Sunday, 8 November 2009

Jejak kaki dinosaurus ditemukan

Ilmuwan meyakini telah menemukan jejak kaki dinosaurus yang berusia 70 tahun kali pertama di Selandia Baru.

Jejak tersebut tersebar di enam tempat di sebelah barat-laut Nelson di South Island, dengan sebanyak 20 jejak pada satu tempat, demikian laporan Radio New Zealand, Sabtu (7/11).


Ahli sains sedimentologi GNS Greg Browne telah mempelajari jejak kaki itu selama bertahun-tahun dan percaya semua jejak tersebut dibuat oleh sauropod—dinosaurus pemangsa tanaman dengan leher panjang dan ekor, panjang tubuh 6 meter dan berat beberapa ton. Ia mengatakan jejak kaki tersebut ditemukan di pasir pantai. Jejak kaki itu diduga segera tertutup lumpur. “Hanya kebetulan saja bahwa semua jejak tersebut ditemukan di sana —hampir selalu jejak itu rusak. Di lingkungan yang ada angin, gelombang dan ombaknya sebenarnya sangat tak mungkin ada jejak kaki yang terpelihara di pantai,” kata Browne sebagaimana dikutip Radio New Zealand.
Jejak kaki itu juga memberi tanda pertama bahwa dinosaurus pernah berkeliaran di daerah South Island. Ahli paleontologi Selandia Baru Joan Wiffen menemukan bukti pertama bahwa dinosaurus pernah hidup di Zelandia Baru setelah menemukan tulang fosil di Hawke Bay di North Island.
- Oleh : Ant

Solopos

Artikel Yang Berhubungan



1 comments:

Joker said...

wah serem tu dinosaurus