Friday 6 November 2009

Belasan mahasiswa dan akademisi yang tergabung dalam Cinta Indonesia Cinta Anti Korupsi (CICAK) Salatiga, Kamis (5/11), menggelar aksi turun ke jalan menuntut agar Kapolri dan Jaksa Agung dicopot.


Rekaman yang diputar dalam sidang di Mahkamah Konstitusi, ujar mereka, menunjukkan secara jelas upaya-upaya konspirasi untuk melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Aksi massa yang mengenakan pita hitam tanda keprihatinan itu diawali orasi di Kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Mereka lalu bergerak menuju Bundaran Tamansari, ikon Kota Salatiga.
Salah satu Koordinator CICAK Salatiga, Yakub Adi Krisanto, mengutarakan saat ini merupakan momentum yang tepat unuk melakukan pembersihan dan reformasi secara sistematik terhadap ketiga institusi penegak hukum yakni Polri, Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung.
Menurutnya, ini menjadi agenda penting 100 hari dalam masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono. “Reformasi aparat penegak hukum menjadi langkah nyata dan komitmen SBY untuk memberantas korupsi di Indonesia,” paparnya. - Oleh : kha

Solopos

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: