Thursday 4 March 2010

3 Spesies Baru Dinosaurus


Paleontolog Australia mengaku menemukan tiga spesies dinosaurus baru setelah memeriksa penggalian fosil di Queensland. Dalam jurnal Public Library of Science (PLOS) One, mereka menyebutkan salah satu spesies merupakan predator mengerikan dengan tiga cakar tajam di setiap tangan.

Paleontolog Museum Queensland Scott Hucknell mengatakan karnivora yang dinamai Australovenator wintonensis ini lebih besar dan berbahaya dibanding velociraptor yang muncul dalam film Jurassic Park.

“Karnivora ini sangat cepat dan dapat memangsa buruannya dalam waktu singkat di wilayah terbuka,” kata Hucknell seperti dikutip laman stasiun televisi BBC.

Sementara dua dinosaurus lain merupakan herbivora. Salah satunya memiliki struktur tubuh tinggi mirip jerapah, dan fosil lainnya seperti kudanil. Tiga fosil yang ditemukan di pegunungan batu Formasi Winton ini berasal dari masa 100 juta tahun lalu hingga periode Cretaceous.

Tiga dinosaurus itu dinamai sesuai karakter dalam lagu terkenal Australia, Waltzing Matilda. Karnivora dinamai Banjo Patterson, komposer lagu itu. Sementara dinosaurus mirip jerapah dengan nama latin Witonotitan wattsi, diberi nama Clancy. Dinosaurus yang menyerupai kudanil, Diamantinasaurus matildae dipanggil Matilda.

Dua herbivora berkaki empat ini termasuk dalam keluarga titanosaurus, hewan terbesar di muka bumi.

Banjo dan Matilda, diduga predator dan buruannya, ditemukan dalam satu lokasi dalam kolam stagnan berusia 98 juta tahun.

Gubernur Queensland Anna Bligh mengatakan penemuan ini merupakan terobosan besar dalam upaya memahami kehidupan prasejarah di Australia. Sementara paleontolog Museum Victoria John Long menyebut penemuan ini luar biasa.

“Penemuan ini menempatkan Australia kembali dalam peta penemuan dinosaurus dunia sejak 1981, saat Muttaburrasaurus ditemukan,” kata Long.

Tiga spesies ini akan menjadi bagian Periode Dinosaurus dalam Museum Sejarah Alam Australia yang sedang dibangun di Winton. Saat selesai, 2015 mendatang, seksi ini akan menjadi pusat pameran dan penelitian koleksi dinosaurus Australia.

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: