Tuesday 1 September 2009

" Hal Yang dihindari dalam Berteman "


KOMPAS.com — Pernah punya pengalaman dengan teman yang tampaknya pembicara ulung, tapi ternyata tidak paham bahwa omongan itu menusuk hati seseorang? Lidah bisa jadi alat yang amat menyakitkan.

Perkataan salah bisa menusuk dalam dan membekas di hati dan pikiran. Apalagi bila berkaitan dengan fisik. Anda pasti sudah tahu, hal semacam ini amat tabu dan tidak boleh dibicarakan di depan orang banyak, apalagi dari mulut pria ke seorang wanita. Tak mau menjadi orang yang salah berkata di depan teman? Hindari perkataan-perkataan berikut:

"Kamu kelihatan kelelahan/kecapekan/kurang tidur/kuyu” atau “Mukamu berminyak sekali!"
Kata-kata ini, yang menuduh dan menjatuhkan, apalagi di depan orang banyak akan membuat yang disapa merasa amat jelek. Ini sama dengan mencari musuh. Anda lebih baik katakan, "Kamu baik-baik saja?"

"Wah, kamu kurusan!"
Untuk sebagian orang, yang tak terlalu berusaha menurunkan berat badan, tapi terlihat agak kurus akan terdengar, "Wah, kamu dulu gemuk dan tidak menarik!" Daripada membuat marah, lebih aman katakan, "Kamu cantik sekali!" Sudah, tidak usah diperpanjang. Jika benar-benar penasaran tentang cara dia bisa begitu langsing, Anda bisa bertanya ketika sudah sepi, tidak di depan orang lain, "Apa rahasianya?"

"Untuk orang seusiamu, kamu terlihat menarik"
Sapaan ini sangat kasar, karena bisa diartikan, "Kamu terlihat cukup cantik, dibandingkan dengan orangtua seusiamu." Padahal, jika Anda mengatakan, "Kamu terlihat cantik," saja sudah memuji.

"Saya enggak mungkin bisa pakai itu"
Kata-kata ini bisa disalahartikan sebagai kritikan, meski Anda bernada memuji. Orang yang dituju bisa mengartikannya, "Saya enggak mungkin bisa pakai itu, karena itu sangat jelek." Jika Anda mau memuji, katakan langsung dan tepat, seperti, "Kamu bagus, deh, pakai celana skinny jeans itu." Jika pun sudah kebablasan, Anda bisa menambahkan di belakang, misal, "Saya enggak mungkin pakai itu, karena saya enggak diberkati dengan kaki jenjang seperti kamu."

Perlu diingat, kata-kata yang berkaitan langsung dengan fisik bisa sangat menusuk hati orang yang dituju, apalagi wanita. Pria sangat tidak diharapkan untuk bicara tentang bentuk fisik wanita. Ada pepatah, "Jika Anda tak bisa mengatakan hal yang baik tentang orang lain, sebaiknya tutup saja mulut Anda." Lebih baik punya banyak teman karena Anda bisa menjaga mulut daripada punya banyak musuh karena salah bicara, kan?

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: