Thursday 16 September 2010

Indonesia Butuh 26 Ribu Dokter Gigi

JAKARTA--Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih menyebutkan, berdasarkan indikator Indonesia Sehat 2010 satu dokter gigi idealnya melayani 9.000 orang. Dengan jumlah penduduk Indonesia saat ini 234.181.400 jiwa, maka dibutuhkan sekitar 26 ribu dokter gigi.

Sampai tahun 2010, dokter gigi yang telah teregistrasi adalah 21.691 orang, dan 20.158 di antaranya dokter gigi umum dan 1.533 dokter gigi spesialis, sehingga masih dibutuhkan banyak dokter gigi untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang optimal kepada masyarakat. ''Saat ini terdapat 13 Rumah Sakit Gigi Mulut,'' kata Menkes pada peringatan Seperempat Abad Fakultas Kedokteran Gigi sekaligus peletakan batu pertama pembangunan RS Gigi dan Mulut Universitas Baiturrahmah di Padang, Sumatra Barat, seperti disampaikan Puskom Publik Kemenkes, Rabu (15/9).

Ke-13 rumah sakit gigi mulut pendidikan itu adalah Universitas Indonesia (UI), Unpad, UGM, Unair, USU, Unhas, Univ Trisakti, Univ Moestopo, Univ. Jember, Univ Hangtuah, Univ Saraswati, Univ Baiturrahmah, dan Univ Muhammadiyah Yogyakarta.

Sedangkan penyelenggara pendidikan Kedokteran Gigi sebanyak 12 Fakultas Kedokteran serta ada 13 Program Studi (Prodi) Kedokteran Gigi. Menkes berharap FKG Universitas Baiturramah mampu mendidik dan menghasilkan tenaga dokter gigi sebagai pelaksana pada pelayanan kesehatan gigi yang handal dan profesional. Mempunyai pengetahuan yang tinggi, terampil, dan mempunyai moral yang tinggi, serta dapat bersaing secara global.

Undang-Undang No 36/2009 tentang Kesehatan menyebutkan, pelayanan kesehatan gigi dan mulut dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk peningkatan kesehatan gigi, pencegahan penyakit gigi, pengobatan penyakit gigi.

Selain itu, juga pemulihan kesehatan gigi yang dilakukan secara terpadu, terintegrasi dan berkesinambungan dan dilaksanakan melalui pelayanan kesehatan gigi perseorangan, pelayanan kesehatan gigi masyarakat, dan usaha kesehatan gigi sekolah. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007, prevalensi penduduk yang mempunyai masalah gigi-mulut adalah 23,4 persen dan 1,6 persen penduduk telah kehilangan seluruh gigi aslinya.



Sumber
REPUBLIKA.CO.ID

Website yang berhubungan :
Info Teknologi
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: