Wednesday 3 February 2010

Sepatu Tepat untuk Olahraga Pilihan

Saat melakukan olahraga, kita sering terlalu terpaku dengan teknik dan gerakannya saja. Padahal perlengkapan pendukung juga harus diperhatikan.

Misalnya saja sepatu olahraga. Kita sering menggunakan satu macam sepatu olahraga yang itu-itu saja untuk setiap jenis olahraga yang kita lakukan.

Padahal masing-masing olahraga membutuhkan jenis sepatu yang sesuai. Jika sepatu tak sesuai untuk kebutuhan gerakan olahraga, bisa jadi kaki Anda yang menjadi korbannya.

Bagaimana jenis sepatu yang pas untuk masing-masing jenis olahraga?

Lari dan ke gym
Untuk olahraga lari, Anda sebaiknya mengenakan sepatu yang memiliki sol tak terlalu tebal tapi kuat dan ringan. Sepatu ini harus betul-betul memiliki bentuk yang tepat dengan anatomi kaki Anda. Jangan sampai terlalu besar ataupun kesempitan.

Satu hal yang juga penting, pastikan sepatu Anda memiliki pori-pori yang cukup banyak sehingga kaki bisa ‘bernapas’.

Basket
Pergelangan kaki adalah bagian paling penting diperhatikan saat berolahraga basket. Karena Anda harus banyak melakukan gerakan melompat. Kenakan sepatu yang memiliki sol tebal dan kuat sebagai peredam benturan.

Aerobik
Empuk dan ringan adalah kunci utama sepatu untuk aerobik. Olahraga ini sangat menekankan gerakan kelincahan kaki, sehingga Anda harus memakai sepatu yang benar-benar ringan dan aman. Pilih sepatu khusus aerobik yang biasanya memiliki bagian pengaman pergelangan kaki untuk mencegah terkilir.


Sumber VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: