Thursday 28 January 2010

Jeli Memilih Jus Buah Kemasan

Saat ini terdapat beragam jus buah dalam kemasan dengan berbagai rasa. Ada mangga, apel, jeruk, jambu biji, leci, dan sebagainya. Menurut Sheah Rarback, ahli diet dari American Dietetic Association, di pasaran terdapat dua macam minuman buah dalam kemasan (berdasarkan kandungan nutrisi serta bahan yang dipergunakan dalam pengolahannya), yaitu jus buah dan minuman beraroma buah.

Biasanya, produk ini dikemas dalam karton, ada pula yang dikemas dalam botol transparan dari plastik atau kaca. Pada label jus buah, akan dijelaskan persentase kandungan jus buah asli, misalnya 100%, 50% dan lainnya. Kandungan jus 50%, artinya jus tersebut telah mengalami proses pengenceran dengan air, dengan perbandingan volume yang sama.

Sedangkan minuman beraroma buah tidak mencantumkan hal tersebut karena memang tidak mengandung buah sama sekali. Minuman tersebut hanya terbuat dari air, gula, zat pewarna dan diberi tambahan aroma buah-buahan.

Maka itu tidak semua jus buah kemasan yang ada di pasaran, mengandung 100% buah asli. Patokan mudah untuk membedakan jus buah asli dengan minuman beraroma buah adalah perhatikan kekeruhan jus. Umumnya semakin keruh jus, semakin banyak kandungan buah asli di dalamnya. Karena itulah minuman jus buah yang mengandung 100% buah asli, umumnya mencantumkan anjuran agar konsumen mengocok minuman tersebut terlebih dahulu sebelum meminumnya agar sedimen yang mengendap di bagian bawah dapat tercampur merata saat diminum.

Label pada kemasan jus buah pun bukan sekadar hiasan. Pada label tersebut terkandung catatan penting tentang jus buah yang akan Anda beli. Berikut ini tip saat memilih jus buah agar mendapatkan produk yang terbaik:

• Perhatikan bentuk kemasannya. Pilih kemasan (bila berbentuk karton, botol plastik) yang memiliki penampakan normal, yaitu tidak gembung akibat akumulasi gas yang diproduksi oleh mikroba kontaminan. Lubang sekecil apapun pada kemasan akan memberi peluang bagi masuknya mikroba.

• Perhatikan tanggal kadaluwarsa dalam kemasan. Pilih produk yang tanggal kadaluwarsanya masih lama berlaku lebih dari 6 bulan ke depan. Selain alasan keamanan, semakin dekat tanggal kadaluwarsa jus buah, kandungan nutrisinya makin berkurang.

• Jika kemasan jus sudah dibuka dan masih ada jus yang tersisa, simpan sisa jus buah dalam lemari pendingin (suhu 5-10°C). Karena, sifat perlindungan dari kemasan terhadap kualitas mutu produk akan hilang setelah kemasan dibuka. Jus akan bertahan selama 3-7 hari. Lebih dari itu, rasa maupun manfaat jus sudah jauh berkurang.


Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: