Tuesday 19 January 2010

Faktor Pemicu Serangan Migrain


Ada sejumlah faktor yang dapat memicu serangan migrain antara lain sebagai berikut:

1. Stress secara fisik atau mental
Misalnya terlau letih, sibuk, kurang tidur, emosi yang berlebihan dan ketegangan. Hal ini membuat anak-ginjal melepaskan noradrenalin (NA).


2. Diet
Diet yang mengandung amino vaso-aktif, artinya yang dapat mengakibatkan vasokonstiksi, seperti tiramin dalam keju masak, anggur merah, dan feniletilamin dalam coklat. Bahan makanan lain yang dapat menimbulkan serangan, yakni seperti telur, susu, mentega, ikan, pisang, tomat, alkohol (meningkatkan resorpsi amin dari saluran cerna) dan juga macam-macam buncis.

3. Alergen-alergen
Alergen merupakan suatu zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi, misalnya bau-bauan, wangi-wangian, sinar matahari kuat, dan juga perubahan suhu yang mendadak.

4. Perubahan hormonal
Sejak dahulu diduga ada pengaruh antara hormon seks tertentu dengan migrain.

* Sebagian wanita menderita sakit kepala sewaktu masa haid, karena turunnya kadar estrogen dan progesteron pada akhir siklus.
* Selama menelan pil antihamil, kadar hormon-hormon tersebut meningkat yang dapat mencestuskan serangan migrain.
* Gangguan ginekologi. Wanita yang mempunyai masalah ginekologi, sperti siklus haid yang tidak teratur, adanya kista di indung telur atau setelah menjalani pembedahan hysterectomia (pengangkatan rahim) mempunyai kecenderungan dua kali lipat untuk serangan sakit kepala berat kronis dibandingkan dengan wanita lainnya.
* Selama masa kehamilan sering kali migrain lenyap, juga setelah masa peralihan (climacterium), yang berkaitan pula dengan perubahan kadar hormon dalam darah.

5. Hipoglikemia
Kadar gula terlampau rendah disebut juga hipoglikemia, misalnya dikarenakan puasa atau lapar karena makan terlambat.
Untuk mencegah terjadinya faktor pemicu serangan migrain, seperti yang disebutkan diatas, maka dapat dilakukan dengan jalan Menghentikan penggunaan pil antihamil atau menganti jenis lainnya. Disamping itu penderita harus berusaha menjalani pola hidup yang tenag dan teratur. Makan dan tidur tepat pada waktunya.Psikoterapi dapat bermanfaat untuk meningkatkan semangat pendertita serta menghilangkan kegelisahan. Hindari juga stress berkepanjangan.


Artikel Yang Berhubungan



0 comments: