Monday 3 January 2011

PARA ahli kesehatan 'Negeri Ratu Elizabeth' memperingatkan warganya agar tidak menyaksikan fenomena gerhana matahari pada tahun baru nanti dengan mata telanjang karena dikhawatikan akan merusak mata.

Risiko yang terburuk adalah kebutaan bila mereka tidak memakai pelindung mata saat melihat bulan melintas di antara matahari dan bumi pada 4 Januari 2011 sekitar pukul 8.00 dan 9.30 waktu Inggris.

Dame Sally Davies, dari kementerian kesehatan negara itu mengutamakan anak-anak. "Anak-anak terbilang lebih rentan karena mereka mungkin akan merasa penasaran dan diam-diam melihat langsung. Maka itu, sebaiknya para orang tua mampu memberikan penjelasan yang baik untuk anak mereka." "Kami tak ingin kejadian saat seorang bocah kehilangan penglihatannya karena melihat langsung gerhana matahari pada 2005 terulang kembali," tambahnya.

Untuk itu, para ahli kesehatan Inggris menjelaskan cara paling aman untuk menyaksikan gerhana matahari adalah melalui televisi atau siaran streaming di internet. Melihat gerhana dari teleskop atau kamera tetap dinilai tak aman. Melihat dengan kacamata hitam juga tetap tak aman.

Dame Davies menegaskan, "Tak ada yang boleh melihat gerhana matahari dengan mata telanjang karena terlalu riskan. Bukti kerugiannya pun nyata yakni rusaknya mata bahkan kebutaan."

Di Inggris, gerhana matahari kan hadir saat matahari terbit yakni di London pada pukul 8.06 waktu setempat, Manchester pada pukul 8.24, dan di Glasgow pada pukul 8.46. Gerhana akan berakhir pada pukul 9.30. Masayarakat London-lah yang paling berkesempatan melihat gerhana dengan jelas. Adapun warga Liverpool dan Plymouth masing-masing hanya memiliki kesempatan sebesar 70 dan 40 persen. (Pri/OL-06)


Website yang berhubungan :
Info Teknologi
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: