Thursday 28 January 2010

Faktor Pendukung Olahraga

Sudah rutin olahraga tapi bentuk tubuh tak juga kencang? Mungkin Anda kurang memperhatikan faktor-faktor pendukung olahraga. Saat berolahraga, Anda jangan hanya terpaku dengan teknik gerakan yang benar saja. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendukung olahraga Anda.
Apa saja yang perlu Anda lakukan agar olahraga makin efektif?

Konsumsi protein seimbang
Protein merupakan sumber penting untuk pembentukan otot. Konsumsilah protein secara seimbang. Karena jika berlebihan, kelebihannya itu akan disimpan tubuh menjadi lemak. Secara umum 20% kalori di tubuh berasal dari protein. Pilihlah sumber protein yang baik seperti susu rendah lemak, brokoli atau dada ayam tanpa lemak.

Sedikit istirahat tiap set
"Sedikit istirahat membuat lebih banyak kalori yang terbakar dan menguatkan tubuh," kata Lindsay Dunlap, seorang pelatih olahraga di Amerika Serikat. Cobalah super set, yaitu dua latihan yang berbeda dialkukan secara langsung. Misalnya, Anda melakukan push up langsung dilanjutkan dengan lompat tali, baru setalah itu istirahat satu menit dan lakukan latihan kembali.

Beri jeda tiap gerakan
Untuk meningkatkan atau menurunkan berat badan dibutuhkan usaha keras. Untuk itu jika Anda mendapatkan gerakan baru, lalukan secara benar tahan sebentar selama satu detik lalu lakukan lagi. "Lakukan gerakan dengan benar 8 hingga 12 hitungan dan beri jeda sebentar, " kata Dunlap.

Jangan terpaku pada cermin
Di ruang fitness, banyak terdapat cermin, hal itu dimaksudkan agar gerakan menjadi seimbang dan Anda termotivasi untuk membentuk tubuh menjadi lebih bagus. Tetapi cobalah sesekali tidak melihat cermin saat berolahraga. Lakukan aktivitas mengikuti petunjuk dari otak Anda, dengan begitu akan tercipta keseimbangan secara alami.

"Gerakan yang mengandalkan otak akan membuat keseimbangan menjadi lebih baik," kata Carter Hays, pelatih olahraga dari Tennesse, AS.

Hindari menimbang berat badan setiap hari
Timbangan berat badan bukan indikator yang tepat karena angka dalam timbangan itu termasuk air dan otot. Untuk mengukur tubuh Anda, letakkan jari tangan Anda di perut, tarik nafas dalam-dalam. Saat melepaskan nafas, otot perut akan berkontraksi dan kemudian cubit. Bagian yang Anda cubit adalah lemak yang harus segera Anda hilangkan. Itu lebih efektif daripada menimbang berat badan setiap hari.



Sumber VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: