Tuesday 13 July 2010


Jakarta - Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, pemerintah agar memprioritaskan kebutuhan dalam negeri terkait persoalan kebutuhan suplai gas bumi untuk sektor industri dan sektor energi, khususnya proyek pembangkit listrik.

"Dewan menilai Indonesia masih memiliki banyak cadangan gas bumi. Untuk itu tidak ada alasan bagi pemerintah untuk menjual gas bumi ke luar negeri, termasuk dalam kasus proyek gas bumi Donggi-Senoro," ujar Marzuki Alie saat membuka masa persidangan IV Tahun Sidang 2009-2010, di Gedung DPR Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, beberapa sub-sektor industri dan pembangkit listrik masih membutuhkan gas bumi untuk menggerakan mesin.

Oleh karena itu, ia menyatakan, Dewan tetap meminta untuk dilakukannya pendekatan politik kepentingan bangsa dan negara atas pemanfaatan sumberdaya alam.

"Dalam waktu dekat, Dewan akan menyinkronkan kebijakan pengelolaan migas untuk kepentingan bangsa dan negara dalam peraturan perundang-undangan terkait," ujar Ketua DPR.

Sementara terkait persoalan peningkatan produksi minyak dan gas bumi, kata Ketua DPR, Dewan mendesak pemerintah agar menciptakan kebijakan yang mendukung peningkatan produksi migas.

Dewan menilai produksi minyak sebenarnya dapat menembus angka 1 juta barrel per hari.

"Untuk itu Dewan mendesak pemerintah segera menyelesaikan RPP tentang `cost recovery` dan pemberian insentif fiskal seperti PPN dan bea-masuk pada kegiatan hulu eksplorasi migas," katanya.

Mengenai maraknya peristiwa ledakan tabung gas elpiji ukuran tiga kg di berbagai daerah, Marzuki menekankan bahwa pemerintah dan Pertamina tidak boleh lepas tangan dari tanggungjawabnya atas masalah itu.

Dari data kepolisian terungkap bahwa sekitar 200 ribu tabung gas elpiji tiga kg tidak memenuhi standard beredar di masyarakat. Data itu memperkuat hasil penelitian Badan Standarisasi Nasional bahwa lebih dari 60 persen tabung yang beredar di masyarakat tidak memenuhi SNI.

Menurut Marzuki, masyarakat menilai bahwa konversi minyak tanah ke gas tidak dipersiapkan dengan baik serta sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat belum berjalan dengan baik. Sementara upaya pengganti asesori komponen yang rusak, seperti selang, katup dan regulator dari Pertamina yang harus dibeli dengan harga yang ditetapkan pemerintah, masih mengundang pertanyaan.

"Kalangan Dewan meminta tabung gas yang tidak sesuai SNI harus ditarik dan perlu dilakukan investigasi sebelum diedarkan kembali kepada masyarakat," ujarnya.



Sumber
(ANTARA)

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: