Sunday 26 September 2010

Warga Aceh Nikmati Planet Jupiter

BANDA ACEH--MI: Warga di Provinsi Aceh melihat planet Jupiter dengan jelas di langit hampa pada Senin malam (20/9) sekitar pukul 21.00 - 01.00 WIB Selasa (21/9). Pemandangan tersebut sangat jelas terlihat dengan mata telanjang saat planet tersebut melingkari bumi dalam jarak terdekat sejak 1960 an atau sekitar 48 tahun silam.

Keindahan fenomena alam itu dilihat oleh ribuan warga wilayah ujung barat Sumatra itu seperti di Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Bener Meriah, dan Sabang.

Bahkan, sebagian warga menunggu munculnya planet Jupiter itu sejak waktu senja sekitar pukul 19.00. Namun awalnya Jupiter tidak dapat terlihat karena posisinya masih rendah dan tertutup awan akibat cuaca mendung.

Saat pertama tampak, posisi Jupiter berada sudah lebih dari sepenggalahan. Ketika melewati sebelah barat dari atas kepala planet tersebut di sebagian wilayah Aceh menghilang karena kembali tertutup awan tebal.

"Awalnnya memang tidak tampak satu planet yang ukurannya lebih besar dari bintang-bintang yang bermunculan. Baru jelas setelah posisinya lebih dari sepenggalahan. Kemudian menghilang lagi pada dini hari," kata Amir, tokoh masyarakat Kabupaten Pidie, Selasa (21/9).

Dirinya menikmati kejadian alam itu di halaman rumah bersama anak-anaknya yang masih kelas II dan III Sekolah Dasar (SD). Hal itu dilakukan guna memperkenalkan perjalanan dan perubahan dunia dari masa ke masa. Apalagi kejadian semacam ini tidak dapat dinikmati setiap generasi manusia yang pernah hidup di permukaan bumi.

"Ini bukti kebesaran atau kekuasaan Allah yang biasanya dipelajari agar dimergerti maknanya oleh manusia," tutur Nurbaiti, warga lainnya. (MR/OL-5)


Sumber
MediaIndonesia

Website yang berhubungan :
Info Teknologi
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: