Sunday 18 April 2010

Stop Gangguan Sembelit

USUS merupakan organ utama yang menentukan kesehatan seseorang. Bila bagian dalam tubuh ini tengah bermasalah, maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan yang mengubah rutinitas sehari-hari. Salah satu masalah usus yang sering menimpa orang adalah gangguan buang air besar (BAB).

Masalah pada saluran pencernaan ini ternyata dapat memicu penyakit kanker usus besar. Menjawab permasalahan itu, PT Danone Indonesia meluncurkan Yogurt Activia yang berfungsi membantu mempertahankan fungsi saluran cerna.

Activia merupakan produk susu fermentasi yang mengandung bakteri hidup bifidobacterium animalis DN-173010. Melalui riset di berbagai negara bakteri ini terbukti menunjukan kemampuan tinggi untuk tetap hidup di dalam alat pencernaan manusia dan memberikan dampak yang menguntungkan bagi kesehatan kolon (usus besar) sehingga dapat memperlancar proses BAB.

"Sebagian orang mengabaikan gejala sakit perut dan gejala susah BAB. Terkadang mereka juga tidak peduli terhadap siklus BAB yang nyata bisa menjadi pertanda adanya penyakit kanker usus besar atau dalam bahasa medisnya kanker kolerektal," papar Dr Adil Pasaribu Sp B KBD, ahli kanker dari Rumah Sakit Dharmais ketika ditemui okezone dalam acara Media Lucheon "Kanker Usus, Probiotik dan Kesehatan Kolon" di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2008).

Menurutnya, kebanyakan masyarakat tidak menyadari bahwa kanker usus itu dapat dipicu oleh gejala-gejala yang dianggap remeh seperti cara diet yang salah dan menyebabkan perubahan kebiasaan BAB dan sembelit (susah BAB).

"Hal lain yang tak kalah penting sebagai penyebab kanker usus ini adalah pola hidup yang salah. Artinya jenis makanan yang dikonsumsi pun harus diperhatikan betul," ujar almamater Universitas Indonesia dan staf pengajar Rumah Sakit Kanker Dharmais itu.

Menanggapi statement dari Dr Adil, seorang pakar mikrobiologi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Betty Sri Laksmi Jenie, mengemukakan bahwa kandungan bifidobacterium animalis DN-173010 dalam Activia selain menguntungkan kesehatan usus besar, juga mampu memperlancar penyakit diare.

"Dengan memperlancar sistem transit, bifidobacterium animalis DN-173010 juga mampu memengaruhi sistem imun dan ketahanan terhadap kolonisasi oleh bakter jahat (patogen)," ungkap wanita berkacamata ini.

Tak hanya sebatas memperlancar penyakit diare, sambungnya, mengkonsumsi Activia setiap hari selama dua minggu berturut-turut telah terbukti secara klinis dapat memberikan dampak menguntungkan bagi kesehatan pencernaan termasuk orang dewasa dan manula, terutama pada wanita dengan keluhan sembelit.

Menurut wanita mungil ini, dengan memasukan makanan yang mengandung kandungan bakteri probiotik bifidobacterium animalis DN-173010 ke dalam menu diet sehat setiap hari akan membantu mengembalikan kesehatan pencernaan.

Sejak tanggal 25 Januari 2008 Activia telah tersedia untuk konsumen di seluruh toko swalayan di Jabodetabek.

"Untuk menjaga kesegaran dan kualitas prosuk, sementara ini Activia masih hanya meliputi wilayah Jabodetabek saja, karena pendistribusiannya memerlukan suhu dingin 4-6 derajat Celsius dengan 30 hari masa kadaluarsa," ungkap Bayu Kurniawan, Senior Brand Manager PT Danone Indonesia.

Produk yang diproduksi di Cikarang ini, lanjut Bayu, menggunakan susu segar yang diolah sedemikian rupa untuk menjaga keseimbangan nutrisi di dalamnya termasuk protein dan lemak.

"Untuk pasar Indonesia, saat ini Activia tersedia dalam tiga kemasan istimewa yaitu kemasan spoonables/cup (80 gram) dengan rasa strawberry dan mangga, kemasan drinknables/botol (120 gram) dengan rasa strawberry dan jeruk. Serta tersedia pula kemasan multipack yang terdiri dari empat cup dengan rasa strawberry maupun mangga," jelas Bayu.

Bagi Anda yang ingin memeroleh produk Activia kemasan spoonables dapat merogoh kocek Rp2.000 selama dua bulan masa promosi. Sementara untuk harga normal Activia dapat diperoleh dengan harga Rp2.500 sampai akhir tahun. Sedangkan untuk kemasan drinknables dapat memerolehnya dengan harga Rp3.500.

"Adapun kandungan probiotik di dalam produk ini diimpor langsung dari Eropa sesuai dengan standar Danone Perancis dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI," pungkas Bayu.



Sumber : Okezone



Artikel Yang Berhubungan



0 comments: