Sunday 14 March 2010

Manfaat Omega-3


Jika Anda ingin memilih lemak yang sehat, kandungan omega 3 pada ikan, suplemen, sayuran dan susu adalah pilihan terbaik. Mengkonsumsi makanan-makanan ini merupakan cara hebat untuk mengatasai masalah.

Omega 3 merupakan jenis lemak terbaik untuk menjadi bagian hidup sehat. Manfaat kandungan omega 3 antara lain:

1. Memerangi Nyeri

Bagaimana omega 3 membantu mengatasi nyeri? Peneliti di University of Pittsburgh Medical Center menemukan bahwa hampir dua pertiga pasien penderita kronis leher dan punggung sakit berhasil mengatasi masalahnya dengan mengonsumsi minyak ini. Setelah mengkonsumsi pil anti nyeri berupa pil minyak ikan, rasa sakit bisa membaik dalam waktu 20-30 hari. Ini salah satu fungsi omega 3 yang memiliki kemampuan untuk memerangi peradangan.

Bagaimana cara mendapatkannya? Tidak perlu harus mengkonsumsi pil minyak ikan, kata dokter Yusuf C Maroon dari University of Pittsburgh. Hanya dengan mengkonsumsi ikan air laut seperti salmon dan kembung serta ikan dari danau, kandungan omega 3 untuk mengatasi nyeri bisa diperoleh.

2. Melangsingkan tubuh

Bagaimana Omega 3 membantu melangsingkan tubuh? Mood Anda untuk diet bisa berubah jika tak bisa melewatkan saat melihat brownies. Ini bisa menggagalkan usaha mengurangi berat badan.

“Tapi omega 3 bisa membantu menstabilkan mood anda,” ujar Douglas Bibus peneliti dan ilmuwan dari Akademi Kesehatan di Universitas Minnesota. Pihaknya pun telah merekomendasikan agar mereka yang mendambakan tubuh langsing untuk mengkonsumsi suplemen berkualitas tinggi selama 30 hari. “Jika setelah mencoba anda belum melihat adanya perubahan, tambahkan dosisnya,” saran dia.

3. Mencegah Depresi

Bagaimana Omega 3 membantu mengatasi depresi? Seperti kita ketahui bentuk lain dari omega 3 adalah DHA yang berfungsi membantu kinerja dan produksi lemak dalam proses kimia. Biasanya, orang yang sering mengalami depresi adalah akibat kekurangan DHA.

Para peneliti percaya suplemen yang mengandung DHA mungkin lebih lembut sehingga bisa lebih efektif sebagai alternatif untuk mengatasi depresi (antidepressant).

4. Melegakan Pernafasan

Omega 3 mungkin bisa membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit asma. Penelitian terbaru dari studi Indiana University menyatakan, para pasien yang mengkonsumsi minyak ikan bisa membantunya melakukan kontrol gerak tubuh lebih baik ketimbang harus melakukan diet mengurangi porsi makan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung


Selain untuk memerangi peradangan, omega 3 dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi gumpalan lemak. Selain itu omega 3 juga dapat membantu memerangi diabetes. Diabetes merupakan komponen yang kuat, yang mengarah ke lebih banyak risiko pengembangan penyakit jantung. Omega 3 membantu sel darah rendah gula, kunci untuk menghindari diabetes.

Bagaimana cara mendapatkan omega 3? Makan tanaman pangan seperti walnuts, bayam, arugula, alpukat, dan minyak canola, serta produk dari bahan kedelai yang mengandung lemak tak jenuh seperti tahu. Mereka memiliki bentuk omega 3 yang disebut ASN yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Mengonsumsi ikan dua kali seminggu juga bisa membantu mencegah penyakit jantung. Dan jika Anda menyukai telur bisa juga untuk mencegah penyakit jantung, karena telur juga mengandung omega 3.

sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/42678-lima_manfaat_omega_3_yang_harus_diketahui

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: