Sunday 18 July 2010

Gurihnya Mi Medan Kuah Udang


Salah satu makanan khas Medan yang menjadi favorit banyak orang adalah mi Medan atau sering juga disebut mie keling. Sebutan keling sendiri berasal dari warna kuahnya gelap dan sangat kental. Salah satu rumah makan di Medan yang menjual makanan khas Medan melayu ini adalah RM Sate Mamang Ayep.

Mi Medan merupakan perpaduan mi kuning berukuran agak besar dengan kuah kental yang terbuat dari dari berbagai rempah, tepung kanji dan udang. Rasa gurih berasal dari rempah dan udang yang tercampur dalam kuah mi. Campuran rasanya tidak berhenti di situ, karena masih ada bahan pelengkap lainnya. Yaitu, tauge, telur bulat, remahan kerupuk dan irisan daun bawang.

Bahan pelengkapnya ini cukup variatif. Pada beberapa rumah makan yang menyediakan mi medan, remahan kerupuk ini diganti dengan emping dan ditambah irisan udang sebagai pelengkap. Untuk rasanya memang cukup gurih dan berbumbu, apalagi ditambah dengan kuah kental. Cocok untuk disantap saat cuaca dingin. Harganya pun ramah di kantong hanya Rp10.000.

Rumah makan ini bukan hanya menyajikan mi medan, tetapi juga menu sate dengan bumbu khas. Untuk pilihan sate ada tiga pilihan, yaitu ayam, kambing dan lembu atau sapi. Untuk sate ada cara sendiri dalam mengolahnya, semua daging di rendam dulu dalam bumbu sehingga meresap dan memiliki rasa yang gurih hingga ke dalam.

Sate khas Medan ini disajikan dengan saus kacang dan lontong. Rasanya bumbu kacang merupakan perpaduan rasa manis dan pedas. Tetapi tanpa bumbu kacang pun sate sudah terasa sangat gurih.

RM Sate Mamang Ayep

Jln Bandung No: 27/46, Medan

Telepon : (061) 4152991

Harga makanan : Rp 10.000 - Rp 15.000



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: