Sunday 16 May 2010


Sekitar 1,2 juta jiwa penduduk di Provinsi Aceh memperoleh asuransi kesehatan dalam program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) yang akan diluncurkan Juni 2010.

"Insya Allah program JKA kita luncurkan Juni 2010, dan masyarakat Aceh akan menikmati fasilitas kesehatan secara gratis," kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di Banda Aceh, Rabu (12/5/2010) kemarin.

Di sela-sela pertemuan dengan Komisaris PT (Persero) Askes, Dr. Farid Husein, gubernur menjelaskan masyarakat Aceh hanya perlu memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga saat hendak berobat gratis di rumah sakit.

Dana untuk mendukung program JKA itu sebesar Rp 241 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA). Pemerintah Aceh menunjuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Askes sebagai mitra dalam program JKA tersebut.

"Dalam hal skala serta dana yang dipersiapkan, program JKA merupakan satu-satunya program jaminan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat semesta (universal coverage) yang pertama di Indonesia," kata Irwandi Yusuf.

Ia berharap program JKA dapat berjalan baik, dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia. Pemerintah Aceh akan mengundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk meluncurkan program JKA tersebut.

Komisaris PT Askes Farid Husein menyebutkan kesiapan perusahaannya sebagai penyelenggara program JKA di Aceh. "Kami akan membantu Pemerintah Aceh untuk dapat mewujudkan pelayanan berkualitas dengan harga terkendali. Bukan fasilitas kesehatan pemerintah saja tapi juga fasilitas swasta," katanya.

PT Askes akan mengusahakan mekanisme pengawasan pelayanan kesehatan yang baik, karena dengan pelayanan terkontrol, maka kualitas dapat ditingkatkan.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh M Yani menjelaskan, masyarakat yang masuk dalam program JKA itu mereka yang tidak masuk pada layanan Askes, Jamsostek dan Jamkesmas.

"Masyarakat yang belum tertampung dalam program Askes, dan Jamsostek itu menjadi fokus utama kita," kata Yani.

Ia menjelaskan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat melalui program JKA mencakup semua jenis pelayanan kesehatan, kecuali bidang kosmetik (operasi plastik).



Sumber
BANDA ACEH, KOMPAS.com


Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: