Monday 3 January 2011

PADA 2007, pose Isabelle Caro, dalam sebuah papan iklan di Italia telah menggegerkan dunia. Iklan itu menggambarkan seruan untuk kewaspadaan terhadap anoreksia, penyakit yang telah mendera Caro sejak ia berusia 13.

Foto heboh Carlo itu dibuat fotografer asal Italia Oliviero Toscani guna mendukung kampanye anti anoreksia. Kampanye itu bertujuan menyeru kepada masyarakat duania, khususnya perempuan, bahwa tuntutan dunia fesyen bahwa model mesti berbadan kurus bisa berujung merugikan dan berisiko tinggi mengidap anoreksia.

Ironisnya, model asal Prancis itu tiba-tiba saja diberitakan telah meninggal pada 17 November lalu dan dipastikan penyebabnya adalah anoreksia.

Meski sebelumnya diumumkan bahwa penyebab meninggalnya Carlo belum bisa dipastikan, instruktur aktingnya Daniele Dubreuil-Prevot mengatakan bahwa Carlo memang telah bergelut dengan anoreksia sejak lama.

"Kematian Caro sangatlah tragis," kata ahli gizi asal New York Marisa Sherry. "Ini menunjukkan pada kita betapa merugiakannya anoreksia. Ini bukan hanya tentang keinginan berbadan ramping, bisa tampil oke di catwalk, atau bisa memakai baju size zero, anoreksia bisa merenggut hidup Anda," tambahnya.

Kematian Caro ini tentunya menyisakan sebuah peringatan bagi industri fesyen dunia. Gambar tubuh Caro yang sangat kurus dalam poster tersebut memang terbilang mengerikan. Beberapa ahli malah berkata gambar itu justru bisa mendorong seseorang untuk bisa seperti itu. "Saat melihat poster itu, ada yang berkata dalam hati, 'Saya ingin sembuh dan normal sehingga tidak seperti itu, meski ada yang berpikir 'Saya ingin menjadi seperti itu'," kata Sherry.

Menurut Asosiasi Kelainan Pola Makan Nasional, kini terdapat 10 juta warga Amerika yang bergulat dengan kelaianan pola makan seperti anoreksia dan bulimia. (Pri/OL-06)


Website yang berhubungan :
Info Teknologi
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: