Thursday 25 February 2010

Kulit Mati Yang Sangat Berbahaya


Saat ini, Anda mungkin saja merasa sudah terbebas dari persoalan jerawat. Tapi, bukan berarti Anda boleh lengah dan membiarkan kulit tanpa perawatan memadai. Pasalnya, di tengah paparan polusi yang menggila dan sinar matahari yang kerap kurang bersahabat, kulit wajah cukup rentan terhadap berbagai risiko penyakit, salah satunya, jerawat. “Kalau kulit dibiarkan tanpa perawatan seperti pembersihan rutin, jerawat bisa muncul lagi,” kata dr Anjarwulan Puspitasari dari Epiderma Klinik Wanita.

Perawatan rutin ini dapat dilakukan dengan menggunakan krim perawatan dan facial berkala di klinik yang tepat. Sayangnya, sebagian kalangan justru salah memahami perawatan ini sebagai bentuk ketergantungan terhadap krim racikan tertentu. “Inilah yang sering kali jadi kendala penanganan jerawat kurang tuntas, “ kata dr H Panji Widayat, konsultan medis di Natasha Skin Care.

Seiring paparan polusi yang parah, iklim dan cuaca yang sering kali tak bersahabat, ditambah pola hidup tidak sehat, sel-sel tubuh termasuk sel kulit pun tak lagi mampu melakukan regenerasi sem-
purna. Akibatnya, sel kulit mati menumpuk dan jadi makanan empuk bagi bakteri. Alhasil, kulit pun jadi lokasi persemaian yang subur tumbuhnya jerawat.

Sebelum telanjur didatangi bakteri penyebab jerawat, cobalah perbaiki pola hidup dan turuti saran dari beberapa pakar berikut. Pertama, jangan malas membersihkan wajah, dua hingga tiga kali dalam sehari, terutama sebelum tidur. Ingat, jenis kulit wajah setiap orang tidak sama, ada baiknya menggunakan pembersih kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Dengan begitu kebersihan kulit bisa terjaga sempurna. Kalau kebetulan ada dana lebih, ada baiknya sesekali melakukan perawatan pembersihan di klinik khusus perawatan kulit agar hasilnya lebih maksimal.

Kedua, jangan biarkan rambut menutupi bagian wajah yang berjerawat. Hal ini sering kali terjadi pada jerawat di bagian dahi yang tertutup oleh poni. Rambut kotor yang bergesekan langsung dengan jerawat dapat memperparah kondisi jerawat. Saran ini juga berlaku untuk jerawat di punggung yang kerap muncul karena bagian tubuh yang satu ini memang agak sulit dibersihkan. Terakhir, mulailah melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan hindari stres.

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: