Saturday 7 November 2009

Kamar Calhaj di Mekah terbakar

Sebuah kamar calon haji (Calhaj) di Mekah, Kamis (5/11) terbakar. Kebakaran ini sempat membuat panik para Calhaj. Saat kejadian, Calhaj yang bermukim di kamar tersebut tengah membayar Dam atau denda umroh sebelum haji.

”Betul tadi terjadi kebakaran, itu bersumber dari korsleting listrik,” kata Ketua Sektor 8 Daker Mekah PPIH, Ahmad Danial Hafidz, kepada wartawan Tim Media Center Haji di Bakhutmah, Mekah, Kamis.


Menurut Danial, kebakaran itu terjadi di kamar 109 rumah pemondokan no 814, Maktab 49, Bakhutmah. Dalam kejadian itu memang tidak ada korban jiwa, sebab semua penghuni sedang membayar Dam di sebuah pemotongan hewan kurban, hanya saja sebuah koper milik Calhaj ikut terbakar. Kasus semacam ini bukan kali pertama terjadi. Kebakaran di pemondokan pada tahun lalu juga terjadi. Calhaj biasanya lupa mematikan alat elektronik.
Pada bagian lain, Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di Jeddah, Arab Saudi mengakui sempat kewalahan dalam menangani persoalan transportasi bagi Calhaj di Mekah. ”Setelah saya tinjau, yang agak kewalahan itu Sektor 11 Zahir. Memang Zahir termasuk wilayah paling jauh, sekitar 7 kilometer dan titiknya banyak,” kata Konsul Jenderal RI Jeddah, Gatot Abdullah Mansyur.
Diakui Gatot, sebenarnya semua bus sudah dipasangi nomor sektor dan rumahnya, tapi banyak yang lepas, sehingga membingungkan jamaah. Terkait transportasi ini, pihaknya bersama jajaran PPIH terus melakukan rapat evaluasi.
Dari Solo dilaporkan, minat umat Islam untuk menunaikan ibadah haji ke Mekah dari tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan jumlah Calhaj Jawa Tengah yang mendaftar hingga Jumat pukul 12.00 WIB sudah 76.698 orang. Dengan jumlah tersebut, maka otomatis sebagian besar Calhaj harus rela mengatre hingga tahun 2012 mendatang.


Jadwal penerbangan Calhaj, Sabtu (7/11)

Kloter asal Daerah Pukul Pesawat

44 Cilacap 07.00 WIB GIA 6509
45 Cilacap 16.25 WIB GIA 6409

Jadwal kedatangan Calhaj di AHD, Sabtu (7/11)

Kloter Asal Daerah Pukul

46 Semarang 10.00 WIB

Sumber: PPIH Embarkasi Adi Soemarmo.

- Oleh : dtc/asa

Solopos

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: