Monday 15 February 2010

Cara Aman Bersihkan Gigi Balita

Jangan sepelekan masalah kebersihan gigi balita Anda. Meskipun si kecil masih memiliki gigi susu tetapi kesehatannya harus selalu dijaga.

Karena, kondisi gigi susu sangat menentukan pertumbuhan gigi permanennya. Jika anak Anda usianya kurang dari dua tahun, gunakan kain lembut atau kassa untuk membersihkan gigi dan gusinya. Caranya, sterilkan kain atau kassa lembut yang akan Anda gunakan untuk membersihkan mulutnya, dengan merendamnya di air mendidih.

Lalu, diamkan kain hingga tidak terlalu panas. Balut kain di jari telunjuk Anda, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Kemudian dengan menggunakan telunjuk, bersihkan gigi, gusi, langit-langit dan keseluruhan mulutnya.

Jangan panik atau berhenti membersihkan mulutnya, jika si kecil memberontak. Hal itu terjadi karena ia belum terbiasa. Bersihkan hingga mulutnya benar-benar bersih. Bilaslah kembali dengan menggunakan kain atau kassa yang baru dan bersih yang sudah dicelupkan ke air hangat dan matang.

Perkenalkan juga buah hati dengan sikat gigi sejak kecil. Anda bisa membelikan sikat gigi berbentuk lucu agar ia menyukainya. Pilihlah yang berbulu lembut dengan kepala sikat kecil yang cocok untuk mulutnya.

Untuk anak usia dua tahun ke atas, sudah bisa menggunakan pasta gigi. Tetapi pastikan dulu si kecil sudah bisa berkumur. Hal itu karena kandungan fluoride pada pasti gigi, akan sangat berbahaya jika tertelan. Pilihlah pasta gigi khusus anak yang kadar fluoridenya rendah.

Selalu temani anak saat ia menyikat gigi. Ajarkan bagaimana menyikat gigi yang baik dan berkumur dengan benar. Hal itu sangat penting untuk membentuk kesadaran akan pentingya menjaga kesehatan gigi dan mulut.


VIVAnews -

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: