Thursday 13 January 2011

27 Desa di pekalongan Endemis Kusta

PEKALONGAN--Sebanyak 27 dari 285 desa/kelurahan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, masuk kategori daerah endemis penyakit kusta. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Hasyim Purwadi didampingi Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Suwondo di Pekalongan, Selasa, mengatakan selama 2010, jumlah kasus penyakit kusta mencapai 130 orang tersebar di sejumlah desa/kelurahan.

"Penyakit kusta ini hampir merata terjadi di desa dan kelurahan tetapi jumlahnya bervariasi sehingga kami mengimbau warga waspada terhadap penyakit itu agar tidak meluas," katanya.

Menurut dia, penyebaran penyakit kusta dipengaruhi beberapa faktor, antara lain ketidakpedulian warga terhadap lingkungan yang tidak sehat dan ketidaktahuan warga terhadap penyakit itu.

Adapun sejumlah desa/kelurahan yang merupakan endemis penyakit kusta, seperti Desa Pakumbulan Buaran (31 kasus), Curug (18 kasus), Jeruksari (39), Sepacar dan Ngalian (15 kasus), Dadirejo (14 kasus), Sijeruk Sragi (12 kasus), dan Ambokembang Kedungwuni (11 kasus).

"Meskipun penyakit ini tidak menyebabkan kematian namun yang perlu diwaspadai adalah penyakit kusta basah karena bisa menular," katanya.



Sumber
REPUBLIKA.CO.ID

Website yang berhubungan :
Info Teknologi
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: