Thursday 5 November 2009

Hingga hari ketujuh pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2009, Kamis (5/11) pagi, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri telah menerima sebanyak 2.163 berkas lamaran.

Dari jumlah itu, lebih dari 220 berkas dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Berkas yang TMS itu, menurut Kepala BKD Wonogiri, Reni Ratnasari, kebanyakan disebabkan karena legalisasi ijazah, KTP, tidak ada tanda tangan, cap atau tidak dilegalisasi. Selain itu, dari sisi kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan persyaratan formasi yang dilamar, usia pelamar sudah lewat dari 35 tahun dan surat pernyataan hanya ditandatangani tapi tidak diisi.
Berkas-berkas yang TMS itu, kata Reni, secara otomatis dinyatakan gugur dan tidak berhak ikut dalam seleksi CPNS. Kecuali pelamar yang bersangkutan kemudian ingat dan mengirim kembali lamaran kedua. Kalau masih melamar untuk formasi yang sama dan memenuhi syarat (MS), maka berkas lamaran kedua itu dinyatakan sah dan pelamar yang bersangkutan bisa mengikuti ujian seleksi.
”Tapi kalau si pelamar yang TMS itu tidak ingat dan tidak ada upaya untuk mengirim surat lamaran lagi, ya secara otomatis pelamar itu dinyatakan gugur,” ujar Reni, saat dihubungi Espos, kemarin.
Reni mengungkapkan hingga Kamis pagi, pihaknya sudah menerima sebanyak 2.163 berkas lamaran. Formasi yang paling banyak diminati adalah tenaga kependidikan, dengan total jumlah pelamar yang memasukkan berkas sebanyak 945 pelamar, disusul formasi tenaga kesehatan sebanyak 693 pelamar dan formasi tenaga teknis sebanyak 525 pelamar.
Seleksi administrasi
Dari sebanyak 2.163 berkas lamaran yang masuk, kata Reni, sebanyak 1.770 dinyatakan memenuhi syarat (MS), 220 berkas dinyatakan TMS dan sisanya sebanyak 173 masih dalam proses seleksi administrasi.
Dari 286 posisi yang diperebutkan, ada sejumlah posisi yang belum ada peminatnya. Formasi itu meliputi guru Agama Islam SMP satu posisi, guru Seni Tari SMP satu posisi, guru Pendidikan dan Kesehatan (Penjaskes) SMP satu posisi, guru Teknologi Informasi (TI) SMA sebanyak satu posisi dan guru TI SMK sebanyak satu posisi.
Untuk tenaga kesehatan, lanjut Reni, dokter gigi sebanyak sembilan lowongan, perawat gigi delapan lowongan, penata anestesi satu lowongan dan radiografer satu lowongan. ”Hanya, kalau seorang pendaftar sudah mengirimkan lamaran untuk satu formasi (posisi-red) maka pendaftaran kedua akan langsung dinyatakan TMS,” ujar Reni.


Berkas lamaran CPNS di BKD Wonogiri hingga Kamis (5/11)

Total berkas masuk 2.163
Memenuhi syarat (MS) 1.770
Tidak memenuhi syarat (TMS) 220
Masih dalam proses seleksi 173

Sumber: BKD Wonogiri.

Solopos

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: