Saturday 10 July 2010

Ketagihan Sate Tulang Berbumbu


Olahan ayam memang favorit banyak orang. Bukan hanya bagian dagingnya saja yang lezat tetapi bagian tulangnya juga bisa diolah dan memiliki citarasa luar biasa. Seperti yang dilakukan oleh Pak Eddie, pemilik rumah makan Eldorado, ia mengolah daging di sekitar tulang ayam menjadi hidangan istimewa yang disebut sate tulang.

Sate tulang merupakan makanan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang terbuat dari punggung ayam. Bagian tersebut dipotong lalu dibumbui dengan bumbu khas Banjar. Bumbu rendamannya berbeda dengan bumbu sate pada umumnya yang biasanya terbuat dari kecap saja.

Bumbu sate tulang ini mirip dengan bumbu ayam bakar dan rasanya sedikit pedas. Rasa sate sendiri merupakan campuran rasa gurih, manis dan pedas. Tulangnya pun saat dimakan terasa lebih lunak dari biasanya seperti dipresto. Sate ini biasa disajikan dengan lontong dan dilumuri bumbu merah. Rasa bumbu juga merupakan campuran manis dan pedas.

Tanpa bumbu tersebut, sebenarnya sate tulang sudah kaya rasa. Bumbunya sangat meresap dalam ayam sehingga sangat pas jika Anda menikmati dengan "mengemutnya" sedikit, untuk merasakan bumbunya yang istimewa.

Di tempat makan ini bukan hanya sate tulang yang menjadi andalan. Ada sate lainnya yang patut Anda coba seperti sate ayam, sate kulit, sate brutu, sate ceker, sate kerang, sate cumi, sate udang yang semuanya diolah dengan bumbu khas Banjar.



Selain sate tersedia juga menu khas lainnya yaitu soto Banjar. Aroma rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh sangat terasa dari kuah panasnya. Soto berisi daging ayam disuwir kecil lalu ditambahkan perkedel, telur rebus, dan ketupat. Rasanya sangat berbumbu dan pas dinikmati saat cuaca dingin. Cocok menjadi hidangan pilihan akhir pekan saat cuaca lebih sering mendung seperti sekarang.

Sate Tulang dan Soto Banjar 'Eldorado'

Jl. Kelapa Kopyor Raya blok M1/2

Kelapa Gading, Jakarta Utara

Harga makanan : Rp 16.000 - Rp 30.000

Harga minuman : Rp 1.000 - Rp 3.000

Telepon : (021) 4530079

Jam Buka : 09.00 - 18.00



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: