Thursday 28 January 2010

Diet untuk Bangkitkan Semangat

Saat kondisi mood sedang tidak baik, Anda perlu asupan nutrisi khusus. Lakukan diet dengan mengonsumsi makanan yang bisa membuat perasaan Anda lebih nyaman.

Menurut ahli gizi dari Amerika Serikat Monica Grenfell, saat kondisi psikologis sedang tak nyaman, diperlukan asupan makanan tertentu. Misalnya saat kondisi cuaca mendung atau panas yang membuat tubuh cepat lelah dan tak nyaman.

"Bila keadaan cuaca tak menentu, Anda bisa dengan mudah terbawa emosi. Untuk itu Anda perlu diet yang bisa membangkitkan semangat," kata Grenfell.

Saat sedang emosional, kita cenderung makan sembarangan yang membuat nyaman. Padahal hal itu memicu berat badan meningkat tajam.

Apa saja makanan yang bisa membuat mood kita lebih baik tanpa harus membuat bobot melonjak? Berikut ini beberapa jenis makanan yang disarankan Grenfell.

- Sarapan sereal
Sereal mengandung asam folat yang membantu tubuh menyerap zat besi. Mineral ini sangat diperlukan tubuh untuk mengatasi kelelahan.

- Gandum
Makan bubur gandum yang mengandung nutrisi alkaloid dan flavonoid. Zat antioksidan ini akan membantu kerja vitamin B sehingga bisa membuat mood kita lebih baik.

- Kentang atau pasta
Pilih menu makanan berkarbohidrat tinggi dan rendah protein untuk makan malam. Sebab menu seperti itu di malam hari akan membantu tubuh menyiapkan diri untuk lebih rileks dan siap tidur lelap.

- Kalkun, pisang, kurma, yogurt, tuna
Makanan ini mengandung triptofan, asam amino yang mengeluarkan hormon serotonin yang membuat perasaan lebih nyaman dan senang.

- Selada
Sayuran ini mengandung lactucarium yang memberi efek menenangkan.

- Keju cottage
Selain proteinnya yang sangat tinggi, keju jenis cottage juga mengandung triptofan.

- Susu
Minum susu sebelum tidur akan membuat Anda lebih lelap dan bangun dengan lebih semangat. Tambahkan madu murni untuk memberi efek lebih nyaman.

- Tauge, brokoli, kol
Sayur-sayuran ini banyak mengandung asam folat se[erti gandum.

- Daging
Anda membutuhkan kandungan vitamin B6 dalam daging. Menurut penelitian, orang yang dalam kondisi mood tidak baik kandungan vitamin B6 dalam tubuhnya sangat rendah. vitamin.

- Pisang
Buah ini tinggi karbohidrat dan gula buah alami. Makan pisang cukup membuat Anda kenyang dan nyaman sehingga tak ada keinginan untuk ngemil.



Sumber VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: