Saturday 3 July 2010


Kabar gembira bagi para pecinta kuliner. Selama dua hari 3-4 Juli 2010, para penikmat makanan tradisonal akan dimanjakan dengan aneka jajanan khas nusantara.

Acara tahunan bertajuk 'Festival Jajanan Bango' itu dibuka Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta, Aurora Tambunan, pagi tadi, di Lapangan Parkir Selatan, Sabtu, 3 Juli 2010.

Puluhan stan makanan menyajikan sekitar 100 macam masakan dari berbagai daerah. Setidaknya ada tujuh stan jajanan khas daerah yang tersohor, yaitu Lontong Balap Pak Gendut Surabaya, Mie Koclok Mas Edi Cirebon, Bubur Ayam Mang Oyo Bandung, Timlo Sastro Solo, Pedesan Entong Bang Combat Indramayu, Soto Ahrie Garut, dan Mie Sate Mamang Ayep Medan.

Festival ini juga menampilkan lima jajanan terfavorit pilihan ibu dan keluarga yaitu sate ayam, nasi goreng, bakso, ikan bakar, dan ayam bakar. Lima makanan itu terpilih dari sekitar 5.000 suara ibu yang masuk selama bulan Juni 2010. Suara terkumpul melalui berbagai aktivitas di pusat perbelanjaan, empat stasiun radio, dan jejaring sosial.

"Kelima hidangan terpilih ini sangat mencerminkan rasa nasionalisme kita dan hadir dengan variasi yang bermacam banyaknya dalam festival kali ini, semoga perwakilan dari suara ibu-ibu ini bisa membuat makanan Indonesia lebih dikenal di mancanegara nantinya," kata Surya Saputra, duta acara ini, yang ditemui sedang asyik mencicipi Sate Tulang.

Selain variasi makanan yang cukup selektif dari segi rasa dan macam, pengunjung juga bisa menikmati serunya pagelaran musik bertajuk 'Harmoni Ibu Nusantara' yang dibawakan pemusik Viky Sianipar. Pada Sabtu malam nanti, grup musik 'Warna' dijadwalkan tampil menghibur pengunjung.

Salah satu keunikan festival ini adalah hadirnya 'Kampung Bango' yang menampilkan proses pembuatan kecap manis. Mulai dari proses penanaman kedelai hitam pilihan hingga proses pemilihan biji yang berkualitas baik. Sebuah proses pembelajaran yang menarik tentunya bagi pengunjung yang datang.

Bagi Anda yang kangen dengan berbagai kelezatan makanan di kampung halaman, festival kuliner ini bisa menjadi pilihan melepas penat akhir pekan ini. (umi)



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: