Wednesday 5 January 2011

WASHINGTON--Sekilas, tampak seperti surat resmi dari Gedung Putih. Isinya pun standar, ucapan Natal bagi jajaran Departemen pemerintah di Amerika Serikat.
Tapisiapa sangka, kartu yang terkirim sebelum natal itu sebenarnya hanya tipu muslihat oleh jaringan cybercriminal untuk mencuri dokumen dan data lain dari penegak hukum, militer, dan pekerja pemerintahan - khususnya mereka yang terlibat dalam penyelidikan kejahatan komputer.

Analis yang telah mempelajari perangkat lunak berbahaya mengatakan pada hari Selasa bahwa hacker mampu menggunakan e-mail untuk mengumpulkan data penegakan hukum yang sensitif. Namun sejauh ini belum ada bukti bahwa informasi rahasia telah tercuri.

Serangan e-mail yang ditargetkan itu datang saat pemerintah federal berusaha keras untuk meningkatkan keamanan jaringannya setelah ribuan dokumen rahasia Departemen Luar Negeri dan dokumen militer muncul di situs WikiLeaks. Aparat berwenang Federal ingin meningkatkan sistem teknologi yang nantinya akan menekan karyawan untuk mencegah dari tindak pencurian atau hilangnya informasi rahasia dan sensitif.

Kembali ke kartu natal itu, tampil di halaman internet beritu pesan diklik. Kartu itu berwarna cerah dihiasi pohon Natal dan penerima diminta untuk mengklik pada link tertentu. begitu link diklik, maka secara otomatis akan men-download malware ZueS - kode berbahaya yang terkenal dan sering digunakan untuk mencuri password dan kredensial online lainnya, terutama untuk mencuri informasi perbankan. Malware ini dibuat beberapa tahun yang lalu dan tersedia secara luas bagi penjahat untuk mendapatkannya. Ini telah digunakan untuk mencuri jutaan dolar AS.

Don Jackson, direktur intelijen ancaman bagi SecureWorks yang berbasis di Atlanta, mengatakan serangan itu agak kecil dan ditargetkan untuk sejumlah kelompok saja, yaitu aparat penegakan hukum, militer, dan afiliasi pemerintah.



Sumber
REPUBLIKA.CO.ID


Website yang berhubungan :
Info Teknologi
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: