Thursday 11 November 2010

Ketagihan Udang Lima Rasa


Perpaduan aneka rempah dan bumbu masakan sukses menghasilkan sajian udang yang menggoda dengan sensasi lima rasa: gurih, manis, pedas, teri, dan terasi. Sang koki menyebutnya 'udang lima rasa'.

Sajian itu akan memanjakan lidah penikmat wisata kuliner yang bertandang ke Bali. Di tengah berbagai variasi makanan laut yang ada, 'udang lima rasa' bisa dicicip di Rumah Makan Mawar Saron, Jalan Teuku Umar Barat, Denpasar.

"Rasa pedasnya hangat karena dihasilkan dari jahe, bukan pedas cabai. Ada nuansa China dan Melayu di udang ini. Melayu didapat dari blacan (terasi)," ujar kata Ketut Sutapa, pengelola rumah makan tersebut.

Dalam balutan tepung bumbu, udang diolah bersama bumbu halus dan sejumlah sayuran seperti wortel, paprika, bawang merah, dan cabe merah. Bumbu halus terdiri dari bawang bombay, jahe, cabe merah, campuran terasi serta teri Medan.

Selain rasanya yang sensasional, tampilan udang lima rasa ini tampak memikat dalam wadah saji berupa mangkok yang terbuat dari jalinan mi kriting. "Mangkuknya bisa jadi kerupuk. Kami juga menambahkan taburan irisan-irisan kacang mete untuk menambah rasa gurih," katanya.

Endah, salah seorang penikmat udang lima rasa ini mengaku tak tertipu dengan nama yang ditawarkan. "Saya memang baru pertama kali mencobanya, rasanya beragam sesuai namanya. Dan ketika digigit, tekstur udang inilah yang sangat menggoda saya," ujarnya.

Demi menikmati seporsi udang lima rasa, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp63 ribu. Seporsi cukup untuk dua orang. Selamat mencoba!

Laporan : Peni Widarti| Bali


Sumber
VIVAnews


Website yang berhubungan :
Info Teknologi
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: