Monday 3 January 2011

SATU lagi solusi bagi para penderita artritis reumatoid. Dari hasil penelitian terbaru, diketahui bahwa rutin melakukan latihan angkat beban bisa membantu Anda mengatasi nyeri pada sendi-sendi tubuh.

Penelitian yang melibatkan 28 pasien ini menemukan bahwa mereka yang rutin melakukan latihan angkat beban mengalami kemajuan pada fungsi tubuh dasarnya seperti berjalan. Peneliti dari Rumah Sakit Bangor dan Gwynedd mengatakan latihan intensitas tinggi mungkin memiliki peranan penting dalam penyembuhan arthritis selain dengan obat-obatan. Namun, tetap saja tidak semua penderita arthritis bisa melakukan latihan ini.

Para peneliti lalu membagi ke-28 pasien ke dalam dua kelompok guna mengetahui seberapa efektif latihan angkat beban. Kelompok pertama melakukan latihan selama 24 minggu, sedangkan kelompok kedua hanya melakukan latihan ringan. Lalu, ditemukan kelompok pasien yang melakukan latihan angkat beban mengami peningkatan fungsi tubuh sebanyak 20-30 persen, kekuatan mereka pun bertambah hingga 120 persen.

Setelah dianalisis, ternyata latihan angkat beban mampu meningkatkan kadar insulin (1GF-1) dan protein, keduanya mampu mendorong pertumbuhan otot dan tulang.

Pemimpin penelitian Dr Andrew Lemmey berkata hilangnya otot merupakan penyebab utama berkurangnya kemampuan fungsi tubuh yang berhubungan dengan arthritis.

"Aktivitas mengangkat, berjalan, dan menaiki tangga akan sulit dilakukan oleh penderita arthritis. Maka itu, diperlukan pengembalian fungsi otot, kekutan tubuh, dan fungsi kapasitas tubuh lainnya agar bisa melakukan itu semua. Untuk itu, kami telah mengetahui caranya yakni dengan latihan angkat beban," kata Lemmey. (Pri/OL-06)



Website yang berhubungan :
Info Teknologi
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: