Friday 9 October 2009

TNI perbaiki Rumah Warga


Ditulis oleh Harian Bangsa
Selasa, 06 Oktober 2009 13:59
Tuban-HARIAN BANGSA
Wajah Sumijan (60 tahun) dan Sujono (63), keduanya warga Kelurahan Mondokan Kecamatan Kota Tuban kabupaten Tuban yang telah keriput ini hari Senin (5/10) terlihat sumringah lantaran rumahnya diperbaiki Kodim 0811.
Tak pelak, tidak hanya tetangganya yang datang, namun juga aparat TNI anggota Kodim 0811 serta aparat kelurahan setempat. Tidak hanya itu, kediaman mereka juga didatangi Danramil Tuban Kapten Agus Prayitno serta Lurah Mondokan Haryono.
''Alhamdulillah rumah saya yang rusak ini dibantu perbaikannya oleh pemerintah,'' tutur Sumijan.


Rumah kedua warga miskin tersebut merupakan bagian dari tak kurang dari 32 rumah lain diwilayah Kecamatan kota, diantaranya Desa Sumurgung, Kembangbilo, Sugiarjo, Kelurahan Perbon dan Mondokan yang saat ini sedang `dibedah'. Seperti rumah Sumijan, berukuran 4 kali enam meter ini berlantai tanah, berdinding gedheg dan terlihat `merana` dibandingkan dengan rumah milik tetangga dekatnya.
Rencananya, seperti yang dikatakan Lurah Haryono, bagian depan rumah ditembok dan dipasang pintu dan jendela. Sedangkan bagian samping dinding tembok hanya didirikan separoh. ''agar kuat kami bantu umpak (batu kumbung berbentuk kubus ukuran besar sebagai dasar pondasi,'' tutur Haryono.
Di lapangan, belasan aparat TNI, kelurahan setempat yang dibantu warga dusun tersebut tampak kesulitan mengatur tiang-tiang agar rumah tersebut tetap tegak saat didirikan bangunan tembok. Kayu-kayu penyangga rumah tua tersebut sudah tidak simetris dan memerlukan kehati-hatian agar perbaikan rumah tersebut lancar. ''Kalau tidak hati-hati bisa ambruk,'' tutur salah seorang anggota Koramil Kota.
Dibandingkan dengan rumah Sumijan yang berada di Dusun Kalangan, perbaikan rumah Sujono terlihat mulai tampak. Bagian depan rumah sudah ditembok, sehingga terlihat `wajah` barunya. Menurut Haryono, pengerjaan rumah ini maksimal bisa selesai 5 hari. Kondisi rumah tersebut memang lebih `tertinggal` dibandingkan tetangganya.
Secara detil, Kapten Agus Prayitno enggan menjelaskan program tersebut. Namun, hari kemarin yang bertepatan dengan HUT ABRI tersebut dia mengaku hampir seluruh aparat Koramil Kota Tuban ikut menjadi 'pekerja bangunan'. ''Detilnya minta informasi ke Kodim. Sekarang, di Koramil tinggal yang jaga mas. Semuanya ikut turun kelapangan,'' katanya. (ako)
LAST_UPDATED2

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: