Thursday 25 February 2010

Tidur Siang Bagus Untuk Balita


Hiraukanlah jadwal tidur siang si kecil. Sebab bayi yang mempunyai jadwal tidur siang dengan teratur menampilkan peningkatan kinerja otaknya dalam mengenali informasi baru. Ilmuwan dari University of Arizona di Tucson mengerjakan studi yang melibatkan 48 bayi yang dicermati selama 15 bulan sampai bayi terbiasa dengan aktivitas tidur siang mereka.

Kesimpulannya, diperoleh bayi yang mempunyai jadwal istirahat siang teratur menampilkan ketertarikan dalam mendengar ucapan-ucapan yang baru. Tetapi ketertarikan tersebut tidak nampak pada bayi yang tidak mempunyai jadwal istirahat siang teratur. “Kebanyakan bayi mengalami perkembangan otak diwaktu sedang tidur kemudian bisa memberikan informasi yang diperoleh dan belajar untuk mengingatnya. Info ini diperoleh blog astaga lifestyle on the net dari Kompas. Sewaktu tidur siangnya tidak banyak mereka akan kehilangan info tersebut,” kata ketua peneliti Lynn Nadel, seperti disadur dari HealthDay, Kamis (25/2/2010).

Nadel mengungkapkan hal terpenting lain yang harus dilakukan orangtua adalah tetap memberikan bayi dan anak-anaknya jenis rangsangan mental terutama dalam hal berbicara atau membaca. Pembelajaran ini akan semakin baik jika bayi atau anak-anak memiliki siklus harian tidur yang cukup dan memadai.

Waktu istirahat siang merupakan hal penting oleh sebab bila bayi telat tidur siang akan berpengaruh pada tidur malam nantinya. Tidur dalam beberapa saat dalam sehari merupakan jadwal yang baik untuk balita sebab cocok dengan waktu biologisnya.

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: