Saturday 17 April 2010


Menurut Onlinehealth, kebisingan (misalnya di lingkungan pabrik atau kawasan bandara), konsumsi obat-obatan, dan keturunan juga merupakan faktor-faktor penyebab berkurangnya pendengaran.

Karena itu, bila akhir-akhir ini Anda merasa ada yang kurang beres dengan pendengaran Anda, tetapi ragu untuk memeriksakan telinga ke dokter spesialis, ikutilah kuis ini untuk memastikan perlu tidaknya Anda pergi ke dokter!

1. Saya sering meminta orang untuk mengulang apa yang mereka ucapkan.

2. Saya bisa mendengar, tetapi kadang tidak bisa memahami seluruh perkataan.

3. Pendengaran saya tidak sebagus seperti biasanya.

4. Saya kesulitan mendengar di tempat-tempat berisik.

5. Saya kesulitan mengikuti percakapan-percakapan kelompok.

6. Keluarga saya bilang jika saya menyetel radio dan televisi terlalu keras.

7. Saya kesulitan memahami perkataan anak-anak.

8. Saya suka memastikan ucapan orang melalui pasangan atau angggota keluarga.

9. Saya mengalami kesulitan mendengar di gedung bioskop atau di tempat-tempat pertemuan yang luas.

10. Orang-orang bilang, pendengaran saya kurang bagus.

Jika Anda menjawab “Ya” lebih dari tiga pertanyaan di atas, Anda sebaiknya menemui dokter atau ahli untuk melakukan tes pendengaran. Semakin lama Anda menunda, akan semakin sulit tindakan untuk memulihkan pendengaran Anda.

Beberapa apotek atau klinik yang menyediakan alat bantu dengar, juga bisa melakukan tes pendengaran.


Sumber
JAKARTA, KOMPAS.com

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: