Wednesday 16 September 2009

New York (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama pada hari Senin memperingatkan perusahaan-perusahaan keuangan di Wall Street untuk tidak menyia-nyiakan kepercayaan publik dengan pembayaran bonus besar yang menguntungkan eksekutif puncak untuk kenaikan "jangka pendek".

Obama mengatakan sistem keuangan yang rusak mulai stabil setelah Lehman Brothers ambruk setahun yang lalu memicu krisis global, namun mengatakan ada tanda-tanda berbahaya puas dalam sistem keuangan AS.

"Sayangnya ada beberapa di industri keuangan yang membaca momen ini, bukannya mempelajari pelajaran dari Lehman dan krisis yang masih dalam pemulihan, mereka memilih untuk mengabaikan pelajaran ini. Saya yakin mereka melakukannya tidak hanya pada risiko mereka sendiri tetapi pada bangsa kita," kata Presiden dalam
pidato di Federal Hall, sebuah bangunan bersejarah di dekat New York Stock Exchange.

"Jadi saya ingin mereka mendengar kata-kata saya: Kami tidak akan kembali ke hari-hari berperilaku ceroboh dan tak terkendali di jantung krisis ini, dimana terlalu banyak yang termotivasi hanya oleh nafsu untuk membunuh dan mengembungkan bonus dengan cepat," katanya.

"Orang-orang di Wall Street tidak dapat melanjutkan mengambil risiko tanpa memperhatikan konsekuensi dan berharap bahwa waktu berikutnya pembayar pajak Amerika akan ada untuk menghentikan kejatuhan mereka."

Obama mendesak para eksekutif senior Wall Street untuk mempromosikan sebuah budaya baru tanggung jawab dalam perusahaan mereka, sebelum menyetujui pembayaran bonus besar.

Obama juga terus- terang mengatakan bahwa perusahaan tidak harus menunggu sampai Kongres meloloskan perundang-undangan yang memaksa mereka untuk melakukan hal yang benar untuk mengekang kompensasi setinggi langit yang disalahkan untuk mendorong pengambilan risiko yang berlebihan.

"Anda tidak perlu menunggu undang-undang untuk menempatkan Anda bonus 2009 eksekutif senior Anda naik untuk suara pemegang saham.

"Anda tidak perlu menunggu undang-undang untuk merombak sistem membayar anda sehingga orang-orang dihadiahi karena kinerja jangka panjang daripada keuntungan jangka pendek," katanya.

Di Amerika Serikat, bank-bank Wall Street diselamatkan dalam krisis keuangan tahun 2008 terlepas dari kinerja mereka, menurut laporan oleh Jaksa Agung New York Andrew Cuomo.

Dan laporan menemukan bahwa beberapa bank yang ditalangi oleh pemerintah AS, membayar bonus eksekutif lebih tinggi dari seluruh keuntungan perusahaan tahun lalu.

Bonus eksekutif telah membangkitkan kemarahan publik dan merupakan isu flashpoint untuk para pemimpin G20 untuk diatasi pada pertemuan puncak di Pittsburgh minggu depan.

Jerman dan Perancis, ekonomi terkemuka di Eropa, yang melobi untuk memperketat batas kompensasi eksekutif.

Pada Senin, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy memperingatkan melalui juru bicaranya bahwa dia akan berjalan keluar dari pertemuan G20 di AS jika tidak ada kemajuan yang dicapai pada pengekangan bonus bankir.

"Harus ada kesepakatan absolut untuk membuat perubahan dan hal-hal presiden adalah mutlak menentukan skor itu," kata Claude Gueant, yang sekretaris jenderal Elysee, di radio RTL.

Usulan Sarkozy untuk pembatasan bonus bankir telah memenangkan dukungan di Uni Eropa tetapi Inggris dan Amerika Serikat telah menyuarakan keberatan.

Pemerintahan Demokrat Obama telah mendorong Kongres, dikendalikan oleh partainya, untuk meluluskan undang-undang yang akan memberi pemegang saham peranan kunci dalam pengaturan perundang-undangan secara keseluruhan.

Anggota Kongres Barney Frank, yang mengepalai komite jasa keuangan DPR, telah mengusulkan sistem "say-on-pay" oleh pemegang saham mirip yang dilakukan di Inggris.(*)

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: