Tuesday 22 June 2010


Banda Aceh - Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, minta masyarakat di perantauan agar tetap mempertahankan fungsi "meunasah (surau)" sebagai pengikat silaturahim masyarakat seperti lazimnya berlaku di Provinsi Aceh.

"Selain tempat beribadah, maka meunasah juga harus difungsikan sebagai tempat pengikat silaturahim khususnya masyarakat perantau di Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau," katanya saat menghubungi ANTARA di Banda Aceh, Ahad malam.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Muhammad Nazar ketika meninjau masyarakat perantau asal Aceh dan bermukim di Kampong Becek Batu Aji Batam.

Seperti lazimnya di Aceh, tambah dia, Meunasah yang ada di setiap kampung itu tidak hanya sebagai tempat ibadah umat Muslim (shalat), tapi juga bermusyawarah, membangun dan silaturahim sesama masyarakat.

"Meunasah sangat penting bagi masyarakat Aceh, termasuk di perantauan ini. Meunasah bukan sekedar sebagai tempat shalat, tetapi untuk bermusyawarah, membangun dan silaturrahim dalam bentuk berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya," katanya menjelaskan.

Wagub juga menyatakan prihatin proses bangunan meunasah masyarakat Aceh di Kampong Becek Batu Aji Batam tersebut dinilai lamban akibat dana yang berkurang.

"Namun saya bangga dengan masyarakat Aceh perantau yang secara bahu membahu terus berupaya untuk menyelesaikan pembangunan Meunasah secara swadaya ini. Kami di Aceh juga akan memperjuangkan agar bisa menyediakan anggaran untuk penyelesaian pembangunannya," kata Muhammad Nazar.

Selain itu Wagub juga menyempatkan diri berkunjung ke dayah Mudi Madani al Aziziah Tgk. H. Azi Nur dan Lantabur pimpinan Tgk. Nashruddin. Dayah Mudi Madani merupakan jaringan dayah yang berafiliasi ke dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Aceh.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Meunasah, Alimuddin, menyebutkan bangunan tersebut mulai dikerjakan selama sekitar dua tahun atas swadaya masyarakat Aceh di Batam, khususnya Kampong Becek Batu Aji Batam.

"Kami juga berharap adanya bantuan dari masyarakat dan Pemerintah Aceh untuk menyelesaikan bangunan Meunasah ini. Minimal, rumah ibadah ini bisa berfungsi maksimal pada Bulan Suci Ramadhan tahun 2010," kata dia.



Sumber
(ANTARA)

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: