Tuesday 30 March 2010

Makanan Penghalau Stres

Saat stres melanda dan ingin memperoleh kenyamanan dengan makanan, menjauhlah dari es krim dan makanan berlemak. Lemak tinggi memang membuat perasaan membaik selama beberapa saat, tapi selanjutnya justru membuat semakin stres.

Patricia Bannan, MS, RD, penulis buku 'Eat Right When Time Is Tight' memberi tips bagaimana menghindari stres di berbagai keadaan dengan makanan sehat rendah kalori.

Teh Herbal

Rasakan tubuh kian ramping dengan cepat dengan minum secangkir teh herbal hangat atau dingin. Aroma peppermint, spearmint, dan chamomile dapat mengurangi gas dalam tubuh Anda sehingga peminumnya akan merasa tenang.

Kacang Pistachio

Syaraf yang tegang di tempat kerja bisa dihilangkan dengan segenggam kacang pistachio. Penelitian menemukan pistachio mengurangi respons tubuh terhadap stres dengan mengurangi tekanan darah. Uniknya, 30 butir pistachio hanya mengandung sekitar 100 kalori, 200 kalori lebih sedikit daripada makanan kecil kebanyakan.

Kentang atau Ubi Jalar

Sulap masa-masa menjengkelkan sebelum menstruasi menjadi lebih menyenangkan dengan makan kentang atau ubi jalar dengan segelas susu kedelai. Wanita yang berada mengalami sindrom pra-menstruasi cenderung memiliki tingkat darah rendah kalsium dan magnesium.

Bannan mengatakan, Ubi jalar merupakan sumber magnesium yang baik, dan mengurangi retensi air yang berlebihan serta meningkatkan mood. Sedangkan susu kedelai mengandung kalsium serta vitamin B12, yang meningkatkan kadar serotonin, yang menciptakan perasaan bahagia.

Sup Miju-miju

Minum sup miju-miju atau kacang lentil yang kaya asam folat untuk meningkatkan memori dan menurunkan kadar homosistein, yang berpotensi merusak asam amino. Mereka yang mengalami penurunan kadar homosistein biasanya cenderung gelisah dan lemas.



Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: