Sunday 14 February 2010

Lawan Kanker Prostat dengan Tomat

Kanker prostat seakan momok bagi pria. Sejumlah penelitian menyebut, penyakit yang menyerang organ intim pria itu sebagai penyebab kematian pria kedua setelah kanker paru-paru. Namun demikian, ada banyak cara untuk mencegahnya.

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi tomat. Kandungan lycopene dalam tomat terutama yang sudah dimasak cukup bermanfaat menurunkan risiko kanker prostat.

Studi terakhir yang dilakukan terhadap 1.000 penderita kanker prostat mengungkap, konsumsi pasta tomat lebih dari dua kali seminggu mampu mengurangi risiko penyebaran sel kanker prostat hingga 44 persen. Semakin banyak konsumsi pasta tomat, semakin ampuh menahan penyebaran sel kanker.

Makanan mengandung pasta tomat seperti spaghetti bisa menjadi alternatif. Proses pemasakan tomat memicu pecahnya dinding sel buah sehingga memungkinkan tubuh menyerap lebih banyak lycopene.

Studi tersebut memperkuat penelitian terdahulu yang dilakukan para pakar dari Harvard School of Public Health. Dalam penelitian yang berlangsung selama 1986-1998 terhadap 47.000 pria itu mengungkap bahwa konsumsi masakan mengandung tomat minimal dua kali seminggu menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 36 persen.

Kandungan lycopene dalam tomat mampu memberikan perlindungan tubuh dari serangan sel-sel kanker prostat yang terbentuk melalui radikal bebas. Lycopene bekerja sebagai antioksidan yang berperan untuk mengikat radikal bebas dalam proses metabolisme tubuh.

Untuk memaksimalkan perlindungan tubuh dari kanker prostat, perlu juga mengonsumsi produk makanan pendukung lainnya seperti ikan. Kandungan omega-3 dalam ikan juga bermanfaat untuk menangkal serangan sel kanker prostat. Pilih ikan yang dimasak dengan cara dipepes, dikukus, dipanggang, atau ditim. Sebab, omega-3 mudah teroksidasi pada suhu tinggi, air, dan oksigen.

Mari, cegah kanker prostat dengan cara alami!

VIVAnews -

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: