Thursday 3 September 2009

" Lagu Malaysia dari Solo "


SOLO | SURYA.CO.ID — Lagu “Terang Bulan” yang melodinya sama persis dengan Lagu Kebangsaan Malaysia “Negaraku” merupakan ciptaan Saiful Bahri, mantan pimpinan Orkes Studio Jakarta (milik RRI). Keluarga Saiful Bahri (alm) meyakini, lagu tersebut salah satu dari ribuan lagu ciptaan Saiful.

Lagu ciptaan Saiful Bahri tersebut memang pernah diminta Malaysia. Bahkan, Presiden Soekarno—pada sebuah acara Perayaan HUT Kemerdekaan RI—pernah meminta Saiful memberikan lagu tersebut untuk dijadikan lagu Kebangsaan Malaysia. Ketika itu, tamu-tamu yang hadir mendapat hadiah rekaman lagu-lagu Indonesia.

“Waktu itu sekitar tahun 1961 atau 1962. Bung Karno mengatakan, ‘Ful, kasih aja. Itu kan belum punya lagu kebangsaan’,” ujar Subroto (74) mantan pemain Orkes Studio Jakarta, Rabu (2/9) di Solo.

Rabu siang, Subroto bersama salah satu anak Saiful Bahri, Aden Bahri, mendatangi Perum Percetakan Negara Lokananta Cabang Surakarta di Solo. Aden bersama istrinya Artha Simamora (Artha Record), yang merekam lagu-lagu karya Saiful, menunjukkan rekaman-rekaman lagu Saiful, serta dokumen foto Saiful.

“Kami sekeluarga menyanyikan lagu itu sejak dulu. Saya mendengar pertama kali lagu ‘Negaraku’ sekitar tahun 1969. Waktu dengar lagu itu, saya bilang kok mirip,” ujar Aden.

Menurut Aden, dia sempat menanyakan kepada almarhum ayahnya tentang lagu yang mirip dengan lagu “Terang Bulan”, dan dibenarkan bahwa itu memang melodi lagu “Terang Bulan”. Saat itu, ayahnya justru mengaku bangga karena lagunya dipakai sebagai lagu kebangsaan negara lain.

Mengapa baru sekarang bicara? Baik Aden maupun Subroto menyatakan hal itu dilakukan karena sekarang Malaysia dinilai sudah keterlaluan, mengklaim berbagai aset budaya Indonesia. “Dulu Malaysia baik-baik jadi enggak ada yang protes. Tetapi sekarang Malaysia sudah keterlaluan, kita benar-benar dilecehkan,” ujar Subroto.

Kepala Cabang Perum Percetakan Negara Lokananta Solo Ruktiningsih menegaskan bahwa Lokananta, yang sejak tahun 1962 mendokumentasikan lagu-lagu daerah dan nasional, menemukan ada kesamaan irama musik antara lagu “Negaraku” dan lagu “Terang Bulan” yang sejak tahun 1965 sudah didokumentasikan Lokananta. sonya helen sinombor/kompas

Artikel Yang Berhubungan



1 comments:

Anonymous said...

wah infonya menarik sekali saya baru tau tuh!