Saturday 6 March 2010


Dengan kemudahan untuk menyembunyikan identitas sebenarnya di ranah internet, seorang netter julukan yang umum disematkan pada pengguna internet dengan begitu mudahnya membuat dan menyebarkan data-data palsu yang seolah-olah benar.

Emang gampang ya nipu orang? tentu saja dengan segala keleluasaan dengan menggunakan sedikit kelihaian berkata-kata, orang mudah saja kita perdaya.

Kenapa koq bisa begitu? karena komunikasi yang terbangun antara dua individu via internet itu hanya terbatas pada bahasa tulisan, dan jarang dengan menggunakan suara/video.

Padahal kita juga sama-sama tahu ada peribahasa yang mengatakan, mata adalah jendela hati. Kita bisa melihat niat dari lawan bicara dengan memandang mata ybs. tapi bagaimana mungkin kita liat matanya?

Yang hilang dalam percakapan maya adalah bahasa tubuh, kepekaan kita terhadaplawan bicara.

Di dunia maya: pernah ngga sih menyapa orang layaknya pada kawan sebaya, padahal beliau sudah jau lebih matang usianya? pernah ngga Anda tersinggung atau membuat orang lain tersinggung padahal Anda tidak bermaksud seperti itu?

Maka hati-hatilah dalam berselancar, informasi yang Ada bukan untuk begitu saja Anda cerna. tetapi untuk dikaji dan di bandingkan dengan informasi dari sumber lain. Sekalipun itu datang dari website terpercaya dan punya kredibilitas tinggi.

Karena semua manusia itu sama: Tak luput dari salah dan Lupa.

Sumber
http://iyank4.dagdigdug.com

Artikel Yang Berhubungan



1 comments:

gak setuju said...

gak setuju, manusia modern lebih canggih dari apa yang anda kira. penggunaan model manusia kuno entah itu dengan melihat diri anda sendiri atau orang disekitar anda dalam menanggapi penggunaan teknologi modern yang tidak nyambung.