Saturday, 8 August 2009

" Tips Sukses "


MERAIH SUKSES TAK SEPERTI MENDAPAT DURIAN RUNTUH. PERLU USAHA YANG KERAS UNTUK MERAIHNYABerikut
ini ada 9 strategi yang harus dilakukan oleh para wanita bekerja untuk memajukan kariernya!
1. Ikuti Seminar Dan Pelatihan
Pendidikan merupakan senjata rahasia paling kuat bagi wanita, yang telah dipersiapkan paling tidak selama 10 tahun terakhir ini. Penelitian juga memperlihatkan, wanita lebih mempersiapkan diri dengan mengikuti sejumlah pendidikan dan pelatihan.Wanita tak ragu mengikuti seminar- seminar dan memilih bekerja di perusahaan- perusahaan yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan program pelatihan dan pengembangan profesi. Lihat saja, saat ini kita sedang menghadapi dunia dimana para wanita mulai menggeser minat atau posisi kerja yang biasanya didominasi kaum pria.
2. Jelajahi Dunia Internet
Berdasarkan penelitian, peringkat wanita lebih tinggi daripada pria tak hanya dalam meraih pendidikan saja, tapi juga dalam penggunaan internet.Wanita menghabiskan waktunya lebih sedikit untuk browsing, karena ia tahu apa yang ia cari. Wanita memanfaatkan sejumlah besar informasi yang ada di internet dan tetap bisa berinovasi melalui dominasi internet, serta memanfaatkan kesempatan belajar online.
3. Komunikasi Dan Keterampilan
InterpersonalSejumlah penelitian memperlihatkan perbedaan interpersonal serta cara berkomunikasi antara pria dan wanita. Cara berkomunikasi wanita tidak selalu lebih baik daripada pria, tetapi biasanya lebih cocok dengan gaya manajemen masa kini.Atribut- atribut wanita seperti kemampuan membangun hubungan dengan pelanggan, memulai kontrak kerja sama, serta mampu menjadi rekanan dari para klien semakin bertambah penting.Pada umumnya, di tempat kerja, wanita lebih supel dibandingkan pria. Wanita dapat menebarkan interpersonalnya yang kuat, sertaketerampilan berkomunikasi di setiap kesempatan. Dan semua pencapaian para wanita ini layak dipuji.
4. Rencana Karier
Perencanaan karier penting bagi setiap orang, terutama wanita, karena lebih banyak menghadapi berbagai hambatan yang harus dinegosiasikan. Jika nada telah mempersiapkan peta perencanaan dengan matang, resiko menemui hambatan di tengah perjalanan karier akan lebih kecil. Misalnya, memutuskan untuk hidup bersama dengan pria yang dicintai, memiliki anak, atau tiba- tiba harus merawat orang tua yang sakit.Jangan lupa, tentukan dari sekarang di mana Anda akan berada pada 5, 10, dan 15 tahun ke depan. Rencanakan karier yang fleksibel agar dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang selalu mengalami perubahan. Hal yang bperlua Anda pertimbangkan pada saat menyusun perencanaan karier, tempat kerja, pernyataan misi pribadi, dan penilaian mengenai kelebihan, kekuatan, kesempatan, serta ancaman.

5. Jalin Jejaring

Siapa yang lebih berhasil menggunakan jejaring, pria atau wanita? Anda mungkin berpikir wanita, karena wanita cerewet dan pria lebih pendiam. Namun, hasil penelitian memperlihatkan, wanita mencari pekerjaan melalui iklan.Sementara jejaring lebih merupakan strategi efektif bagi pria dibandingkan wanita. Oleh sebab itu, baik pria maupun wanita harus menggunakan gaya masing- masing yang berbeda, demi mendapatkan kemajuan yang lebih baik. Pertimbangkan hal berikut:Jejaring wanita cenderung lebih sejajar dan merata.jika wanita diminta untuk membuat daftar tentang siapa yang dapt menjadi bagian dari jejaringnya, biasanya akan menyebutkan secara umum, yaitu orang- orang dari berbagai posisi.Semntara pria cenderung memusatkan perhatian pada kekuasaan dan pengaruh.Pria memanfaatkan kontak jjejaring, tetapi wanita dapat memanfaatkan dari lingkaran yang lebih lebar dan beragam. Ada ahli mengatakan, wanita lebih dapat berbagi daripada pria/ Oleh karena itu, baik pria maupun wanita dapat mengharapkan peluang karier berdasarkan kemurahan hati anggota wanita jejaring mereka.Secara tradisional wanita diharapkan mencurahkan waktunya lebih banyak untuk keluarga dan urusan rumah tangga, sehingga kurang memiliki waktu untuk membangun jejaring dibanding pria. Tetapi sekarang kita mulai melihat angka jejaring wanita yang meningkat.Untuk sungguh- sungguh bersaing di arena jejaring ini, wanita rasanya perlu lebih banyak melakukan hubungan per telepon, dan mungkin perlu meminta keterlibatan pasangan prianya untuk terlibat dalam kehidupan keluarga dan pekerjaannya.Jumlah kelompok jejaring wanita telah meningkat, sebagai bagian dari menciptakan jenis jejaring yang sama yang telah didominasi pria. Kelompok jejaring yang beranggitakan wanita bias sangat bermanfaat bagimereka yang berniat mencari mentor, atau yang ingin menghubungi orang- orang yang telah berhasil di dunia bisnis.

6. Dapatkan Mentor

Jika Anda tak punya jejaring, paling tidak dapatkan seseorang sebagai penasihat, atau mintalah seseorang mencarikannya untuk Anda. Seorang penasehat dapat melindungi wanita dari diskriminasi dan membantu mempelajari apa yang dipelajari para pria dari jejaring yang berpengalaman, soal cara melewati hambatan di masa lalu sampai berhasil meraih sukses.Sebagian besar wanita telah berhasil dalam kariernya dan mencapai posisi yang berpengaruh di suatuperusahaan berkat usaha mentor yang mengarahkannya dalam mencapai posisi saat ini. Mentor adalah orang yang memendu, membantu, melindungi, dan mengarahkan pencapaian karier.Bedanya antar mentor dengan kontak jejaring adalah komitmen jangka panjang dan investasi masa depan. Sementara kontak jejaring yang khas biasanya berhubungan dengan perkenalan yang cepat, pertukaran kartu nama, atau hubungan telepon. Sementara hubungan Anda dengan mentor adalah hubungan jangka panjang, waktu mengobrol yang lama di kafe dan urang kerjanya.Seorang mentor juga bisa seseorang yang menjadi idola Anda. Biasanya Anda juga ingin mencapai posisi sejenis posisi sang mentor. Seorang mentor pun bias merupakan seseorang yang membagi pengalaman meraih suksesnya kepada Anda. Dan seorang mentor yang efektif tak takut memberikan kritik membangun bagikeberhasilan Anda.

7. Perkuat Dan Olah Rasa Pede

Wanita sering menderita krisis percaya diri di tempat kerja, terutama pada lingkungan yang dingin dan tak bersahabat. Untuk mengatasi situasi ini, ingatlah pada keberhasilan yang pernah dicapai, (pendidikan dan pelatihan memegang peranan penting), kenali diri sendiri, dan dapatkan dukungan karier.

8. Promosikan Diri Sendiri

Begitu rasa percaya diri sudah terkumpul, Anda perlu memastikan orang l;ain untuk mengetahui betapa hebatnya Anda.di tempat kerja masa kini, szlah satu kemampuan dalam memberitahukan kepada orang lain siapa diri Anda, apa yang Anda tawarkan, dan bagaimana Anda bias membuat perbedaan di perusahaan.Mempromosikan diri sendiri memang tak mudah bagi wanita, banyak wanita merasa tak nyaman dengan cara ini, karena di lingkungan masyarakat wanita telah dicap sebagai orang yang biasa memberikan dukungan dan mendahulukan keperluan orang lain daripada dirinya sendiri. Namun, wanita perlu menampilkan dirinya, karena tak bias mengharapkan orang lain melakukan untuk dirinya.Pastikan orang- orang di dalam maupun di luar perusahaan mengetahui prestasi Anda. Beritahukan kepada atasan apa saja yang sudah Anda capai. Promosikan diri Anda sebagai seorang ahli pada satu bidang tertentu atau lebih, dan bersedia menjadi pembicara di perusahaan- perusahaan setempat.

9. Kembangkan Bakat

Jika Anda memiliki mimpi karier yang luar biasa atau keberhasilan sebagai seorang pengusaha, usahakan untuk bias bekerja di perusahaan yang dapat membantu mengembangkan bakat Anda. Perusahaan- perusahaan sejenis ini dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan, pemasok, dan competitor professional.Kembangkan system manajerial yang khas, keterampilan teknis dan perencanaan, serta belajar cara melakukan segala hal dengan lebih baik, dengan cara bekerja pada lingkungan yang kecil tapi mengoptimalkan sub pimpinan.Dengan menghabiskan beberapa tahun di perusahaan yang secara khusus mengembangkan keterampilan dan menjalin hubungan relasi, akan lebih memudahkan Anda mencapai keberhasilan yang lebih besar pada jejaring karier berikutnya, atau untuk mencapai posisi dimana Anda dapat memulai membuka usaha sendiri.
GOOD LUCK ...!!!!
Sumber http://crazystress.blogspot.com/2009/06/9-strategi-menuju-sukses.html


Artikel Yang Berhubungan



1 comments:

Randy Kurniawan ^o^ said...

Saya ingin memiliki wanita yang memiliki semangat hidup dan tanggung jawab seperti itu .. dimana ya dapat nya ?? ^^