Sunday 8 November 2009

KSAD, KSAL dan KSAU diganti

Tiga kepala staf angkatan TNI yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) diganti dan dijadwalkan dilantik pada Senin (9/11) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


TNI AD membenarkan terjadi pergantian pucuk pimpinan di TNI AD. Letjen TNI George Toisutta dipilih sebagai KSAD menggantikan Jenderal Agustadi Sasongko. Namun pergantian ini tidak mendadak. ”Ini tidak mendadak, kalau perencanaannya sudah lama. Kalau pengumumannya memang baru,” kata Kapuspen TNI AD Brigjen TNI Christian Zebua melalui telepon, Sabtu (7/11).
Pergantian KSAD, lanjut Christian, telah lama direncanakan dan merupakan program reorganisasi. ”Letjen TNI George Toisutta naik menggantikan Jenderal TNI Agustadi Sasongko,” tambah Christian. Sertijab di lingkungan TNI AD akan dilakukan pada Rabu (11/11), sedang pelantikan oleh presiden Senin (9/11) di Istana Negara. Sebelum pergantian resmi dilakukan, selain George Toisutta yang saat ini sebagai Pangkostrad, nama calon KSAD lainnya yang disebut-sebut adalah Wakil KSAD Letjen TNI Suryo Prabowo.
Sementara untuk jabatan Kepala Staf Angkatan Laut akan diserahkan dari Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno kepada Laksamana Madya TNI Agus Suhartono yang kini menjabat sebagai Irjen Departemen Pertahanan.
Jabatan Kepala Staf Angkatan Udara akan diserahkan dari Marsekal TNI Subandrio kepada Marsekal Madya Imam Sufaat yang kini menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I. - Oleh : Ant/dtc

Solopos

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: