Monday 3 January 2011

10 Tahun Usia Rentan Alami Anoreksia

LEBIH dari separuh penderita anoreksia mulai memperlihatkan gejala adanya gangguan makan pada usia 10 tahun. Hasil itu didapat melalui sebuah survei yang menemukan bahwa ribuan perempuan muda telah mengalami gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, kondisi yang biasanya dialami para remaja perempuan.

Penyakit itu biasanya disebabkan trauma akibat permasalahan seperti perceraian orang tua sehingga seorang anak perempuan mengalami kesedihan mendalam hingga berpengaruh pada pola makannya.

Studi yang disukung oleh kelompok Overeaters Anonymous GB menemukan bahwa 53 persen penderita mengakui mereka mulai mengalami gangguan pola makan sejak usia 10 tahun, seperti dilaporkan The Daily Mail.

Hanya di bawah sepertiganya atau 29 persennya mengatakan gangguan makan dimulai pada usia 11-15 tahun. Seorang juru bicara penelitian itu mengemukakan pihaknya cukup terkejut saat mengetahui hal ini.

"Anggota kami pun menggarisbawahi bahwa mereka tak menyangka sebagian besar penderita anoreksia mengalami gangguan makan sebelum mencapai usia remaja, bahkan sedari anak-anak," katanya. Kelompok itu mengadakan survei melalui website terhadap 250 penderita anoreksia.

Mary George, juru bicara Beat, lembaga yang menangani gangguan pola makan, mengatakan, "Bagi kami hal ini tidaklah mengejutkan karena kami telah menyadari bahwa usia penderita anoreksia semakin lama semakin belia saja."

Ia pun mengakui pihaknya juga telah melakukan survei serupa pada awal 2010 dan menemukan bahwa rata-rata gejala anoreksia dimula pada usia 12 tahun, bahkan ada kasus yang menunjukkan gejala itu dimulai pada usia 6 tahun. Pada survei terakhir ini, lebih dari separuh penderita menyelahkan kondisi diri sendiri yang disebabkan trauma atau kehilangan orang yang disayangi. (Pri/OL-06)



Website yang berhubungan :
Info Teknologi
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: