Saturday 24 April 2010

KACANG kedelai hitam (Glisine soja) atau dengan sebutan populer Si Hitam manis, adalah salah satu jenis tanaman polong-polongan asli dari Asia tropis di Asia Tenggara. Di Indonesia Si Hitam manis ini digunakan untuk bahan baku kecap. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan bervariasi antara 37-41%, serta kandungana lemaknya berkisar anatara 11-12%.

KANDUNGAN asam amino glutamate pada kedelai hitam lebih tinggi dari pada kedelai kuning, karena itu rasany lebih gurih dari pada kedelai kuning. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap binatang tikus percobaan, mengungkapkan bahwa diet yanag banayaka mengandung kacang kedelai hitam dapat membantu mengnendalikan berat badan, mengurangi kadar kolesterol LDL, dan melindungi diabetes tipe dua.

KEBIASAAN mengkonsumsi kacang kedelai hitam ternyata bermanfaat dapat mencegah kegemukan, bahkan dapat menurunkan risiko dari serangan diabetes mellitus.

PROTEIN yang terkandung dalam kedelai hitam bermanfaat membantu metabolesme jaringan lemak dan hati sehingga menyehatkan kerja insulin, bahkan kedelai hitam ini dapt digunakan untuk terapi diabetes dan hipertensi. Setiap biji kedelai hitam kandungan proteinnya mencapai 25%, kandungan asam amino terbanyak adalah leusin, yaitu 400mg/g N2. Protein dalam kedelai hitam dapat digunakan untuk diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, sehingga baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah jantung.

TAK HERAN jika kacang kedelai hitam ini dipercaya mengurangi sintesis asam lemak baru dan kolesterol, memperlancar sirkulasi darah, serta mengobati gangguan hormon. Karena mengandung isoflafonyang terdiri atas finestein, daidzein, dan glicitein, mengkonsumsi kedelai hitam juga dapat menurunkan risiko penyakit kardovaskular dengan cara meningkatkan profil lemak darah, khususnya menurunkan kolesterol LDL yaitu kolesterol jahat, dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik atau (HDL).

KANDUNGAN serat dalam kedelai hitam sangat tinggi, yang bermaanfaat untuk membantu sistem pencernaan tubuh sehingga dapat mengurangi waktu transit zat-zat racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat ini juga membantu risiko kanker kolon***

KEDELAI HITAM sangat cocok untuk penderita diabetes mellitus. Lebih hebat lagi apabila si hitam manis ini disajikan dengan simber karbohidrat lain seperti nasi, maka ia kan menjadi sumber karbohidrat nabati tanpa lemak, dan sangat cocok bagi mereka yang mengutamakna gaya hidup sehat.

SELAIN manfaat si hitam manis tersebut, ternyata juga dapat mampu mengurangi gelaja menopause pada wanita. Karena struktur kedelai mirip dengan struktur hormon estrogen yang namanya isoflavon, Sehingga keluhan yang biasa dialami wanita yang telah memasuki masa menopause seperti badan terasa panas, keluar keringat banyak dari biasanya, berdebar-debar, dan nyeri otot dapat diatasi dengan mengkonsumsi kacang kedelai hitam***


Sumber
http://bangjoni.dagdigdug.com

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: