Friday 21 May 2010

Sebanyak 12 negara mengikuti Konferensi Hukum Kesehatan Asia Pasifik I (1st Asia Pacific Conference on Health Law) di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), 19-22 Mei 2010. Ke-12 negara itu antara lain dari Malaysia, Jepang, Korea, Hongkong, Filipina, China, Singapura, dan Indonesia.

Konferensi tersebut dibuka Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM Prof DR Ahmad Ramli di Manado, Rabu (19/5/2010) kemarin, mewakili Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Patrialis Akbar.

Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar dalam sambutannya yang dibacakan Ahmad Ramli mengatakan, konferensi ini sangat penting artinya di tengah kebutuhan perlindungan kesehatan bagi masyarakat yang saat ini menghadapi berbagai macam ancaman penyakit yang sedang melanda dunia saat ini.

"Dengan konferensi ini diharapkan akan tumbuh kesadaran dan solidaritas internasional terhadap pengembangan hukum kesehatan di masing-masing negara untuk memberikan kepastian pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat," katanya.

Gubernur Sulut Sinyo Sarundajang mengharapkan dari Kota Manado ini akan lahir konsepsi brilian yang akan dijadikan pedoman bagi pengembangan hukum kesehatan, terutama dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang prima, tetapi terjangkau oleh masyarakat.

"Kesemuanya ini akan memberikan manfaat sangat berarti bagi kehidupan masyarakat dunia yang lebih sehat serta lingkungan yang lebih baik, dan akan memungkinkan semua negara melakukan pembangunan menuju masyarakat lebih sejahtera," katanya.

Sarundajang mengatakan berterima kasih dengan dijadikan Sulut selaku tuan rumah pelaksana konferensi yang sangat penting tersebut. Dipilihnya Sulut sangat beralasan karena Sulawesi Utara yang terletak di bibir Pasifik merupakan pintu masuk Indonesia sebelah utara dari Asia Pasifik.

"Provinsi Sulut juga telah memiliki pengalaman melalui keberhasilan menyelenggarakan dengan sukses tiga kegiatan internasional, masing-masing World Ocean Conference (WOC), Coral Triangle Initiative (CTI) Summit, dan Sail Bunaken," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Jery Tambun mengatakan, dalam konferensi tersebut terdapat sekitar 105 pembicara. "Dalam konferensi tersebut ada sejumlah topik yang dibicarakan, antara lain, terkait hukum kesehatan dan lingkungan," katanya.



Sumber
MANADO, KOMPAS.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: