Friday, 28 August 2009

" Manfaat Teh Hijau "


KOMPAS.com - Sadarkah Anda, bahwa berbagai menu makanan dan bahan kosmetika saat ini sudah diperkaya dengan teh hijau? Bila Anda pernah menikmati Green Tea Frappuccino, atau luluran dengan krim green tea yang wangi, Anda tentu akan langsung mengingatnya.

Banyak produsen makanan dan minuman serta kosmetik yang kini makin menyadari manfaat teh hijau bagi manusia. Dahulu Anda mungkin hanya mengenalnya sebagai minuman pelangsing. Namun teh hijau ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan lainnya. Bila mungkin Anda belum mengetahuinya, atau malah sudah lupa, artikel ini bisa menjadi pengingat.

1. Mengurangi risiko kanker

Kandungan polyphenols -bahan antioksidan di dalam teh hijau- membantu menjaga agar sel-sel kanker tidak bercokol di dalam tubuh. Caranya dengan mencegah pertumbuhan mereka, lalu memberantas produksi pembuluh darah baru yang dibutuhkan tumor untuk tumbuh. Berbagai studi mendapati bahwa orang-orang yang minum teh hijau secara teratur akan mengurangi risiko kanker payudara, usus besar, prostat, perut, dan kerongkongan.

2. Menenangkan kulit

Jika kulit Anda tergores atau lecet, ambil sisa teh hijau Anda. Celupkan cotton bud atau sedikit kapas ke dalam teh hijau, lalu oleskan ke bagian yang luka. Teh adalah bahan antiseptik alami yang akan menghilangkan rasa gatal atau bengkak. Coba juga pada kulit yang meradang, terbakar sinar matahari, atau kelopak mata yang membengkak.

3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
Anda mulai sering melihat teh hijau dijadikan bahan-bahan kosmetika seperti sunscreen, pelembab, dan krim untuk lulur atau creambath? Hasil uji laboratorium memang membuktikan bahwa teh hijau yang diaplikasikan langsung ke kulit (atau dikonsumsi) dapat membantu mencegah kanker kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

4. Menjadi tekanan darah tetap normal

Tekanan darah yang normal atau sehat adalah di kisaran 120/80 atau di bawahnya. Untuk menjaganya agar tetap di batas normal, biasakan minum teh hijau (setengah cangkir saja) untuk mengurangi risiko hipertensi hingga 50 persen. Bahan yang memiliki manfaat untuk itu adalah polyphenols (terutama yang dikenal sebagai ECGC). Polyphenols membantu menjaga pembuluh darah berkontraksi dan meningkatkan tekanan darah.

5. Melindungi memori
Manfaat lain teh hijau adalah menjaga kesehatan otak. Orang dewasa yang rutin mengonsumsi dua cangkir teh hijau sehari akan mengurangi risiko masalah kognitif hingga setengahnya, daripada yang mengonsumsinya lebih sedikit. Seperti telah diketahui tadi, teh memiliki kandungan antioksidan tinggi yang akan memerangi perusakan saraf-saraf otak akibat radikal bebas. Perusakan inilah yang mengakibatkan penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson.

6. Tetap awet muda

Semakin muda dan sehat pembuluh nadi, Anda juga semakin sehat dan muda. Cegahlah agar plak tidak tumbuh di dalam pembuluh darah Anda. Bila dibiarkan, plak akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, menimbulkan terjadinya penuaan dini, serta menghisap energi Anda. Untuk itu Anda perlu mengonsumsi sekitar 280 gram teh hijau sehari, yang juga akan menghalangi tubuh dari penyerapan pembuluh nadi yang tersumbat lemak dan kolesterol.

7. Menurunkan berat badan

Teh hijau akan bekerja mempercepat proses pembakaran kalori di tubuh Anda. Bukankah ini manfaat teh hijau yang paling diinginkan?



Artikel Yang Berhubungan



6 comments:

Lita Alifah said...

wah..waaaahhh....aku pengen tu hehehe pengen langsing, pengen sehat pengen semua deh, jadi minum teh dulu ya? emmm aku ndak begitu suka teh ^_^

Macam2 Tips said...

mantap ni info nya,aku juga mbahas soal teh,koment balik ya...

Blog Joker said...

kalo joker manfaat nya apa ya?Insya Allah blog Joker terus semangat berbagi yang bermanfaat buat temen2 Joker semua

ganool said...

bicara teh jadi inget sama putri,dia suka bgt minum teh,,..
anehnya dia suka teh yg gak pake gula,...dah kayak jamu rasanya,,,

http://ganool.blogspot.com

Koki Sanjaya n Qoqi Rakib said...

Wahh nice info,, bisa ga yah dibuat untuk masakan,, saya lagi mau eksperimen nih

Anonymous said...

excessive car honda dealer billings montana car finance calcualtor car leno car trim repairs