Friday 16 April 2010

Stroke, yang lebih sering terjadi pada orang dengan tekanan darah tinggi, ternyata juga bisa terjadi akibat infeksi parasit Trypanozoma cruzi. Bakteri ini merupakan penyebab utama penyakit Chagas. Orang yang terinfeksi memiliki risiko terkena stroke, terlebih bila mereka menderita komplikasi jantung dan pembekuan darah.

Sebenarnya penyakit Chagas lebih banyak ditemui di negara-negara Amerika Latin. Namun, migrasi jutaan manusia lintas negara menyebabkan penyebaran penyakit ini terjadi di banyak negara. Seseorang bisa tertular penyakit ini bila digigit serangga yang terinfeksi parasit cruzi.

Kebanyakan orang tidak menyadari dirinya terinfeksi sehingga tanpa sadar akan menyebarkan penularan. Dalam penelitian yang dilakukan Dr.Francisco Javier Carod-Artal dari Spanyol diketahui separuh pasien chagas yang terkena stroke sebelumnya tidak pernah didiagnosa terinfeksi chagas.

Menurut Sharlin Ahmed dari Stroke Association, penyakit Chagas bisa memicu berbagai gangguan jantung yang akhirnya menyebabkan stroke. “Jantung menjadi lemah dan tidak mampu memompa darah dengan kuat. Pada akhirnya akan terjadi bekuan darah , bila bekuan ini terbawa ke otak dan menyumbat arteri otak akibatnya adalah stroke,” paparnya.

Itu sebabnya para ahli merekomendasikan para dokter dari negara endemik chagas untuk melakukan skrining penyakit pada pasien stroke.

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: