Wednesday, 19 August 2009


INILAH.COM, Jakarta - Saat Sang Merah Putih dinaikkan dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan, peserta upacara akan langsung mengambil sikap tubuh hormat. Namun di Kantor DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri menjadi satu-satunya peserta upacara yang tidak mengangkat tangannya saat bendera dikibarkan. Mengapa?

Mega yang tak hadir pada upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka memilih mengikuti upacara yang dipimpin anaknya sendiri Puan Maharani di halaman Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (17/8). Upacara itu dihadiri pengurus PDIP dari tingkat pusat sampai tingkat cabang.



Saat bendera merah putih dinaikkan dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan, Mega tampak berdiri tegak dengan lengan tetap dalam posisi siap. Sampai pengibaran bendera selesai, Mega yang berdiri disamping suaminya, Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufik Kemas masih tak mengambil sikap hormat seperti halnya peserta upacara lainnya.

Meski demikian, Mega membantah dirinya tidak menghormati Sang Merah Putih. "Oh tidak. Itu tergantung masalahnya. Saya tahu aturan kok," tandas Mega.

Menurut Mega, dalam upacara bendera ada dua aturan tentang penghormatan. Bagi peserta yang memakai topi memang diwajibkan memberikan hormat saat bendera dinaikan. Namun yang tidak menggunakan topi bisa mengambil sikap tubuh hormat dan bisa juga tidak hormat.

"Saya memilih yang lebih baik tegak saja," cetusnya.

Mega pun menegaskan, peringatan hari kemerdekaan bisa dilakukan dimana saja. Itu sebabnya, dirinya tak mengikuti upacara di Istana Merdeka.

"Saya mengatakan itu kan hanya undangan, jadi bisa di mana saja. Karena di sini juga mengadakan acara, jadi saya lebih memberatkan di sini. Di sana kan sudah banyak orang yang datang. Kan kalau di sini tentunya yang banyak datang orang PDIP," ujarnya. [win/fiq]

http://www.inilah.com/berita/politik/2009/08/17/143095/mega-tak-hormat-saat-bendera-dikibarkan/

Artikel Yang Berhubungan



4 comments:

Blog Joker said...

wah kacau tuh mega,padahal pengen jadi presiden,mantan presiden lagi tapi ma bendere negara sendiri aja ga mau hormat gimana rakyatnya bisa hormat,,,

Randy Kurniawan ^o^ said...

waduhh waduh.. saya ga tau dah mau komentar apa ..

narti said...

waduh...gk komen aja deh....

AKHLAQUL KARIMAH said...

Ibu mega udah bener kok... memang aturannya begitu... presiden atau mantan presiden ya.. tinggal pilih cara hormat benderanya, kalau yang ga pake topi mau cape.. ya angkat tangan... gitu aja repot...
Jadi orang yang adil dong...