Sunday 1 November 2009

Kloter 32 yang merupakan rombongan calon haji (Calhaj) dari Kota Solo dijadwalkan masuk atau tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (1/11) ini.

Jemaah Calhaj Kota Bengawan dijadwalkan memasuki Asrama Haji sekitar pukul 17.00 WIB. Bila tidak ada perubahan, Kloter 32 akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah, Senin (2/11) besok sekitar pukul 21.00 WIB. Keterangan tersebut disampaikan Staf Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Adi Sumarmo Solo, H Zaenal Abidin, saat ditemui Espos, Sabtu (31/10).

“Bila tidak ada kendala, besok sore (hari ini-red) Kloter 32 Solo datang. Ini merupakan rombongan pertama jemaah Calhaj dari Solo. Pada musim haji ini ada tiga rombongan dari Kota Solo yakni Kloter 34 dan Kloter 86,” ujarnya. Dia menambahkan, tidak ada yang istimewa dalam persiapan menyambut kedatangan Kloter dari Solo hari ini.
Menurut Zaenal, rombongan Kloter 32 Solo akan diberangkatkan dengan rombongan Calhaj dari Kabupaten Purbalingga. Mengenai gedung yang akan ditempati oleh Calhaj Solo, menurutnya belum diketahui. Sementara untuk Kloter 34 Solo dijadwalkan tiba di asrama Senin (2/11) pukul 16.00 WIB. Sementara rombongan terakhir Calhaj Solo yaitu Kloter 86 dijadwalkan masuk asrama Kamis (19/11) pukul 17.00 WIB. “Sebelum masuk asrama kami belum tahu bagaimana kondisi jemaah Calhaj Solo, apakah ada yang sedang sakit atau berhalangan untuk berangkat ke Tanah Suci. Begitu juga untuk tempat menginap di asrama belum ditetapkan. Tapi yang pasti persiapan sudah dilakukan, asrama siap sambut Calhaj Solo,” tegas Zaenal.
Lebih lanjut laki-laki paruh baya murah senyum itu mengungkapkan, pemberangkatan Kloter 27 ditunda tiga jam.
Semula Kloter 27 dijadwalkan berangkat Sabtu (31/10) pukul 23.00 WIB. Namun kemudian ditunda pada Minggu (1/11) pukul 02.00 WIB. Alasan penundaan keberangkatan yakni pesawat Garuda Embarkasi Adi Sumarmo Solo dipinjam PPIH Embarkasi Padang.
Pada bagian lain, Departemen Agama (Depag) telah menutup pendaftaran untuk haji khusus yang mendapatkan kuota tambahan sebanyak 3.000 orang. Penutupan dilakukan karena waktu tidak mencukupi lagi untuk mengurus administrasi haji. Demikian disampaikan Sekretaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Depag, Abdul Ghafur Djawahir, Jumat (30/10). “Sudah ditutup Kamis (29/10),” ujar Ghafur.
Sampai dengan akhir waktu pendaftaran, Depag telah menerima sekitar 1.240 calon haji yang akan mengisi kuota tambahan.
Pada bagian lain, transportasi angkutan bagi Calhaj Indonesia tidak lagi dibagi per sektor seperti tahun-tahun sebelumnya. “Jadi bus-bus itu nantinya akan muter terus di jalur-jalur yang sudah ditentukan pihak muasassah untuk memudahkan jamaah kita menjangkau Masjidil Haram,” kata Konsul Jenderal RI Jeddah yang juga Koordinator Pelaksana Harian Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, H Gatot Abdullah Mansyur, di Daker Mekan. - Oleh : kur/dtc

Sumber solopos.com

Artikel Yang Berhubungan



0 comments: