Monday 5 July 2010

Benarkah Perceraian Bisa Menular


Jika pernikahan sahabat atau teman baik Anda terancam bubar, maka berhati-hatilah dengan kelangsungan pernikahan Anda sendiri. Bisa jadi, bahtera yang Anda bangun akan terpengaruh tanpa disadari.

Para peneliti menemukan bahwa perceraian menyebar seperti halnya penyakit dalam lingkungan keluarga, tempat kerja, dan teman. Efek domino berlaku saat teman atau kolega bercerai, peluang perceraian Anda akan meningkat 75 persen.

Bahkan, perceraian dari teman jauh meningkatkan risiko perceraian hingga sepertiga kali. Peneliti menjelaskan, pengaruh 'kluster perceraian' terjadi saat perceraian orang lain membuat seseorang kembali mempertanyakan hubungannya sendiri. Perceraian teman juga mengurangi stigma sosial, bahkan apabila melibatkan anak.

Temuan ini berdasarkan studi dari 12 ribu warga New England dan Framingham Amerika sejak 1948. Dr Rose McDermott dari Universitas Brown Rhode Island yang memimpin studi menemukan, setiap perceraian menimbulkan riak dalam pertemanan, keluarga, dan rekan kerja.

"Studi mengisyaratkan bahwa orang memberi efek kepada orang lain dan menyebarkannya," kata Dr McDermott seperti dimuat dalam Daily Mail. Mengetahui perceraian orang lain membuat pernikahan juga berisiko mengalami hal serupa. Dan, kepercayaan bahwa anak mampu mempertahankan pernikahan tidak terbukti dalam studi. (pet)



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: