Tuesday 11 May 2010

Astaga! Tiap 1 Jam, 2 Ibu Meninggal


Apakah Anda mengetahui berapa jumlah kematian ibu saat melahirkan? Indonesia mencatat angka yang luar biasa. Bayangkan saja, setiap satu jam, dua ibu meninggal saat melahirkan.

"Penyebab langsung terbesar kematian ibu adalah pendarahan," kata Ketua Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Pandi MPH saat melakukan aksi bersama Kongres Wanita Indonesia (Kowani) bertema "Stop Kematian Ibu" di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (9/5/2010).

APPI merupakan sebuah organisasi yang menaruh perhatian besar terhadap kematian ibu dan bayi. Menurut Pandi, aksi ini untuk membangkitkan kepedulian masyarakat untuk mengurangi kematian ibu dan bayi.

Pandi mengatakan, jumlah kematian ibu mencapai 228 per 100.000 kelahiran hidup pada 2009. Jumlah ini mengalami penurunan signifikan dibandingkan pada tahun 2007 yang jumlah kematian ibu mencapai 307 per 100.000 kelahiran hidup. "Di seluruh dunia, setiap satu menit terdapat satu ibu meninggal. Afrika menjadi negara yang paling tinggi," terang Pandi.

"Sementara di Indonesia, tingkat kematian ibu cukup tinggi terdapat di Provinsi Jawa Barat, Papua Barat, dan Kalimantan Barat," tambahnya.

Selain pendarahan, Pandi mengungkapkan, kematian ibu disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu terlalu muda, terlalu tua, terlalu banyak anak, dan terlalu sering melahirkan. "Penyebab tidak langsung lainnya adalah terlambat mengambil keputusan, terlambat transportasi, dan terlambat penanganan," tegasnya.



Sumber
JAKARTA, KOMPAS.com

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: