, sebagaimana dilaporkan Reuters Health.

Jika manfaat itu terbukti benar, tambah mereka, penyedia perawatan kesehatan mungkin dapat mulai menasehati pasien yang beresiko terserang diabetes agar bukan hanya berolahraga dan mengurangi berat badan, tapi juga minum teh dan kopi.


Sumber
Solopos
isw

Selengkapnya...

Risiko tinggi

Allopurinol
Sulfamethoxazole
Sulfamediazine
Sulfapyridine
Sulfadoxine
Sulfasalazine
Carbamezepine
Lamotrigine
Phenobartbital
Phenytoin
Phenylbutazone
Nevirapine
Oxicam NSAIDs
Thiacetazone

Resiko rendah

Acetic Acid NSAIDS
Aminopenicilins
Cephalosporinsquinolones
Cyclins
Macrolides

Cukup aman
Paracetamol (acetaminophen)
Pyrazolone analgesics
Corticosteroid
Sertraline

Tak berisiko

Aspirin
Sulfonylurea
Thiazide diuretics
Aldactone
Calcium channel blockers
Statins
Hormon
Vitamin


Sumber:
Solopos
wawancara. ewy

Selengkapnya...

Jenis Gangguan Kulit

Atlas van Indische Geneeskrachtige Planten Bij Wenken en Raadgevingen Betreffende Het Gebruik Van Indische, Vruchten Enz yang disusun J Kloppenburg-Versteegh pada permulaan abad XX mencatat, sejak seabad silam, orang Indonesia telah memiliki sejumlah resep yang mengoptimalkan khasiat berbagai tanaman setempat.

Gangguan kulit
Banyak orang menderita gatal atau sakit pada kulit jika terkena zat-zat tertentu. Beberapa orang sangat peka dan yang lainnya kurang peka. Bulu daun tanaman, duri dan sebagainya juga dapat menyebabkan gatal semacam ini. Sebagai contoh getah ingas sangat berbahaya. Getah kroton hanya berbahaya jika kena luka yang terbuka. Yang beracun adalah getah sirih berbintik yang ditanam sebagai tanaman hias, getah jambu monyet, kayu urip dan berbagai tanaman lain.

Kulit gatal
Remasan daun sidaguri dicampur dengan sedikit minyak kelapa dioleskan pada tempat-tempat yang sakit dan kulit sesekali dicuci dengan seduhan daun tersebut.
Daun koro diremas-remas, dicampur dengan kapur sirih dan dioleskan pada tempat yang gatal. Selain daun koro, dapat juga menggunakan daun ranti jawa. Seringkali penggunaan obat dalam untuk membersihkan darah memberi hasil yang lebih baik. Dalam hal demikian dianjurkan makan tang kwe.

Kulit panas
Rasa panas pada kulit dapat dikurangi dengan menggosokannya dengan kentang mentah.

Kulit kering
Kulit kering dapat diatasi dengan masase dengan kulit jeruk bali.

——

Ingas atau rengas (Gluta renghas Linn)

Pohon besar yang terdapat di Jawa Barat dan tersebar di seluruh Nusantara, umumnya di daerah muara sungai. Kayunya berat dan keras, dapat dipakai untuk pembuatan perahu. Pohon ini ditakuti penduduk karena getahnya beracun dan dapat menyebabkan radang pada kulit meskipun tidak sehebat seperti getah rengas putih.

Jambu monyet (Anacardium malaccensis Linn)
Jenis jambu yang kurang baik. Getah buahnya dapat menyebabkan radang kulit yang hebat. Setelah makan buah ini sering terjadi pengejanan.

Kayu urip (Euphorbia tirucalli Linn)

Semak ini banyak digunakan sebagai pagar. Penampilannya yang aneh menyebabkan tanaman ini lebih mirip dengan tanaman laut daripada tanaman darat. Hampir tidak berdaun. Jika batangnya sedikit saja terluka, batang ini langsung mengeluarkan banyak getah, yang jika masuk dalam tubuh akan menjadi racun. Nama lain adalah patah tulang atau tikel balung.

Sidaguri (Sida rhombifolia Linn)
Tanaman kecil dengan bunga berwarna oranye yang tumbuh di antara rumput padangan. Akar dikunyah untuk mengatasi sakit gigi. Getah jangan ditelan karena mempunyai daya pengeluaran yang besar sehingga dapat menyebabkan abortus dan kematian. Pengembangan dengan biji.

Koro (Dolichos lablab Linn)
Tanaman merambat yang menghasilkan polong yang jika masih muda dapat dimakan sebagai sayur. Koro yang sudah tua dapat dimakan setelah direbus atau disangrai. Daunnya merupakan makanan ternak yang sangat baik. Jenis kacang ini dan jenis-jenis kacang lainnya memegang peran penting dalam makanan kita. Terdapat beberapa varietas koro. Jenis liar dengan bunga cemerlang yang terdapat di hutan biasanya beracun. Varietas yang dapat dimakan yang biasanya ditanam, mempunyai biji berwarna putih, coklat, hitam atau bebrintik. Sebaiknya jangan makan koro terlalu banyak atau terlalu sering, terutama bagi mereka yang bekerja dengan otak, karena dapat menyebabkan pusing kepala.

Ranti Jawa (Solanum cerasiforme Dun)
Tanaman tomat yang tumbuh liar dan terdapat di Jawa, Sumatra, Nusatenggara dan Maluku. Buahnya tidak lebih besar daripada kelereng, rasanya lumayan dan sarinya dapat diminum.

Tang kwe
Manisan buah bligo yang dikeringkan. Dapat dipakai sebagai pengganti sukade. Tang kwe merupakan makanan yang sehat bagi anak-anak.

——
Sumber: Atlas van Indische Geneeskrachtige Platen oleh J Kloppenburgh-Vesteegh, 1911. Alih bahasa oleh drh J Soegiri dan Prof Nawangsari, IPB Press, 2006


Selengkapnya...

Penyakit kulit, kerap dihubung-hubungkan dengan perilaku hidup dan kebersihan seseorang. Lingkungan kotor dan gaya hidup yang tidak memperhatikan kebersihan kerap dipersalahkan atas timbulnya penyakit semacam panu, kutu air atau kadas.
Tapi, siapa sangka penyakit kulit yang lebih parah nyatanya juga bisa terjadi pada orang yang sangat menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Pasalnya, penyakit kulit tak selalu disebabkan oleh jamur atau bakteri, obat-obatan yang diharap bisa menyembuhkan pun dapat mengakibatkan reaksi alergi berupa penyakit kulit akut yang berujung pada kematian.

Reaksi alergi terhadap obat sangat mungkin muncul dalam bentuk kelainan kulit. Kelainan ini bisa berupa ruam merah yang timbul di beberapa bagian tubuh, dan terasa gatal, kulit bersisik, melepuh seperti luka bakar atau mungkin juga berbentuk seperti penyakit biduran. Sayangnya, gejala alergi obat ini sering kali tak lekas terdeteksi.

Dalam beberapa kasus, pasien baru datang berobat setelah kondisinya makin parah. Boleh jadi, hal ini tak lepas dari sikap sebagian kalangan yang kerap meremehkan munculnya kelainan kulit. “Sebagian orang lebih suka mengobati penyakitnya sendiri dengan obat yang banyak beredar di pasaran. Padahal, pada kasus alergi obat, pengobatan dengan salep yang banyak dijual di pasaran sama sekali tidak efektif,” kata ahli penyakit kulit kelamin RS Islam Surakarta, dr Aminah Alaydrus SpKK.
Lantas mengapa tubuh seseorang bisa bereaksi begitu rupa terhadap pemakaian obat tertentu? Begini penjelasannya, setiap obat tersusun dari kandungan beberapa zat aktif. Melalui proses metabolisme, zat-zat tersebut dipecah, sebagian di antaranya bereaksi hingga membentuk zat yang stabil dan berguna untuk mengobati penyakit tertentu, sementara sisanya dibuang melalui saluran pembuangan seperti, keringat, urine atau feses.

Tetapi, pada bebarapa kasus, zat aktif tersebut malah direspons tubuh sebagai racun atau protein asing. Akibatnya, alih-alih menyembuhkan, zat aktif tersebut malah mengakibatkan necrosis, yaitu kematian sel-sel tubuh khususnya kulit, genotoxocity hingga hipersensitifitas.

Manifestasi reaksi zat aktif obat itu, paling sering muncul pada kulit dalam bentuk ruam dan kemerahan atau pengelupasan kulit. “Anda mungkin pernah dengar mengenai bayi yang dilahirkan cacat akibat sang ibu kerap meminum obat-obatan jenis tertentu. Nah, itu adalah salah satu contoh kasus genotoxocity akibat reaksi alergi obat,” timpal ahli penyakit kulit dan kelamin, Prof Dr dr Harijono Kariosentono SpKK.
Dari ketiga bentuk reaksi tersebut, kasus yang paling banyak terjadi adalah necrosis dan hipersensitivitas, atau gabungan keduanya. Dalam banyak kasus, reaksi alergi obat terjadi dalam rentang waktu antara satu atau dua hari setelah pemakaian obat. Tetapi reaksi itu, bisa juga baru muncul delapan pekan setelah pemakaian obat.

Tak jeli reaksi

Sayangnya, tak semua orang jeli dengan reaksi ini. Aminah mengatakan, penyakit kulit akibat reaksi alergi obat lebih sulit dideteksi daripada alergi kulit akibat makanan. Alergi pada makanan atau benda lainnya, kata dia, bisa diketahui melalui tes alergi. Namun, reaksi alergi terhadap obat baru bisa diketahui setelah yang bersangkutan mengonsumsi obat dengan kandungan zat tertentu. “Kalau hal itu terjadi, segera hentikan pemakaian obat dan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, Semakin cepat ditangani semakin baik,” katanya.

Penyakit kulit akibat reaksi alergi obat memang tak bisa diremehkan. Selain membuat pasien tidak nyaman lantaran rasa perih yang timbul dari kulit tubuh yang terkelupas. Kondisi ini juga membuat pasien rentan terhadap infeksi dan kuman penyakit lainnya. Hilangnya kulit ari menyebabkan pasien kehilangan sebagian alat perlindungan diri dari kuman penyakit. Infeksi yang terjadi pada kulit tubuh yang luka akhirnya meluas hingga ke organ dalam dan bisa berakibat kematian.

Selengkapnya...

Kendal–Jamu kian mendapat tempat di masyarakat. Setelah dikembangkan secara ilmiah, direncanakan jamu digunakan sebagai obat resmi dokter.

Hal itu terungkap saat Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningish mencanangkan saintifikasi jamu di Pendopo Kabupaten Kendal, Jl Soekarno Hatta, Kendal, Jateng, Rabu (6/1).

Menkes mengatakan, jamu telah lama menarik perhatian. Dua tahun lalu, Presiden SBY meminta jamu diteliti dan dikembangkan secara ilmiah.

“Depkes menindaklanjuti harapan itu. Hari ini, kita canangkan saintifikasi jamu,” katanya di depan 300 peserta.

Langkah selanjutnya, kata menkes, jamu akan digunakan sebagai obat resmi dokter. Hal itu telah disetujui organisasi dokter.

“Langkah ini sifatnya promotif dan preventif,” jelasnya.

Menkes tak menyebut kapan langkah itu direalisasikan. Saat ini, pihaknya tengah merancang sembari berkoordinasi dengan stakeholders.

Di akhir acara, menkes menandatangani MoU dengan Fakultas Kedokteran Undip, Pemkab Kendal, dan sejumlah pihak. Rencana menkes meninjau stan jamu di sekitar lokasi acara batal, karena dia harus kembali ke Jakarta mengikuti pelantikan wakil menteri.

dtc/isw


Selengkapnya...

Lebih dari dua miliar orang, atau sepertiga dari seluruh penghuni dunia, terserang “Mycobacterium tuberculosis”, bakteri yang mengakibatkan tuberculosis.

Tubeculosis (TB) adalah penyebab utama ketujuh kematian di dunia. Penyakit itu menewaskan 1,8 juta orang di seluruh dunia pada 2009, naik dari 1,77 juta pada 2007.

Tuberculosis adalah satu dari tiga penyakit utama yang berkaitan erat dengan kemiskinan, yang dua lagi adalah AIDS dan malaria, demikian laporan kantor berita Inggris, Reuters, Kamis (7/1).

Berikut adalah beberapa faktor penting mengenai tuberculosis:
* Tuberculosis menyebar dengan mudah melalui udara. Ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara atau meludah, mereka mengeluarkan bakteri tersebut. Sedikit saja bakteri itu sudah cukup untuk menimbulkan penularan. Satu orang di dunia menjadi orang yang baru terinfektisi TB setiap detik.
* Hampir semua penularan TB tersembunyi, pembawanya tak memperlihatkan gejala dan mereka tidak terinfeksi. Namun, satu dari 10 orang akan terserang TB sepanjang hidupnya terutama karena melemahnya sistem kekebalan tubuh.
* Dari 1,8 juta kematian pada 2008, atau 4.930 kematian per hari, setengah juta adalah pasien AIDS. TB kebanyakan menyerang orang dewasa muda yang berada pada masa paling produktif mereka. Mayoritas besar kematian akibat TB terjadi di dunia berkembang. Lebih dari separuhnya terjadi di Asia.
* Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 9,4 juta orang terserang TB aktif pada 2008, naik dari 9,27 juta pada 2007 dan 9,24 juta orang pada 2006. Di antara ke-15 negara yang memiliki angka tertinggi penularan TB pada 2007, 13 berada di Afrika, sementara separuh dari semua kasus baru berada di enam negara Asia –Bangladesh, China, India, Indonesia, Pakistan dan Filipina.
* TB adalah penyebab kematian tertinggi ketujuh di negara miskin.
* Rata-rata pasien TB kehilangan tiga sampai empat bulan masa kerja dan sebanyak 30 persen penghasilan rumah tangga tahunan. Bank Dunia memperkirakan penyakit tersebut menghilangkan empat hingga tujuh persen penghasilan domestik kotor di sebagian negara yang paling parah terserang.
* TB yang tahan obat disebabkan oleh pengobatan yang setengah-setengah dan tidak berkelanjutan seringkali terjadi karena pasien menghentikan pengobatan sebab mereka mulai merasa lebih baik.
* Bentuk TB yang paling berbahaya ialah TB yang tahan banyak obat (MDR-TB), yaitu TB yang tahan setidaknya terhadap isoniazid dan rifampicin, dua obat anti-TB yang paling kuat.
* Angka MDR-TB tinggi di beberapa negara, terutama di India, China dan bekas Uni Sovyet, dan mengancam upaya pengendalian TB. MDR-TB pada hakekatnya ada di semua negara yang disurvei oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
* TB yang tahan obat secara luas, atau XDR-TB, adalah jenis TB yang relatif jarang. Antara 35 persen dan 50 persen pasien TB jenis itu meninggal.

ant/isw


Selengkapnya...

Penyakit toksoplasma, pasti tidak terdengar asing bagi Anda. Penyakit yang kerap mengambinghitamkan kucing ini malah ditengarai sudah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Bentuknya memang kecil, tapi dampak penyakit ini bisa menyebabkan cacat seumur hidup hingga kematian.

Toksoplasma disebabkan oleh sejenis parasit, yaitu toksoplasma gondii. “Ukuran parasit ini lebih besar daripada virus dan lebih kecil daripada kuman,” terang dr. Hendro Adi Kuncoro dari RS Kasih Ibu, saat ditemui di tempat kerjanya, awal pekan ini. Meski dikenal sebagai parasit kucing, toksoplasma nyatanya tak pernah pandang bulu saat menyerang. Semua jenis binatang, seperti burung, ikan, kelinci, sapi, kambing, babi hingga manusia bisa terjangkit penyakit ini.

“Banyak kalangan masih salah kaprah, mengira toksoplasma hanya bisa ditularkan oleh kucing. Padahal semua binatang dan manusia punya potensi penularan yang sama,” kata dr. Hendro lagi. Lantas bagaimana metode penularannya? Secara umum, lanjut dia, toksoplasma dapat ditularkan melalui tiga cara yaitu tertelan, melalui kotoran dan cairan tubuh seperti air liur, sperma, transfusi darah serta donor organ.

Parasit tokso, mampu bertahan hidup dengan menempel pada berbagai organ dan jaringan makhluk hidup. Ia hidup nyaman dan berkembang biak dalam sel darah putih, jaringan parenkim dan sel endotel. Saat manusia menyantap daging hewan terinfeksi toksoplasma dalam keadaan setengah matang, parasit yang bertahan dalam bentuk kista ini bakal ikut tertelan dan berkembang biak.

Selain hidup menempel pada jaringan-jaringan tubuh, toksoplasma juga berkembang biak secara sempurna dalam saluran cerna binatang. Telur (oosit) toksoplasma lantas ikut terbuang melalui kotoran. “Oosit yang hidup di kotoran dan tanah yang lembab mampu bertahan hidup hingga satu tahun. Sambil menunggu induk semang baru,” lanjut dia.

Untungnya, sebagian besar manusia memiliki kekebalan tubuh relatif tinggi. Akibatnya, sekitar 80% hingga 90% pasien yang terinfeksi toksoplasma tak merasakan gejala yang berarti. Gejalanya, kata Hendro, tak jauh beda dengan gejala flu ringan, misalnya badan terasa agak demam, sakit kepala, lemas hingga gangguan kulit dan bengkak pada kelenjar getah bening.

Namun lain halnya apabila toksoplasma menginfeksi pasien dengan daya tahan tubuh rendah seperti penderita TBC, HIV/AIDS atau bayi. Pada kasus ini, gejala yang timbul biasanya lebih berat. Kalau parasit menginfeksi bagian mata, pasien bisa mengalami gangguan penglihatan, mulai dari pandangan kabur, kerusakan retina sampai kebutaan.

Sementara itu, kalau infeksi terjadi pada jantung dapat mengakibatkan kerusakan katup jantung. Infeksi pada jaringan syaraf dan otak menimbulkan berbagai gejala yaitu sakit kepala, rasa baal (mati rasa) sebagian anggota tubuh hingga menimbulkan kejang-kejang yang berujung pada kematian. “Namun kasus fatal akibat toksoplasma jumlahnya kecil sekali!”

Namun justru kedatangannya yang tak disertai gejala berarti inilah yang membuat Anda perlu lebih waspada terhadap parasit toksoplasma. Pasalnya, tanpa penanganan medis, toksoplasma dapat bertahan hidup hingga seumur hidup Anda.

“Pada tubuh dengan daya tahan tinggi, toksoplasma mungkin tidak akan menimbulkan gejala. Ia hanya membentuk diri menjadi kista, menempel pada jaringan tubuh, dan siap menginfeksi bila yang bersangkutan kembali terpapar toksoplasma dalam jumlah besar,” pungkas dia.


Sumber
Solopos
ewy


Selengkapnya...

Pemakaian produk herbal yang populer di kalangan masyarakat China, yang salah satunya mengandung asam “aristolochic” ternyata ada kaitannya dengan meningkatnya resiko kanker saluran urin.

Asam aristolochic atau masyarakat China mengenalnya dengan nama “mu tong” umumnya dapat ditemukan dalam beberapa macam produk herbal yang digunakan oleh masyarakat China untuk pengobatan hepatitis dan “eczema”.

Sementara, hasil beberapa studi yang lebih dulu telah mengaitkan kanker “urhotelial” terhadap penggunaan asam aristolochic, hal ini merupakan penelitian pertama untuk melihat apakah kelompok yang sama dapat terjadi antara kanker dan produk herbal yang mengandung asam aristolochic.

Namun dalam sudi yang baru, para peneliti di Taiwan menganalisis sejarah pengobatan terhadap 4.594 pasien penderita kanker saluran urin dibandingkan dengan mereka yang berjumlah 174.701 yang tidak memiliki penyakit tersebut.

Pada sebuah makalah yang dipublikasikan the Journal of the National Cancer Institute, para peneliti mengatakan bahwa mereka yang mengonsumsi mu tong menderita resiko pengembangan kanker saluran urin jauh lebih tinggi dan tingkat resiko semakin tinggi terhadap dosis obat yang diberikan.

Dipimpin oleh Jung-Der Wang pada Institute of Occupational Medicne dan Industrial Hygiene di National Taiwan University, maka para peneliti mengeluarkan larangan terhadap berbagai produk yang mengandung mu tong.

“Selain itu juga melarang semua produk yang mengandung sedikit pun asam aristolochic. Kami merekomendasikan untuk melanjutkan pengawasan berbagai macam herbal, termasuk herbal produk China yang kemungkinan dipalsukan dengan asam aristolochic yang terkandung dalam herbal tersebut,” katanya.

Terakhir, para pasien yang mempunyai sejarah pernah mengonsumsi asam aristolochic neprophaty atau mengonsumsi mu tong atau fangch sebelum adanya larangan harus selalu dimonitor secara teratur terutama terhadap kanker saluran urin.

Makalah dalam the Journal of the National Institute tersebut telah diterbitkan oleh Oxford Univeristy Press yang dikutip Reuters.

ant/isw


Selengkapnya...

Bau badan bukan melulu mengganggu penampilan. Dalam beberapa kasus, bau badan juga bisa menjadi indikator ada yang tidak beres dalam tubuh. “Bau badan sangat dipengaruhi oleh banyak tidaknya kuman dalam tubuh. Pada orang yang sakit, jumlah kuman dalam tubuhnya cukup banyak. Nah kuman-kuman ini melalui mekanisme tubuh dikeluarkan pula melalui keringat. Hal inilah yang membuat bau badan orang sakit terasa lebih menyengat,” jelas dr Dhody S Putro MHAPhD, ahli akupuntur medik RS Panti Waluyo, Solo.

Meskipun tak setiap kasus bau badan dapat disimpulkan sebagai indikasi bahwa seseorang sedang sakit, hal ini tetap perlu mendapat perhatian. Singkat kata, bila tidak ingin memiliki bau badan menyengat, jagalah kesehatan dengan melakukan pola-pola hidup sehat. Stres rupanya juga dapat membuat bau badan lebih menyengat.

Pasalnya, saat stres, hormon-hormon kejam seperti kortisol dalam tubuh terpacu untuk lebih aktif. Hormon “jahat” ini lantas mulai bergerilya merangsang infeksi dan kuman lain dalam tubuh. Salah satunya adalah kuman yang hidup di kelenjar apocrine.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari


Selengkapnya...

Bahaya nya Bau Badan

Maksud hati ingin lebih harum, apa daya bau badan malah makin menyengat. Kalau mau jujur, sebagian besar dari kita pasti melakukan ritual khusus untuk mengenyahkan bau badan, misalnya dengan mengusapkan deodoran, bedak atau menyemprotkan parfum ke bagian tubuh yang ditengarai sebagai sumber bau.

Tahukah Anda? Ditilik dari sisi medis, ritual seperti ini tak selalu menyelesaikan masalah. Alih-alih malah bisa membuat bau badan makin menyengat. Pemakaian bedak pada ketiak misalnya, banyak ahli menyepakati bahwa ritual ini tidak tepat untuk menghilangkan bau badan. Bedak memang membuat ketiak terasa lebih kering dan nyaman. Namun hal itu tidak berlangsung lama. Setelah beraktivitas, keringat yang dihasilkan kelenjar apocrine di ketiak justru bercampur dengan sisa bedak dan menghalangi pori-pori ketiak.

Alhasil, kuman-kuman di kelenjar apocrine tak dapat keluar dan menghasilkan bau yang lebih menyengat. Lebih parah lagi, apabila sumbatan di pori-pori ini tidak segera dibersihkan, kelenjar apocrine bakal merespons dengan produktivitas yang lebih tinggi. “Sumbatan pada pori seperti ini malah membuat kelenjar apocrine lebih aktif,” jelas ahli kulit dan kelamin Rumah Sakit Islam Surakarta, Dr dr Indah Julianto SpKK.

Lantas bagaimana dengan deodoran dan parfum? Pada prinsipnya, deodoran tak menghilangkan bau badan. Deodoran hanya mengontrol produksi keringat berlebih, yang notabene dapat memperparah bau badan. Deodoran yang mengandung antiprespirant bahkan diklaim dapat mengontrol produksi keringat dalam waktu lebih lama. Sekadar untuk pertolongan pertama terhadap bau badan, pemakaian deodoran memang bisa jadi pilihan.

Namun, pada pemakaian berlebihan dan dalam waktu yang lama, deodoran justru membuat ketiak berubah warna menjadi kehitaman. Menurut Indah, warna kehitaman itu diakibatkan reaksi kimia kandungan bahan-bahan deodoran yang mengandung lilin dan menutupi pori-pori serta menyumbat ekskresi kelenjar apocrine dalam waktu lama. Akibatnya, kelenjar apocrine malah makin bergerombol dan melebar. Hal itulah yang membuat noda kehitaman dan gurat-guratan pada ketiak. “Kalau sudah menghitam seperti itu sebenarnya sulit dikembalikan seperti semula, satu-satunya cara hanya dengan operasi pengangkatan kelenjar apocrine,” tandasnya.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari


Selengkapnya...

Menghilangkan bau badan dengan operasi? Kesannya kok berlebihan ya. Tapi inilah cara ampuh dan mudah untuk menghilangkan bau badan seumur hidup. Meskipun masih terdengar cukup asing, praktik operasi untuk menghilangkan bau badan ini nyatanya sudah kerap dilakukan sejak beberapa tahun silam. Ahli kulit dan kelamin Rumah Sakit Islam Surakarta, Dr dr Indah Julianto SpKK mengaku telah aktif melakukan operasi untuk menghilangkan bau badan sejak tahun 1996 silam.

Operasi menghilangkan bau badan dilakukan dengan menghilangkan kelenjar apocrine di ketiak. Indah meyakinkan operasi ini tidak akan mengganggu kesehatan dan kinerja organ lainnya di masa mendatang karena kelenjar apocrine sebenarnya tidak memiliki fungsi vital. “Jadi penghilangan kelenjar itu sama sekali tidak masalah,” kata dia.

Meski begitu, tak sembarang dokter dapat melakukan operasi pengangkatan kelenjar apocrine yang juga dikenal sebagai operasi bromhidrosis. Posisi kelenjar apocrine yang terletak persis di atas lapisan lemak kulit merupakan tantangan terbesar bagi dokter saat melakukan operasi bromhidrosis. “Susunan syaraf di ketiak cukup kompleks, belum lagi pembuluh darahnya.

Selain itu di ketiak juga ada kelenjar limfe atau getah bening posisinya hanya beberapa milimeter di bawah lapisan lemak kulit. Bila dilakukan sembarangan oleh pihak yang kurang kompeten, operasi ini dikhawatirkan malah menyebabkan infeksi,” jelas Indah.

Secara umum, tahapan dan persiapan pasien sebelum melakukan operasi bromhidrosis tak terlalu berbeda dengan operasi lainnya. Sebelum melaksanakan operasi, pasien harus dipastikan dalam kondisi sehat dengan kerja organ vital yang normal.

Setelah itu, operasi dimulai dengan membersihkan ketiak dari rambut dan kotoran lain untuk mencegah kuman masuk selama proses operasi. Dokter, selanjutnya akan memberi tanda lokasi-lokasi kelenjar keringat apocrine dengan cara menaburkan tepung kanji dan cairan antiseptik tertentu. “Campuran tepung dan cairan antiseptik ini akan memberi batas lokasi kelenjar keringat,” katanya.

Setelah diberi tanda, dan dibersihkan kembali, proses operasi dilanjutkan dengan membuat lubang kecil sekitar dua hingga tiga milimeter untuk memasukkan alat khusus. “Sebelum melakukan operasi inti, kawasan ketiak akan harus dibuat baal terlebih dulu dengan memberi jumescent ancesthesi.”

Berikutnya barulah dokter melakukan operasi inti dengan bantuan alat khusus. Dengan alat itu kelenjar apocrine berlebih diambil dan dibersihkan dengan bantuan kuret khusus. Keseluruhan proses ini memakan waktu sekitar dua jam.



Sumber
Solopos
Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari


Selengkapnya...

Bau badan, sekilas terasa remeh. Tetapi hal ini jelas bukan masalah sepele. Betapa tidak? Bau badan yang tidak sedap sangat mengganggu pergaulan sekaligus membuat si empunya bau itu tak nyaman selama menjalankan aktivitas. Tak semua orang bermasalah dengan bau badan. Beberapa orang, meskipun doyan makan bawang terkadang malah memiliki bau badan lebih segar ketimbang orang lain.

Menurut dr Dhody S Putro MHAPhD, ahli akupuntur medik RS Panti Waluyo, kisah si bau badan sebenarnya berawal dari produktivitas kelenjar apocrine yang terletak di daerah-daerah tumbuh rambut seperti ketiak, kemaluan dan kepala. “Tubuh kita memiliki dua jenis kelenjar keringat, yaitu accrine yang menghasilkan keringat di daerah punggung, tangan, dahi dan bagian tubuh lain. Serta kelenjar apocrine yang biasanya berada di daerah-daerah tempat tumbuh rambut seperti ketiak, kemaluan atau kepala,” ungkap Dhody.

Berbeda dengan kelenjar accrine yang menghasilkan keringat bening tak berbau, maka keringat yang dihasilkan kelenjar apocrine berwarna lebih keruh, kental dan berminyak. Keringat yang dihasilkan apocrine sebenarnya tidak berbau, namun keringat keruh dan berminyak yang menempel di sekitar rambut lokasi kelenjar apocrine merupakan habitat hidup yang menyenangkan bagi kuman.

Aktivitas si kuman inilah yang selanjutnya menimbulkan bau badan. “Dengan begitu dapat dirumuskan, perlu dua variabel hingga muncul bau badan, yaitu keringat dan kuman. Meskipun keringat banyak, kalau kuman tidak ada, maka tidak muncul bau. Begitu pula sebaliknya.” Kondisi kelenjar apocrine setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang dengan ras tertentu memiliki kelenjar apocrinelebih banyak ketimbang lainnya. Bau badan tidak sedap juga dapat dipengaruhi faktor genetik, meskipun
hal ini tidak selalu terbukti.

“Yang jelas, apabila orang tua memiliki masalah bau badan, keturunannya juga berpotensi memiliki masalah serupa,” timpal Dr dr Indah Julianto SpKK, spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Islam Surakarta.

Hindari pedas
Lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk mengurangi bau badan menyengat? Hal pertama yang paling mudah dilakukan adalah menghindari makanan-makanan yang memicu produksi kelenjar appocrine dan merangsang pertumbuhan kuman dalam tubuh. Makanan pedas lebih baik dihindari. Meskipun sebenarnya tidak memiliki dampak langsung, makanan pedas membuat tubuh panas sehingga secara otomatis tubuh akan melakukan penyesuaian untuk menjaga suhu dalam tubuh dengan mengeluarkan keringat sebanyak mungkin.

Tidak berhenti sampai di situ, makanan pedas juga berpotensi mengganggu sirkulasi darah dan merangsang perkembangan kuman serta radikal bebas dalam tubuh. “Kondisi inilah yang membuat bau badan makin menyengat,” tambah Indah. Selain makanan pedas, makanan dengan bau-bau khas seperti durian, bawang, nangka, pete, jengkol, tempe busuk serta beberapa makanan mengandung protein hewani semacam daging kambing perlu dibatasi konsumsinya.

Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran segar dapat membantu menetralisasi bau badan. “Makan daun-daun seperti kemangi dapat membantu mengatasi bau badan,” kata Dhody. Konsumsi sayur dan buah perlu didukung dengan konsumsi air yang banyak, sekitar delapan hingga 12 gelas sehari. Air dapat membantu mengurangi kekentalan keringat. Selain menjaga pola makan, kebersihan juga harus diperhatikan bila Anda ingin mengenyahkan bau badan tak sedap. Mandi dua kali sehari dan rutin mengganti pakaian bakal sangat membantu meminimalisasi jumlah kuman dalam ketiak. Dengan begitu bau badan tak lagi menyengat.

Sumber
Solopos
Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari

Selengkapnya...

Duduk sepanjang hari mungkin sangat meningkatkan resiko penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup, sekalipun seseorang menambahkan dosis sedang atau giat untuk berolahraga secara rutin.

Manfaat kesehatan bagi kegiatan fisik yang mempercepat detak jantung tak diperdebatkan lagi; itu, antara lain, membantu mencegah penyakit jantung dan saluran pembuluh darah, diabetes, dan kegemukan.

Tetapi temuan ilmiah baru-baru ini juga menunjukkan bahwa kondisi tak bergerak yang berkepanjangan saat orang duduk mungkin secara independen berkaitan dengan kondisi semacam itu.

“Waktu duduk mesti didefinisikan sebagai kegiatan otot dan bukan ketiadaan olahraga,” demikian kesimpulan satu tim peneliti Swedia.

“Kami perlu mempertimbangkan bahwa kami berhadapan dengan dua prilaku yang berbeda dan dampaknya,” mereka melaporkan di Journal of Sports Medicine, Inggris.

Dengan dipimpin oleh Elin Ekblom-Bak dari Karolinska Institute di Stockholm, para ilmuwan tersebut mengusulkan “paradigma baru mengenai psikologi tak bergerak”, dan mendesak peneliti lain agar memikirkan kembali definisi gaya hidup duduk terus-menerus.

Mereka menunjuk kepada studi baru-baru ini terhadap orang dewasa Australia yang memperlihatkan bahwa setiap hari peningkatan satu jam orang duduk saat menonton televisi meningkatkan angka sindrom metabolis pada perempuan sebesar 26 persen tak peduli jumlah olahraga sedang-sampai-giat yang dilakukan.

Olahraga fisik harian selama 30 menit menurunkan resiko sebanyak jumlah persentase yang sama, sehingga menunjukkan bahwa menjadi orang yang tak menghabiskan sebagian besar waktu luangnya dengan duduk atau berbaring di dipan, misalnya, dapat menghilangkan manfaat penggunaan “treadmill” atau bersepeda.

Sindrom metabolis didefinisikan sebagai keberadaan tiga, atau lebih, faktor termasuk tekanan darah tinggi, kegemukan perut, kolesterol tinggi atau kondisi tahan insulin.

Penelitian baru diperlukan untuk melihat apakah ada hubungan sebab-akibat antara tak bergerak dan kondisi ini dan, jika benar, bagaimana cara kerjanya, kata para peneliti tersebut.

Salah satu calonnya adalah “lipoprotein lipase” –enzim yang dihasilkan di dalam sel lemak (adipocytes) dan terikat di dinding kapiler atau LPL.

Enzim tersebut memainkan peran penting dalam mengurai lemak di dalam tubuh menjadi bentuk yang bermanfaat.

Penelitian baru-baru ini memperlihatkan bahwa kegiatan LPL, pada tikus, secara mencolok turun melalui kegiatan peregangan otot sama rendahnya dengan sepersepuluh tingkat yang memungkinkan tikus berjalan.

Tingkat LPL selama kegiatan semacam itu “tak terlalu berbeda dari tingkat tikus yang terpajan pada tingkat gerak yang lebih tinggi”, kata para ilmuwan tersebut.

“Ini menekankan pentingnya kontraksi otot setempat, dan bukan kuatnya peregangan,” kata para peneliti itu sebagaimana dilaporkan kantor berita Prancis, AFP.

Semua studi itu menunjukkan bahwa orang bukan hanya perlu sering berolahraga, tapi juga menghindari duduk di satu tempat untuk waktu yang terlalu lama, kata mereka.

Berjalan kaki menaiki tangga dan bukan menggunakan lift, beristirahat selama lima menit dari meja kerja, dan berjalan ketika mungkin untuk mengantar suruhan dan bukan naik mobil sangat disarankan.


Sumber
Solopos
ant/isw

Selengkapnya...

Anak-anak yang menjadi korban perilaku seks menyimpang seperti sodomi cenderung menjadi mudah terangsang. Fenomena ini secara psikologis biasa disebut mengalami sexualization of behavior.

Demikian dikatakan Psikolog Forensik dari Universitas Bina Nusantara Jakarta, Reza Indragiri Amriel, Rabu (20/1).

Menurut Reza, anak-anak yang menjadi korban akibat terpapar pada seks usia dini kerap mengalami trauma yang wujudnya tidak selalu berbentuk perilaku dan emosi depresif atau agresif.

“Terpapar pada aksi seksual pada usia dini dapat mengakibatkan anak mengalami sexualization of behavior. Konkretnya, anak kemudian dapat dengan mudah mengasosiasikan berbagai objek dengan sensasi keterangsangan seksual,” ungkapnya.

Reza mencontohkan jika saat melihat air, anak-anak korban ini bisa jadi terangsang untuk melakukan onani atau masturbasi. Saat melihat binatang, anak jadi terpancing untuk bereksperimentasi secara seksual. “Saat stres, anak ‘mengatasinya’ dengan lagi-lagi melakukan tindakan seksual,” imbuhnya.

Sexualization of behavior, kata Reza, saat ini masih belum banyak dipahami oleh masyarakat, bahkan para profesional. “Perilaku serba-seks, betapapun demikian, tidak dapat serta-merta disimpulkan sebagai sesuatu yang sungguh-sungguh seks. Karena toh motifnya bisa saja bukan seks. Kompleks, memang,” ujarnya..

Untuk memulihkan kondisi kejiwaannya, anak-anak yang mengalami reaksi depresif, agresif, dan sexualization of behavior dapat diberikan terapi. “Treatment yang terfokus pada modifikasi kognisi-behavioral (pikiran dan perilaku). Mereka dibimbing untuk sadar akan hakekat perilaku mereka, dan secara gradual dilatih agar mampu memutus mata rantai antara syahwat dan aksi,” terang Reza.


Sumber
Jakarta– Solopos
kcm/isw

Selengkapnya...

Peringatan untuk Anda yang betah duduk berjam-jam, baik di kantor, mobil, sekolah, atau depan televisi. Para ahli mengingatkan, duduk terlalu lama, bahkan bila Anda rutin berolahraga, buruk untuk kondisi jantung.

Berbagai literatur menyebutkan, orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk berisiko menderita kegemukan, serangan jantung, bahkan mati lebih cepat.

Studi yang dilakukan peneliti dari Kanada yang mengikuti rekam jejak kesehatan 17.000 responden selama 12 tahun juga menemukan orang yang banyak duduk memiliki risiko kematian lebih besar.

Dalam jurnal kesehatan the British Journal of Sports Medicine, Elin Ekblom-Bak dari Swedish School of Sport and Health Sciences menyarankan agar para pakar kesehatan tidak hanya menganjurkan masyarakat untuk aktif berolahraga, tapi juga membatasi waktu duduk mereka.

“Setelah duduk selama empat jam, tubuh akan mengirimkan sinyal berbahaya,” kata Ekblom-Bam. Ia menjelaskan, gen yang mengatur glukosa dan lemak di tubuh mulai berhenti bekerja.

Para ahli mengingatkan, bahaya duduk kelewat lama bisa menimpa siapa saja, termasuk orang yang aktif berolahraga. Tim Armstrong, pakar olahraga dari WHO, mengatakan, aktivitas fisik akan mendatangkan manfaat lebih besar bila dilakukan secara merata sepanjang hari ketimbang dilakukan pada satu waktu tertentu.

“Saat Anda berada di kantor, berusahalah untuk banyak bergerak. Alih-alih berbicara lewat telepon, bangun dan hampiri rekan kerja Anda di bagian lain. Intinya, jangan malas bergerak,” saran Ekblom-Bak.

Sumber
Jakarta-- Solopos
kcm/isw


Selengkapnya...

Beberapa ilmuwan Yunani baru-baru ini menyerukan kajian lebih lanjut mengenai keamanan rokok elektronik, dan mengatakan pengetahuan ilmiah mengenai benda itu “sangat terbatas”.

Rokok elektronik, atau yang dikenal dengan sebutan e-cigarette, pertama kali dibuat di China dan dijual kebanyakan melalui Internet.

Rokok itu adalah peralatan yang bertenaga baterei yang mengeluarkan “hembusan” atau asap nikotin yang tak berbahaya ke dalam paru-paru dan dimaksudkan untuk menggantikan rokok normal serta membantu perokok menghentikan kebiasaan mereka.

Produk tersebut menjadi pusat pergolakan hukum di Amerika Serikat antara pembuatnya dan Badan Obat dan Makanan AS (FDA), yang mengatur obat dan ingin menghentikan rokok elektronik diimpor ke AS.

FDA, yang melakukan penelitian mengenai rokok elektronik itu, telah menyampaikan keprihatinan mengenai keamanannya, dan beberapa tim dari Yunani serta Selandia Baru juga telah melakukan kajian mengenai rokok elektronik tersebut.

Tetapi penafsiran dari ketiga laporan itu beragam. Kajian Selandia Baru menyatakan rokok elektronik mesti disarankan karena lebih aman ketimbang rokok tembakau, dan studi Yunani berbicara mengenai sikap yang lebih netral.

“Keterangan terbatas yang diberikan di dalam ketiga laporan ini merupakan semua pengetahuan yang saat ini kami miliki mengenai e-cigarette,” tulis Andreas Flouris dan Dimitris Oikonomou, dari Institute of Human Performance and Rehabilitation di Yunani, di British Medical Journal.

“Ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa pergolakan antara FDA dan pembuat rokok elektronik telah berlangsung demikian sengit,” katanya.

Seorang hakim AS pekan lalu mengeluarkan putusan yang melarang pemerintah Presiden AS Barack Obama berusaha melarang import rokok elektronik, dan mengatakan tindakan itu adalah bagian dari “upaya agresif” oleh FDA untuk mengatur “produk tembakau untuk kesenangan”.

Tembakau adalah penyebab utama kematian yang dapat dicegah di dunia, dan menewaskan lebih dari 5 juta orang per tahun. Satu laporan oleh Yayasan Paru-Paru Dunia, Agustus lalu, menyatakan merokok dapat membunuh satu miliar orang pada abad ini jika kecenderungan itu berlanjut.

Flouris dan Oikonomou mengatakan meskipun “strategi merokok pilihan selalu disambut baik dalam upaya mengurangi ancaman terhadap kesehatan masyarakat” yang disebabkan oleh tembakau, keamanan juga penting.

“Analisis kimia yang lebih aktif diperlukan, lalu diikuti oleh penelitian luas yang melibatkan kajian terhadap hewan dan, akhirnya, percobaan klinik pada manusia,” tulis mereka.


London–
ant/isw

Selengkapnya...

Belanja bisa picu depresi

Saat memasuki sebuah toko, Anda biasanya dihadapkan dengan banyak pilihan produk. Namun, kondisi ini seringkali justru membuat Anda merasa bingung untuk memilih produk yang tepat. Apalagi saat berada di sebuah pusat perbelanjaan besar.

Bahkan tak hanya bingung, banyaknya pilihan saat berbelanja juga dapat memicu depresi.

“Kebingungan bisa membuat seseorang menderita. Penderitaan itu didasari karena rasa ketakutan membuat pilihan yang salah. Ketika salah memilih maka bisa memicu timbulnya rasa penyesalan,” kata Profesor Hazel Rose Marcus, psikolog dari Stanford-University, Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman Daily Mail.

Menurut Marcus, depresi saat berbelanja bisa muncul akibat akumulasi kebingungan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, seseorang tidak hanya dihadapkan pada banyak pilihan saat berbelanja. Tetapi juga aspek kehidupan lainnya seperti karir dan percintaan. Ketidakpastian dan ketakutan membuat pilihan yang salah inilah yang kemudian bisa berakumulasi dan membuat depresi.

Memiliki banyak pilihan memang baik. Tetapi terlalu banyak pilihan, membuat orang cenderung mengalami kesulitan dan ketakutan. Menurut Marcus, dampaknya selanjutnya bisa depresi ringan atau dampak jangka panjang bisa menimbulkan rasa nyeri di kepala.

vivanews/fid


Selengkapnya...

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan sedikitnya empat jenis bahan makanan berbahaya dalam jajanan anak. Pengawasan ini dilakukan di 150 sekolah dasar yang berada di Jakarta.

“Penemuan bermula dari kegiatan pengawasan dengan menggunakan pengambilan sampel makanan jajanan anak sekolah yang ada di warung atau kantin di sekolah dasar. Disimpulkan 30 persen makanan jajanan anak sekolah mengandung bahan berbahaya” ujar Kepala BPOM RI, Kustantinah di kantor BPOM, Jl. Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Jumat (12/2) seperti dilansir VIVANews.com.

Empat bahan tersebut adalah:

1. Formalin
Formalin merupakan larutan yang biasa digunakan sebagai bahan perekat kayu dan disinfektan untuk peralatan rumah sakit serta untuk pengawet mayat.

Bahan ini biasa disalahgunakan untuk makanan jenis mie basah, tahu, baso dan ikan agar lebih awet. Ciri-ciri umum pangan mengandung formalin adalah pangan tersebut tidak rusak sampai dua hari pada suhu 25 derajat celcius dan bertahan lebih dari 15 hari.

2. Boraks
Borak merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan untuk bahan pembuat deterjen dan antiseptik.

Bahan ini biasa disalahgunakan untuk makanan jenis mie, baso, kerupuk dan lontong agar lebih awet. Ciri-ciri umum pangan mengandung Boraks adalah pangan tersebut memiliki tekstur kenyal.

3. Rhodamin B
Rhodamin B merupakan pewarna sintetis berbentuk serbuk kristal warna merah yang biasa digunakan untuk industri tekstil dan kertas.

Bahan ini biasa disalahgunakan untuk pewarna makanan jenis es puter, kerupuk dan jajanan berwarna merah. Ciri-ciri umum pangan mengandung Rhodamin B adalah pangan tersebut memiliki warna merah mencolok dan cenderung berpendar dengan titik warna yang tidak homogen.

4. Methanil Yellow
Methanil Yellow adalah zat pewarna sintetis yang biasa digunakan untuk pewarna tekstil dan cat.

Bahan ini biasa disalahgunakan untuk pewarna krupuk dan jajanan berwarna kuning. Ciri-ciri umum pangan mengandung Methanil Yellow adalah pangan tersebut memiliki warna kuning mencolok dan cenderung berpendar dengan titik warna yang tidak homogen.


Sumber
Jakarta--
isw

Selengkapnya...

Mata kita bekerja seperti sebuah kamera. Pupil mata akan mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Kornea dan lensa memfokuskan cahaya pada retina. Retina adalah lapisan syaraf yang peka terhadap cahaya yang melapisi dinding mata bagian dalam. Gambar yang didapatkan oleh retina akan dikirimkan ke otak melalui syaraf optik.

Vitreus adalah cairan bening seperti jelly yang mengisi sekitar dua per tiga dari volume mata. Vitreus terdiri dari 99% air dan sisanya adalah serat collagen, dan protein. Vitreus melekat erat pada beberapa tempat di retina, dan hal ini yang dapat menimbulkan masalah pada keadaan tertentu. Bagian putih yang menyelubungi mata disebut sclera.

Vitrektomi adalah operasi untuk menghilangkan badan kaca atau vitreus (jelly bening seperti kaca) dari dalam bola mata.

Vitrektomi merupakan operasi mikro yang dilakukan di ruang operasi. Pembiusan dapat dilakukan lokal atau umum. Untuk prosedur yang lebih rumit, pembiusan umum lebih disukai. Dua atau tiga sayatan tipis pada sclera akan dibuat agar beberapa alat yang kecil dapat diselipkan ke mata seperti lampu fibreoptik, pemotong vitreus, gunting halus, dan alat laser. Cairan vitreus akan digantikan bahan lain seperti larutan garam yang mirip dengan carian tubuh, udara atau gas. Cairan vitreus tidak akan terbentuk lagi dan mata dapat berfungsi tanpa vitreus.

Pada akhir operasi sayatan tadi akan dijahit kembali dan akan sembuh perlahan-lahan.
Operasi terdiri dari pengangkatan vitreus dan mengupas jaringan parut dari permukaan retina. Ini adalah operasi yang halus. Operasi ini dilakukan bila penglihatan betul-betul tergangu atau distorsi menggangu penglihatan mata yang sehat.

Selengkapnya...

Friday, 19 February 2010

Lipstik sudah menjadi bagian perlengkapan kecantikan wanita yang dipakai setiap hari dan di berbagai kesempatan. Namun sebaiknya Anda mulai memperhatikan kandungan lipstik yang Anda pakai. Para peneliti dari Universitas Sao Paulo Brazil menemukan lipstik berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Mereka mendapati banyak produk bibir yang mengandung parafin keras, suatu zat yang merusak enamel gigi.

Produk makeup lipstik sebenarnya menggunakan parafin dalam jumlah kecil. "Tetapi, jika dipakai secara teratur, bahan parafin bisa menyebabkan karies gigi," terang kepala kelompok riset, Antonio Habier.

Parafin akan menempel pada permukaan gigi, dan merekatkan partikel-partikel makanan yang sangat kecil, sehingga menciptakan tempat berkembang biak dan reproduksi bakteri penyebab infeksi. Anda hanya dapat menghapus sisa parafin dengan berulang kali menggosok gigi.

Penggunaan lipstik secara teratur akan membuat lebih banyak infeksi bakteri dan membuat terjadinya celah-celah kecil di enamel. Celah-celah tersebut tak dapat terlihat oleh mata. Anda juga tidak akan menyadari adanya proses pembusukan hingga Anda melihat ada rongga besar di gigi.

Sehingga para ahli merekomendasikan wanita yang sering memulas bibir dengan lipstik untuk menyediakan lebih banyak perlindungan untuk gigi mereka.


Sumber
VIVAnews -

Selengkapnya...

Efek dari insomnia tidak hanya membuat tubuh Anda lemas dan kurang fit karena kurang tidur tetapi juga bisa menyusutkan otak. Untuk pertama kalinya, berdasarkan pencitraan otak, diketahui ada hubungan antara insomnia kronis dengan menurunnya kepadatan materi abu-abu di daerah yang mengatur kemampuan otak untuk membuat keputusan dan beristirahat.

"Penemuan memprediksi penderita insomnia kronis kemungkinan harus berkompromi dengan kemampuan untuk mengevaluasi nilai afektif rangsangan," kata Ellemarijie Altena, kepala peneliti dari Netherlands Institute for Neuroscience, seperti VIVAnews kutip dari MSNBC.

"Hal ini merupakan konsekuensi dari proses kognitif khususnya pembuatan keputusan di otak," jelas Altena.

Penelitian yang dipublikasi dalam "Journal Biological Psychiatry" ini, membandingkan volume area putih dan abu-abu pada 24 orang tua, yang 13 diantaranya tidur normal. Penderita insomnia parah menunjukkan kepadatan volume area abu-abu yang berkurang.

"Kita tidak dapat mengatakan apa yang terjadi terlebih dahulu. Kepadatan area abu-abu memang lebih rendah pada penderita insomnia, tetapi (data) menunjukkan bahwa kepadatan yang rendah pada orbitofrontal abu-abu mungkin merupakan faktor risiko kecenderungan seseorang mengalami insomnia," jelas Altena.

Penelitian ini baru memfokuskan pada orang tua dan bukan pada berbagai usia. Menurut peneliti, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara detail apakah menyusutnya otak karena insomnia terjadi pada berbagai usia.

Insomnia sebelumnya memang diketahui mengganggu fungsi otak dan tingkah laku. Hal ini karena tidur merupakan saat penting untuk otak beristirahat dan memulihkan kondisi. Jika Anda mengalami kesulitan tidur selama berhari-hari sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Sumber
VIVAnews -
Selengkapnya...

;;